Soal UP PPG 2022-2023 Keterpaduan dalam Pembelajaran menurut Fogarty - Berbagi Ilmu

Berbagi Ilmu

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...
Wooow...

Soal UP PPG 2022-2023 Keterpaduan dalam Pembelajaran menurut Fogarty

Indikator: Diberikan satu tema dalam IPA, peserta dapat menentukan tipe keterpaduan menurut Fogarty

Soal 1

Model keterpaduan yang potensi dikembangkan dalam pembelajaran IPA, kecuali ….

A. Integrated 

B. Webbed 

C. Connected 

D. Fragmented

E. Shared

Pembahasan:
Penerapan pendekatan pembelajaran terintegrasi dilaksanakan untuk memenuhi tuntutan, bahwa pembelajaran IPA harus lebih bermakna dan relevan dengan peserta didik. Pembelajaran terintegrasi memanfaatkan kondisi lingkungan setempat siswa sebagai sarana untuk membelajarkan IPA.
Fogarty (1991) menjelaskan 10 cara mengintegrasikan kurikulum guna mencapai integrasi bidang kajian/mata pelajaran. Dari 10 cara/model keterpaduan tersebut yang berpotensi dikembangkan dalam mata pelajaran IPA ada empat yaitu: Integrated, Webbed , Connected, dan shared
Soal 2
Pemaduan sejumlah topik dari mata pelajaran yang berbeda, tetapi esensinya sama dalam sebuah topik tertentu merupakan keterpaduan model ….
A. Webbed 
B. Integrated 
C. Immersed 
D. Nested
E. Sequenced
Pembahasan:
Model integrated adalah tipe pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan antar bidang studi, menggabungkan bidang studi dengan cara menetapkan prioritas kurikuler dan menemukan keterampilan, konsep, dan sikap yang saling tumpang tindih dalam beberapa bidang studi.
Soal 3
Keterkaitan antara dua konsep IPA yang diintegrasikan mencakup konsep, keterampilan, dan sikap. Sebagai contoh dapat dilihat pada gambar berikut interaksi antara Fisika dan Biologi yang mencakup konsep, keterampilan, dan sikap.
 

Gambar di atas adalah contoh model IPA terpadu tipe ….
A. Connected
B. Shared
C. Fragmented
D. Webbed
E. Immersed
Pembahasan
Model shared adalah model pembelajaran terpadu yang merupakan gabungan atau keterpaduan antara dua mata pelajaran yang saling melengkapi dan di dalam perencanaan atau pengajarannya menciptakan satu fokus pada konsep, keterampilan dan sikap. 
Soal 4
Dalam tema pembelajaran pemisahan campuran, materi yang harus diajarkan oleh seorang guru yaitu (1) Wujud Zat : Padat, Cair, dan Gas; (2) Perubahan Benda : Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia; (3) Prinsip dan Metode Pemisahan Campuran; (4) Jenis-Jenis Campuran : Campuran Homogen dan Campuran Heterogen. Model keterpaduan yang sesuai dengan tema di atas adalah ….
A. Integrated
B. Shared
C. Connected
D. Networked
E. Nested
Pembahasan
Model ini memberikan suatu pandangan terbuka dengan melihat masalah lebih dekat hingga rinci di dalam suatu disiplin ilmu. Setiap mata pelajaran berisi konten yang berkaitan antara topik dengan topik, konsep dengan konsep, dapat dikaitkan secara eksplisit, Kunci utama: usaha sadar untuk menghubungkan bidang kajian dalam satu disiplin ilmu. 

Indikator: Diberikan suatu topik atau tema pembelajaran IPA, peserta dapat mengidentifikasi konsep-konsep IPA yang dapat dipadukan 

Soal 1
JAKARTA, KOMPAS - Kesadaran masyarakat untuk mencegah penularan demam berdarah dengue dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 mulai meningkat. Upaya pencegahan demam berdarah bisa dilakukan dengan strategi 3M. Strategi tersebut yang meliputi menguras bak penampungan air, menutup bak penampungan air, dan mendaur ulang barang bekas yang bisa menampung air harus dilakukan secara bersamaan dalam protokol kesehatan.
Konsep-konsep IPA yang sesuai dengan tema artikel di atas adalah sebagai berikut, kecuali ….
A. Menyelidiki habitat nyamuk dalam ekosistem
B. Penyelidikan tentang siklus hidup nyamuk
C. Menyelidiki tentang serangga penyerbuk
D. Menyelidiki pengaruh perubahan lingkungan terhadap populasi serangga vektor penularan penyakit
Pembahasan:
Konsep yang yang dipadukan untuk menanggulangi penyakit demam berdarah adalah:
Habitat yang disukai oleh nyamuk dalam ekosistem, siklus hidup nyamuk, dan pengaruh perubahan lingkungan terhadap populasi serangga vektor.

Soal 2
Di desa Sukamaju beberapa bulan yang lalu telah dilanda banjir, Ibu Ana akan menggunakan tema Banjir untuk pembelajaran IPA minggu depan. Konsep IPA yang dapat diajarkan dalam tema tersebut adalah...
A. mitigasi bencana, pencemaran, campuran
B. unsur, pencemaran, tekanan
C. pemanasan global, zat aditif, gaya
D. tata surya, perubahan zat, energi
Pembahasan:
Konsep yang yang dipadukan oleh Ibu Ana dalam menyampaikan tema tentang banjir adalah: 
mitigasi bencana, pencemaran, campuran

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal UP PPG 2022-2023 Keterpaduan dalam Pembelajaran menurut Fogarty"

Posting Komentar