Contoh Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan Modul Ajar Mapel Akidah Akhlak Fase D kelas 7 MTs - Berbagi Ilmu

Berbagi Ilmu

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...
Wooow...

Contoh Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan Modul Ajar Mapel Akidah Akhlak Fase D kelas 7 MTs

 


Tujuan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran

:

Akidah Akhlak

Satuan Pendidikan

:

Madrasah Ibtidaiyyah

Fase

:

D

Kelas        

:

7, 8, dan 9 MTs

Tahun Pelajaran

:

2023/2024

Penyusun

:

Mohammad Alek Mahya Shofa, Lc.

 

Pada akhir fase D, yaitu kelas VII, VIII, dan IX MTs, elemen akidah diarahkan untuk memperkuat akidah islam melalui pemahaman ahl as-sunnah wa al-jamaah, melakukan analisis materi akidah Islam, rukun iman,  sifat-sifat  Allah  Swt.  dan  asmaul  al-husna.  Pada  elemen  akhlak,  peserta  didik  diarahkan  dan dibimbing untuk terbiasa dengan akhlak terpuji (mahmudah) dan menjauhi akhlak tercela (madzmumah). Elemen adab mengarahkan peserta didik untuk memiliki kesopanan dan tata krama dalam berhubungan dengan Allah Swt., sesame manusia, dan makhluk lainnya sehingga terbentuk pribadi yang cerdas, berkarakter, dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Elemen kisah keteladanan menitikberatkan pada kisah nabi dan rasul, sahabat, dan orang saleh sebagai teladan dan ibrah bagi peserta didik.


 

NO

 

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

KOMPETENSI

MATERI

TUJUAN PEMBELAJARAN

1

Akidah

Peserta didik mampu menganalisis akidah Islam (iman, Islam, dan ihsan), sifat wajib, mustahil, dan jaiz bagi Allah Swt dan rasul-Nya (Aqaid Khamsin), Asma' al-Husna (al-`Aziz, al-Bashith, al-Ganiy, ar- Ra'uf, al-Barr, al-Fattah, al-`Adl, al-Hayyu, al-Qayyum, al-Lathif), serta enam rukun iman sehingga memiliki pemahaman akidah yang benar sesuai pemahaman ulama ahl sunnah wa al-jama’ah sebagai landasan dan motivasi beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari, sehingga semua yang dilakukan, berakhlaqul Karimah,  bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi.

Menganalisis

·      Akidah Islam (iman, islam, dan ihsan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Sifat jaiz dan mustahil bagi Allah SWT dan Rasul-Nya (Aqaid khamsin)Mengenal kitab-kitab Allah Swt.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Asmaul Husna

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Enam Rukun Iman

·      Peserta didik mampu menganalisis akidah Islam (iman, Islam, dan ihsan) yang benar sesuai pemahaman ulama ahl sunnah wa al-jama’ah sebagai landasan dan motivasi beraktivitas dalam kehidupan sehari- hari, sehingga semua yang dilakukan bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi.

·      Peserta didik mampu menganalisis sifat wajib, mustahil, dan jaiz bagi Allah Swt dan rasul-Nya (Aqaid Khamsin) yang benar sesuai pemahaman ulama ahl sunnah wa al- jama’ah sebagai landasan dan motivasi beraktivitas dalam kehidupan sehari- hari, sehingga semua yang dilakukan bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi.Mengenal kitab-kitab Allah Swt. sebagai landasan dan motivasi beraktivitas agar bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi.

·      Peserta didik mampu menganalisis Asma' al- Husna (al-`Aziz, al- Bashith, al-Ganiy, ar- Ra'uf, al-Barr, al-Fattah, al-`Adl, al-Hayyu, al- Qayyum, al-Lathif) yang benar sesuai pemahaman ulama ahl sunnah wa al- jama’ah sebagai landasan dan motivasi beraktivitas dalam kehidupan sehari- hari, sehingga semua yang dilakukan bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi.

·      Peserta didik mampu menganalisis enam rukun iman sehingga memiliki pemahaman akidah yang benar sesuai pemahaman ulama ahl sunnah wa al- jama’ah sebagai landasan dan motivasi beraktivitas dalam kehidupan sehari- hari, sehingga semua yang dilakukan bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi.

2

Akhlak

Peserta didik mampu memahami dan membiasakan akhlak terpuji (taubat, taat, istiqamah, ikhlas, ikhtiar, tawakal, qana’ah, sabar, syukur, husnuzhan, tawadlu’, tasamuh, ta’awun, berilmu, kerja keras, kreatif, produktif, dan inovatif); dan menghindari akhlak tercela (riya, nifak, hasad, dendam, gibah, fitnah, namimah) sebagai manifestasi akhlak yang merupakan buah dari ilmu sehingga terbentuk kesalehan individu dan sosial, untuk mewujudkan pribadi yang unggul dan mampu bersaing di era global dan berakhlaqul karimah.

Memahami, membiasakan, dan menghindari

·      Akhlak terpuji (taubat, taat, istiqamah, ikhlas, ikhtiar, tawakal, qana’ah, sabar, syukur, husnuzha, tawadlu’, tasamuh, ta’awun, berilmu, kerja keras, kreatif, produktif, dan inovatif).

 

 

 

 





 

·      Ahlak tercela (riya, nifak, hasad, dendam, gibah, fitnah, namimah)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Peserta didik mampu memahami dan membiasakan ahlak terpuji (taubat, taat, istiqamah, ikhlas, ikhtiar, tawakal, qana’ah, sabar, syukur, husnuzhan, tawadlu’, tasamuh, ta’awun, berilmu, kerja keras, kreatif, produktif, dan inovatif) sebagai manifestasi akhlak yang merupakan buah dari ilmu sehingga terbentuk kesalehan individu dan sosial, untuk mewujudkan pribadi yang unggul dan mampu bersaing di era global..

·      Peserta didik mampu memahami dan menghindari akhlak tercela ahlaq tercela ria’, nifaq, hasad, dendam, ghibah, fitnah, namimah sebagai manifestasi akhlak yang merupakan buah dari ilmu sehingga terbentuk kesalehan individu dan dan sosial, untuk mewujudkan pribadi yang unggul dan mampu bersaing di era global

3

Adab

Peserta didik mampu menganalisis dan membiasakan adab shalat, zikir, membaca al- Qur’an, berdoa, adab kepada orang tua, guru, saudara, teman, tetangga, adab berjalan, berpakaian, makan, minum, dan adab bersosial media dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbentuk pribadi yang cerdas, berkarakter, berakhlaqul Karimah dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Menganalisis dan Membiasakan

·      adab shalat, zikir, membaca al- Qur’an, berdoa, adab kepada orang tua, guru, saudara, teman, tetangga

 

 

 

 










 

·      adab berjalan, berpakaian, makan, minum, dan adab bersosial media

·      Peserta didik dapat menganalisis dan membiasakan adab shalat, zikir, membaca al- Quran, dan berdoa dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbentuk pribadi yang cerdas, berkarakter, dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.

·      Peserta didik dapat menganalisis dan membiasakan adab kepada orang tua, guru, saudara, teman, tetangga dalam kehidupan sehari- hari sehingga terbentuk pribadi yang cerdas, berkarakter, dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.

·      Peserta didik dapat menganalisis dan membiasakan adab berjalan, berpakaian, makan, minum, dan adab bersosial media dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbentuk pribadi yang cerdas, berkarakter, dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.

4

Kisah Keteladanan

 

Peserta didik mampu menganalisis dan meneladani kisah Nabi Sulaiman a.s., Nabi Ibrahim a.s., Nabi Musa a.s., khulafaurrasyidin, dan Aisyah r.a., sebagai inspirasi dalam menghadapi tantangan kehidupan masa kini dan masa yang akan datang.

Menganalisis dan Meneladani

·      Kisah Nabi Sulaiman a.s., Nabi Ibrahim a.s., Nabi Musa a.s. khulafaurrasyidin, dan Aisyiyah

·      Menganalisis dan meneladani kisah Nabi Sulaiman, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, khulafaurrasyidin, dan Aisyah sebagai inspirasi dalam menghadapi tantangan kehidupan masa kini dan masa yang akan datang.


Alur Tujuan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran

:

Akidah Akhlak

Satuan Pendidikan

:

Madrasah Ibtidaiyyah

Fase

:

D

Kelas        

:

7 MTs

Tahun Pelajaran

:

2023/2024

Penyusun

:

Ratna Hidayatus Sa’diyah, S.Pd.I.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tujuan pembelajaran

 

Materi

 

Kelas

 

Semester

Alokasi waktu

7.1.

Peserta didik mampu menganalisis akidah Islam (iman, Islam, dan ihsan) yang benar sesuai pemahaman ulama ahl sunnah wa al- jama’ah sebagai landasan dan motivasi beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari, sehingga semua yang dilakukan bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi.

Akidah Islam

 

VII

Gasal

8 JP

7.2.

Peserta didik mampu menganalisis sifat wajib, mustahil, dan jaiz bagi Allah Swt dan rasul-Nya (Aqaid Khamsin) yang benar sesuai pemahaman ulama ahl sunnah wa al-jama’ah sebagai landasan dan motivasi beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari, sehingga semua yang dilakukan bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi.

Sifat Wajib, Mustahil,

dan jaiz bagi Allah

VII

Gasal

8 JP

7.3.

Peserta didik mampu memahami dan membiasakan Ahlak terpuji taat, taubat, istqamah, ikhlas,  ikhtiar, tawakal, qana’ah, sabar, syukur, husnuzhan, tawadlu’, tasamuh, ta’awun, berilmu, kerja keras, kreatif, produktif, dan inovatif sebagai manifestasi akhlak yang merupakan buah dari ilmu sehingga terbentuk kesalehan individu dan sosial, untuk mewujudkan pribadi yang unggul dan mampu bersaing di era global

Taat taubat, istiqamah, dan ikhlas

VII

Gasal

6 JP

7.4.

Peserta didik dapat menganalisis dan membiasakan adab shalat, zikir, membaca al-Quran, dan berdoa dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbentuk pribadi yang cerdas, berkarakter, dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Adab, Shalat, dan Dzikir

VII

Gasal

8 JP

7.5

Peserta didik mampu menganalisis dan meneladani kisah Nabi Sulaiman, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, khulafaurrasyidin, dan Aisyah sebagai inspirasi dalam menghadapi tantangan kehidupan masa kini dan masa yang akan datang.

Kisah Nabi Sulaiman as

VII

Gasal

6 JP

7.6

Membiasakan adab  kepada kedua orang tua dalam  kehidupan sehari-hari sebagai upaya mewujudkan hubungan     sosial yang harmonis dalam kebinekaan  berbangsa dan bernegara.

Adab  kepada kedua orang tua

VII

Genap

6 JP

7.7

Peserta didik mampu menganalisis enam rukun iman sehingga memiliki pemahaman akidah yang benar sesuai pemahaman ulama ahl sunnah wa al-jama’ah sebagai landasan dan motivasi beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari, sehingga semua yang dilakukan bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi.

Iman kepada Malaikat

VII

Genap

6 JP

7.8

Peserta didik mampu memahami dan menghindari akhlak tercela akhlak tercela ria’, nifaq, hasad, dendam, ghibah, fitnah, namimah sebagai manifestasi akhlak yang merupakan buah dari ilmu sehingga terbentuk kesalehan individu dan dan sosial, untuk mewujudkan pribadi yang unggul dan mampu bersaing di era global

Ria dan Nifak

VII

Genap

6 JP

7.9

Peserta didik dapat menganalisis dan membiasakan adab shalat, zikir, membaca al-Quran, dan berdoa dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbentuk pribadi yang cerdas, berkarakter, dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Adab Membaca Al-Quran dan Berdoa

VII

Genap

6 JP

7.10

Peserta didik mampu menganalisis dan meneladani kisah Nabi Sulaiman, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, khulafaurrasyidin, dan Aisyah sebagai inspirasi dalam menghadapi tantangan kehidupan masa kini dan masa yang akan datang.

Kisah nabi Ibrahim

VII

Genap

6 JP

Jumlah

 

 

 

66 JP

 Berikut contoh modul ajar 


Klik Di SINI untuk mendapatkan filenya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan Modul Ajar Mapel Akidah Akhlak Fase D kelas 7 MTs"

Posting Komentar