Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil SKI Kelas VII Berdasarkan KMA Nomor 183 Tahun 2019 - Berbagi Ilmu

Berbagi Ilmu

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...
Wooow...

Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil SKI Kelas VII Berdasarkan KMA Nomor 183 Tahun 2019

 

Sahabat berbagi ilmu, berikut ini kami sajikan kumpulan soal Penilaian Akhir Semester Ganjil yang kami ambil dari buku SKI kelas 7 berdasarkan KMA nomor 183 tahun 2019. Soal-soal ini sudah kami lengkapi dengan pembahasan soal.

Nah Bapak/ibu guru yang bermaksud menyiapkan soal PAS untuk semester ganjil, soal-soal ini bisa dijadikan referensi pembuatan soal. Semoga bermanfaat.

Pilihan Ganda

1. Masa sebelum kedatangan Islam masyarakat Arab, dikenal dengan masa: 
    a. Jahiliyah 
    b. jahannam 
    c. Peradaban 
    d. keemasan 
Pembahasan: A
Masyarakat Makkah pada masa sebelum kedatangan Islam banyak melakuan penyimpangan ajaran-ajaran tauhid yang telah di ajarkan oleh Nabi Ibrahim dan diteruskan oleh Nabi islmail. Saat itulah dikenal sebagai masa Jahiliyah. Jahilyah bukan berarti mereka bodoh dari keilmuannya, namun mereka bodoh dari keimanan Allah Swt seperti tuntunan yang sudah diajarkan oleh Nabi Ibrahim.

2. Agama Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw adalah rahmatal lil alamin,
    artinya.................... 
    a. Islam hanya untuk orang Arab 
    b. Islam hanya untuk orang Quraisy 
    c. Islam untuk semua umat dan makhluk. 
    d. Islam untuk keluarga Nabi Muhamad 
Pembahasan: C
Agama Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw adalah rahmatal lil alamin yang artinya bahwa islah itu hadir sbagai rahmat bagi seluruh alam 

3. Nabi Muhammad Saw lahir pada tanggal...... 
    a. 12 Syawal 
    b. 12 Rajab 
    c. 12 Rabiul awal 
    d. 12 sya’ban 
Pembahasan: C
Nabi Muhammad Saw lahir pada tanggal 12 Rabiul awal dan sering diperingati sebagai peringatan maulid nabi.

4. Agama yang diikuti bangsa Arab Yaman sebelum Islam adalah 
    a. Yahudi      b. Majusi      c. Nasrani      d. Shabaiyah 
Pembahasan: B
Disamping kepercayaan terhadap penyembahan berhala, menurut Lapidus dan al Mubarakfury, terdapat agama lain yang juga dianut masyarakat Arab, seperti agama Yahudi, Nasrani, Majusi, dan Saba’i.
 
Agama yahudi dibawa oleh bangsa Yahudi yang melakukan eksodus besar-besaran pada tahun 578 SM ke wilayah selatan dari Kanaan di Palestina, ke Khaibar dan wilayah Hijaz, karena saat itu bangsa Yahudi di jajah bangsa Romawi. Di Hijaz, mereka menetap di Yasrib dan Taima. Melalui merekalah agama Yahudi menyebar di Arab. Ada beberapa suku Yahudi yang berpengaruh saat permulaan Islam, seperti Khaibar, Nadlir, Musthaliq, Qurazhah, Qainuqa dan Bani Gathfan. 

Menurut Hassan Ibrahim Hassan, Agama Nasrani Masuk ke Arab sekitar tahun 340 M. Saat invasi bangsa Romawi dan Habasyah (Ethiopia). Meskipun tidak mengalami kesuksesan dalam penyebaranya. Para pemeluk agama Nasrani adalah penduduk Ghassan, bani Taghlib dan Bani Tha’.i 

Sementara agama Majusi, menurut Rizqullah, banyak dianut masyarakat Arab yang tinggal di sekitar Persia, seperti Irak, Bahrain, Hajar dan beberapa wilayah sekitar pantai teluk Arab. Saat Yaman masuk berada di bawah kekuasaan Persia, agama Majusi juga pernah dianut oleh masyarakat Yaman dan Arab selatan. 

Sedangkan agama Shabi’i, yang pemeluknya menyembah bintang-bintang, planet-planet dan matahari banyak berkembang dan dianut oleh penduduk Bani Kildan al-Kildaniyyun, yang merupakan bagian dari suku bangsa Arab yang berdiam di Syam dan Yaman. Tetapi setelah datangnya Yahudi dan Nasrani, para penganut agama ini berbaur dengan penduduk beragama yahudi dan Nasrani. Menurut Shafiyyurrahman, mereka tidak kelihatan lagi bahkan mengalami kehancuran.  

Selain kepercayaan terhadap berhala dan agama-agama tersebut, masyarakat Arab juga ada yang menyembah malaikat dan menyembah jin. Mereka menganggap, malaikat adalah anak-anak Tuhan yang berjenis kelamin perempuan, seperti di tegaskan dalam Al-Quran surat al-Saffat ayat 151-157. 

5. Perhatikan tabel berikut! 

No

Keadaan masyarakat Arab sebelum datang Islam

1

Menyembah berhala yang diletakkan di sekitar ka’bah sebanyak 360 berhala

2

Gemar minum minuman khamr, mabuk, berzinah dan merampok, kedudukan perempuan lebih rendah dan adanya perbudakan

3

Memperaktekkan riba dan menjual barang dengan harga tinggi untuk mendapatkan keuntungan besar

4

Sangat suka berperang meski perang antar suku.

Dari tabel diatas adalah bukti kejahiliaan (kebodohan) dan kebobrokan bangsa Arab diberbagai aspek, kebodohan dalam aspek politik bisa terlihat dari nomor........ 
     a. 1              b. 2             c. 3           d. 4 
Pembahasan: D
Kondisi politik jazirah Arab terpengaruhi oleh dua hal, yaitu interaksi dunia Arab dengan kekaisaran Byzantium dan Persia. Kedua, persaingan antara Yahudi dan Zoroaster. 
Kekaisaran Byzantum atau disebut juga Kekaisaran Romawi Timur ini berpusat di ibu kota Konstantinopel, dan di kuasai oleh kaisar-kaisar yang merupakan pengganti kaisar romawi kuno setelah runtuhnya kekaisaran Romawi Barat. 
Pada abad ke 7 imperium ini telah meliputi Asia kecil, Siria, Mesir dan sebagian daerah Italia, serta sejumlah wilayah pesisir Afrika. Sedangkan Kekaisaran Persia adalah kekasiaran Persia Pra-Islam terahir dipimpin oleh Dinasti Sassania (sasanid) mempunyai wilayah Iran, Irak, Armenia, Afganistan, Turki Bagian Timur, dan sebagian India, Suriah, Pakistan, Kaukasia, Asia tengah dan Arabia. 
Bangsa arab terdiri dari beberapa suku yang sangat fanatik yang berlebihan dan loyal pada pemimpin suku. Tidak jarang, peperangan terjadi antar suku. Seperti perang fujjar yang terjadi 15 tahun sebelum Rasul di utus. Perang Fujjar merupakan perang saudara yang terjadi beberapa kali. Pertama perang antara suku Kinanah dan Hawazan, kemudian suku Quraisy dan Hawazan serta suku Kinanah dan hawazan lagi.

6. Melihat dari tabel no 5, kebodohan dan kebobrokan dalam aspek agama bisa terlihat dari nomor........    a. 1              b. 2              c. 3          d. 4
Pembahasan: A
Masyarakat kota Makkah sebelum mereka menyembah berhala dan batu batuan adalah masyarakat penganut ajaran tauhid yang di bawa oleh Nabi Ibrahim as. Yaitu agama yang mengajarkan untuk menyembah hanya kepada Allah Swt, Tuhan yang Maha Esa. 
Setelah Nabi Ismail wafat maka terjadi keterputusanya risalah yang ahirnya mereka menyembah selain Allah Swt. Proses perpindahan kepercayaan ini bermula ketika salah satu pembesar suku Khuza’ah bernama Amir bin Lu’ay al-Khuzai pergi kesyam (Syiria). Di kota itu dia melihat penduduk kota Syam melakukan Ibadah dengan menyembah berhala. Melihat tata cara peribadatan yang berbeda dengan mereka dan masyarakat Makkah pada umumnya, maka Amir tertarik untuk mempelajari dan memperaktikkanya. Untuk keperluan ibadah tersebut amr bin Lu’ay meminta sebuah berhala dari suku Amaliqah sebagai kenang-kenangan dan akan dijadikan alat perantara dalam peribadatan masyarakat Makkah guna mendekatkan diri pada Tuhannya. 
Berhala yang di bawa Amr di beri nama Hubal dan diletakkan di Ka’bah. Berhala hubal ini menjadi pimpinan berhala lainya seperti Latta, Uzza dan Manna. Amr bin Lu’ay mengajarkan kepada masyarakat Makkah tentang tata cara menyembah berhala, sebagaimana dia belajar di Syam. Sehingga masyarakat menyakini bahwa berhala adalah perantara untuk mendekatkkan diri pada tuhanya. Selain berhala-berhala tersebut, mereka juga membuat berhala-berhala lainnya hingga mencapai 360 berhala yang diletakkan mengelilingi Kakbah. Dan mulailah kepercayaan masuk ke masyarakat Makkah dan kota Makkah menjadi pusat penyembahan berhala. 
 
7. Berikut ini adalah berhala besar yang disembah masyarakat arab, kecuali..... 
    a. Latta        b. Uzza        c. Shabaiyah      d. Manat 
Pembahasan: C
Diantara pimpinan berhala yang dipercaya oleh kaum quraisy adalah Hubal, Latta, Uzza dan Mannat

8. Disaat Nabi Muhammad di ajak ibunya berkunjung ke keluarga ayahnya di Madinah, di tengah                perjalanan pulang ibu beliau meninggal dan kubur di sebuah tempat yang bernama........ 
    a. Marwa     b. Ma’la      c. Mina               d. Abwa 
Pembahasan:
Ketika Muhammad berusia enam tahun, ibunya tercinta, Aminah binti Wahab meninggal, dimakamkan di Abwa. Ketika ia dalam perjalanan pulang bersama Muhammad dan ditemani oleh Ummu Aiman menuju Makkah setelah mengunjungi paman-pamnya dari Bani Adiy bin Najjar di Madinah.

9. Kakek Nabi yang merawat disaat ayah dan ibunya sudah tiada adalah....... 
    a. Abu Thalib      b. Abdul Muthallib      c. Hamzah      d. Abu Lahab 
Pembahasan: B
Abdul Muthallib 

10. Saat Nabi Muhammad masih muda, bekerja mengembala kambing milik ...... 
    a. orang Makkah 
    b. Orang madinah 
    c. Orang syam 
    d. Orang taif 
Pembahasan: A
Dalam usia muda muda Muhammad hidup sebagai pengembala kambing keluarganya dan kambing penduduk Makkah. Melalui kegiatan pengembalaan ini dia menemukan tempat untuk berfikir dan merenung. Dalam suasana demikian, dia ingin melihat sesuatu dibalik semuanya. Pemikiran dan perenungan ini membuatnya jauh dari segala pemikiran nafsu duniawi, sehingga terhindar dari berbagai macam noda yang dapat merusak namnaya, karena itu sejak muda dijuluki al-amin, orang yang terpercaya. 

11. Berikut ini adalah tokoh Quraisy yang suka menyembah berhala, kecuali.... 
      a. umayyah bin shalt 
      b. Abu Lahab
      c. Abdullah bin Jahsi 
      d. Waraqah bin Naufal
Pembahasan: D
Setelah menerima wahyu pertama maka Muhammad pulang ke rumahnya, maka beliau menceritakan apa yang baru dialaminya kepada istrinya Khadijah. Sambil badannya menggigil meminta untuk diselimuti. Nabi berkata: “selimutilah aku” supaya hilang kegemetaranya. Setelah mereda, Khadijah mengajak Muhammad Saw. Pergi ke rumah Waraqah bin Naufal, anak pamannya yang telah memeluk agama Nasrani di zaman jahiliyah. Ia ahli kitab dia menulis kitab berbahasa ibrani dan menulis injil kedalam bahasa ibrani, saat itu waraqah sudah tua renta dan buta. Setelah Khadijah menceritakan tentang apa yang menimpa suaminya, Waraqah berkata, “demi Tuhan yang menguasai jiwaku dalam genggamanya, sungguh engkau adalah Nabi umat ini. Telah datang kepadamu Namus (Malaikat Jibril) yang pernah datang kepada Nabi Musa. Sungguh kaummu akan mendustakanmu, mengganggu dan mengusirmu.
Tidak seperti yang lainnya, Waraqah bin Naufal adalah seorang ahli kitab yang tidak menyembah berhala.

12. Selain Ibunya ada Perempuan yang turut andil untuk menyusui Nabi, dia adalah........ 
      a. hindun 
      b. Khadijah 
      c. Halimatusa'diyah 
      d. alqomah 
Pembahasan: C
Dalam awal perkembangannya Muhammad disusui dan dibesarkan oleh ibu kandungnya sendiri; Aminah binti Wahab. Setelah itu Muhammad disususi oleh Tsuaibah Aslamiah yang merupakan budak pamannya Abu Lahab. Setelah itu Muhammad kecil sususi oleh Halimah binti Abi Dzuaib As sa’diyah, istri al-Harits bin Abd al’Uzza. 

13. Perempuan yang pertama memeluk Islam dari keluarga dekat Nabi adalah .... .............. 
      a. Fatimah 
      b. Khodijah 
      c. Aisyah 
      d. Aminah 
Pembahasan: B
Pada masa periode awal ini, kerabat Nabi yang menerima dakwahnya antara lain istrinya, Siti Khadijah, sebagai wanita pertama yang masuk Islam. Lalu sepupunya, Ali bin Abi Thalib, sebagai orang yang pertama masuk Islam dari Anak. Budaknya, Zaid bin Haritsah, sebagai orang pertama masuk Islam dari hamba sahaya. Dan shahabatnya, Abu Bakar Shiddiq, sebagai orang yang pertama masuk Islam dari laki-laki dewasa. 

14. Orang yang pertama memeluk Islam dari golongan anak-anak adalah....... 
      a. Hasan     b. Husain      c. Ali bin abi thalib     d. utsman 
Pembahasan: C
Lihat pembahasan nomor 13

15. Julukan Yang diberikan Masyarakat Quraisy kepada Nabi Muhammad adalah...... 
     a. al amin 
     b. Al-Wafi 
     c. Ash-Shiddiq 
     d. As-Syuja’ 
Pembahasan: A
Nabi Muhammad Saw sudah terkenal dengan sebutan: Al Amin sebelum diangkat jadi Nabi dan Rasul. Masyarakat Quraisy sudah mengakui kebaikan dan kejujuran Nabi Muhammad Saw. Sehingga ketika Nabi Muhammad Saw diangkat jadi Nabi dan Rosul, semua orang tidak bisa menolak akan kebenaran dakwanya. Tapi karena kesombongan dan keangkuhan menjadikan masyarakat Quraisy menolak dakwahnya.

16. Strategi dakwah Nabi Muhammad di Makkah ada sirri dan jahr, Nabi menjalankan dakwah secara         jahr setelah turun surat al-Hijr ayat 94, Nabi pertama kali dakwah terang-terangan dengan                      mengumpulkan orang banyak di bukit..... 
     a. Sofa      b. Marwa      c. Mina      d. Uhud 
Pembahasan:
Setelah turun ayat surat al-Hijr ayat 94, Nabi Muhammad Saw berdakwah secara terang-terangan ke seluruh lapisan masyarakat, baik golongan bangsawan maupun budak serta negeri-negeri lain. Dakwah secara terang-terangan dilakukan pertama kali di Bukit Shafa. Ketika itu, pamannya, Abu Lahab sangat menentang keras dakwah Nabi. Peristiwa tersebut diabadikan dengan surat Al Lahab.

17. Dakwah Nabi secara sirr (rahasia) berlangsung selama..... 
      a. 1 th      b. 2 th      c. 3 th      d. 5 th 
Pembahasan: C
Dakwah Nabi secara sembunyi-sembunyi ini berlangsung selama 3 tahun. Beliau berjuang keras tanpa mengenal lelah, meski banyak ejekan dan gangguan yang dijukan kepadanya dan para sahabatnya. Dakwah secara sembunyi-sembunyi ini berahir ketika  turunlah perintah untuk berdakwah secara terang-terangan. Firman Allah surat Al Hijr 94 yang memerintahkan berdakwah secara terang-terangan.
 
18. Ketika usia Nabi Muhammad genap 12 tahun beliau diajak abu thalib ikut rombongan berniaga            dengan tujuan Syam, tapi di tengah perjalanan Abu Thalib di sarankan pulang oleh seorang pendeta.      Pendeta itu adalah...... 
     a. Buhaira      b. Paulus      c. Frankiskus      d. Maryam 
Pembahasan: A
Menurut al-Khudhari mengatakan bahwa ketika Muhammad berusia 12 tahun beliau bersama  pamannya, Abu Thalib melakukan perjalanan ke Syam untuk berdagang bersama rombongan kafilah para saudagar dari Makkah. Setibanya di Bashrah di awasi oleh seorang pendeta yang dikenal dengan Buhaira, meski nama sebenarnya adalah Jirjis (george). Setelah rombongan Abu Thalib berhenti dan beristirahat, Buhaira menemui mereka layaknya menyambut tamu.  Setelah itu, ia menjelaskan kepada Abu Thalib bahwa anak ini kan menjadi utusan Allah. Buhaira mengenalinya dari sifat-sifat kenabian pada diri Muhammad yang ia lihatnya dalam kitab-kitab suci mereka. Setelah itu, Buhaira menyarankan kepada Abu Thalib agar membawa pulang kembali anak tersebut ke Makkah, sebelum sampai Syam. Karena Buhaira hawatir dirinya akan dijahati oleh orangorang Yahudi. Kemudian beliau dibawa pulang kembali ke Makkah bersama para pembantunya. 

19. Pendeta yang memberi saran pada Abu Thalib tersebut melihat adanya tanda kenabian pada diri            Muhammad yang di dapatnya dari kitab mereka. Alasan pendeta tersebut menyuruh kembali                   karena.... 
     a. Menghawatirkan keselamatan Nabi 
     b. Iseng-iseng saja
     c. Tidak suka Nabi  
    d. Biar tidak dapat untung 
Pembahasan: A
Lihat pembahasan soal nomor 18

20. Diantara paman Nabi yang menolak keras dan sangat memusuhi Nabi Muhammad adalah....... 
    a. Hamzah      b. Abu Thalib      c. Abu Lahab      d. Harits
Pembahasan:
Abu Lahab

21. Kota Madinah tempat tujuan Nabi hijrah, sebelum di rubah namanya oleh nabi menjadi Madinah dulu     bernama....... 
    a. thaif      b. Yasrib      c. Mina      d. syam 
Pembahasan: B
Kota Madinah awalnya bernama kota Yasrib

22. Sebelum Islam datang ke Madinah penduduk kota ini didiami berbagai suku dan Agama. Ada yang         berasal dari etnis Arab dan ada juga yang berasal dari komunitas Yahudi, diantar suku yahudi                 Madinah, Kecuali...... 
    a. bani Nadhir      b. Bani qainuqa      c. Bani ghatfan     d Bani asad. 
Pembahasan: C
Bangsa Yahudi di madinah terdiri dari 3 kabilah besar yaitu, Qainuqa, Nadhir, dan Quraizhah. Selain itu ada juga kabilah bani Aus dan bani Khajraz

23. Suku atau etnis yang tinggal di Madinah dan saling bermusuhan adalah....... 
    a. Khazraj dan Najran      
    b. Aus dan Khazraj 
    c. Aus dan Najjar 
    d. Nadhir dan qainuqa 
Pembahasan: B
Dalam catatan sejarah pernah terjadi perang saudara yang sangat hebat antara kabilah Aus dan Kabilah Kharzaj  pada tahun ke-10 dari kenabian Muhammad SAW. Banyak pemimpin dari kedua kabilah tersebut tewas di medan perang. Pada waktu itu, kabilah Khazraj memenangkan peperangan sengit itu karena memiliki pasukan lebih banyak dari Kabilah Aus dan mendapat bantuan senjata dari bangsa Yahudi Bani Nadhir dan Baini Qainuqa. Walaupu Kabilah Aus mendapat bantuan juga dari Yahudi Bani Quraizhah

24. Masjid yang pertama kali di bangun Nabi Muhammad swa saat Madinah adalah.......... 
    a. Masjid al aqsha 
    b. Masjid quba 
    c. Masjid nabawi 
    d. Masjid attin 
Pembahasan: C
Setiba nabi Muhammad Saw di Madinah, Program pertama beliau adalah menentukan tempat di mana akan dibangun Masjid. Beliau melepaskan untanya dan menetapkan tempat berhenti untanya sebagai masjid. Ternyata untanya berhenti di tanah milik dua orang anak yatim. Maka  Nabi Saw  minta keduanya untuk menjual tanahnya. Namun keduanya ingin memberikan tanahnya sebagai hadiah. Tapi Nabi Saw tetap ingin membayar harga tanah itu sebesar sepuluh dinar. Dan  Abu Bakar menyerahkan uang kepada mereka berdua. 
Nabi Muhammad Saw tinggal di rumah Abu Ayyub al Anshari sampai selesai pembangunan Masjid Nabawi dan tempat tinggal beliau. Seluruh sahabat bersama Nabi Saw ikut membangun Masjid Nabawi, sebagaimana mereka melakukan bersama-sama dalam pembangunan Masjid Quba’

25. Dan masjid tersebut di bangun diatas tanah seorang yatim, yang bernama...... 
    a. Hamzah      b. Sahal dan suhail     c. Hasyim      d. amar 
Pembahasan:
Adapun nama kedua anak yatim tersebut adalah Sahal dan Suhail. Keduanya merupakan anak Amru.

26. Saat Nabi dan sahabat hijrah di Madinah dan ditolong oleh kaum muslim di Madinah, golongan ini         disebut kaum..... 
    a. Muhajrin      b. Anshar      c. Munafiq      d. Baduwi 
Pembahasan: B
Dengan diterimanya Nabi Muhammad dan umat Islam oleh masyarakat Madinah, maka Nabi Saw memberikan gelar kepada umat Islam Madinah dengan sebutan Kaum Anshar, yaitu kelompok masyarakat yang menjadi penolong. 

27. Dan bagi kaum muslim yang melakukan hijrah dari Makkah menuju Madinah disebut kaum...... 
    a. Muhajrin      b. Anshar      c. Munafiq      d. Baduwi 
Pembahasan:
Sementara umat Islam yang datang dari Makkah (hijrah) diberi nama Kaum Muhajirin.  

28. Saat nabi berusia dewasa beliau membawa barang dagangana milik saudagar kaya, yaitu.... 
    a. Aisyah          b. Maisarah      c. Khodijah      d. Zainab 
Pembahasan: C
Ketika usia Muhammad mencapai 25 tahun, Muhammad berangkat ke Syam membawa barang dagangan saudagar wanita yang kaya raya yaitu Khadijah binti Khuwailid. Dalam catatan sejarah Khadijah adalah saudagar janda yang kaya raya, ia memperkerjakan kaum lelaki untuk menjalankan usaha daganganya dengan sistem bagi hasil. Ketika Khadijah mendengar tentang kejujuran Muhammad dan perkataanya yang benar sehingga kaumnya menjulukinya dengan sebutan al-Amin (orang yang terpercaya), maka ia tertarik untuk memperkerjakan Muhammad untuk menjalankan perdaganganya ke Syam.

29. Nabi Muhammad di utus oleh Allah menjadi rasul dengan bukti mendapat wahyu saat Nabi                    berusia....... 
    a. 8 th          b. 12 th          c. 25 th          d. 40 th 
Pembahasan: D
40 Tahun

30. Nabi Muhammad menikah dengan Khadijah saat itu Nabi berusia....... 
    a. 8 th          b. 12 th          c. 25 th          d. 40 th 
Pembahasan: C
25 Tahun

31. Saat musim haji pada tahun 12 kenabian, nabi terus berdakwa pada para rombongan yang berziarah     ke Ka'bah, dan nabi berhasil mengislamkan rombongan dari Yasrib yang sebanyak........ 
    a.10 orang      b. 12 orang          c. 20 orang          d. 30 orang 
Pembahasan: B
Pada tahun ke-12 kenabian, bertepatan dengan tahun 621 M, Nabi Muhammad Saw. menemui rombongan haji dari Yasrib. Rombongan haji tersebut berjumlah sekitar 12 orang. Nabi Muhammad Saw. menyampaikan dakwahnya. Dakwah Nabi mendapat sambutan yang baik  sehingga mereka menyatakan keislamannya di hadapan Nabi Muhammad Saw. Mereka melakukan baiat kepada Nabi di salah satu bukit di kota Makkah, yaitu bukit Aqabah. Maka baiat ini disebut dengan Baiat ‘aqabah pertama

32. Dan Nabi membuat perjanjian dengan mereka, yang mana perjanjian itu dikenal dengan.... 
    a. Aqabah      b. Arafah      c. Madinah      d. Hudaibiyah 
Pembahasan:
Lihat pembahasan soal nomor 31

33. Pada saat musim tahun ke 13 dari kenabian datang rombongan dari Yasrib yang beriman kepada             nabi sejumlah...... 
    a. 23 orang      b. 33 orang      c. 43 orang      d. 73 orang 
Pembahasan: D
Pada tahun ke-13 kenabian bertepatan dengan tahun 622 M, jamaah Yasrib datang kembali ke kota Makkah untuk melaksanakan ibadah haji. Jamaah tersebut berjumlah sekitar 73 orang. Setibanya di kota Makkah mereka menemui Nabi Muhammad Saw. dan atas nama penduduk Yasrib mereka menyampaikan pesan untuk disampaikan kepada Nabi Muhammad Saw. Pesan itu adalah berupa permintaan masyarakat Yasrib agar Nabi Muhammad Saw. bersedia datang ke kota mereka, memberikan penerangan tentang ajaran Islam dan sebagainya. Permohonan itu dikabulkan Nabi Muhammad Saw. dan beliau menyatakan kesediaannya untuk datang dan berdakwah di sana. Untuk memperkuat kesepakatan itu, mereka mengadakan perjanjian kembali di Bukit Aqabah. Karenanya, perjanjian ini di dalam sejarah Islam dikenal dengan sebutan Perjanjian Aqabah II

34. Perhatikan tabel dibawah ini! yang termasuk misi dakwah Nabi di Makkah. kecuali:.. 


    a.1 dan 3          b. 2 dan 6          c. 3 dan 4      d. 1 dan 5 
Pembahasan: B
Misi dakwah Nabi Muhammad SAW di kota Makkah diantaranya: Mengajarkan kepada manusia tentang akidah dan larangan menyembah selain Allah Swt, Menegaskan tentang adanya hari pembalasan, Mengajarkan akhlak terpuji dan melarang berbuat kemungkaran,  Mengakui dan melindungi hak asasi manusia. 

35. Mana kala kafir Quraisy mengetahui kaum muslimin berhijrah ke Madinah, yang tersisa hanya             Nabi, Abu Bakar, Ali dan sedikit kaum muslim yang tertinggal, maka kaum Quraisy bermufakat             untuk..... 
    a. membiarkan Nabi Hijrah 
    b. memenjarakan Nabi 
    c. Membunuh Nabi 
    d. Membujuk Nabi 
Pembahasan: C 
Ketika tokoh dan masyarakat Kafir  Quraisy mendengar keinginan dan Persiapan Nabi Muhammad akan pergi meninggalkan kota Makkah menuju yasrib, mereka melakukan pertemuan di Darun Nadwah. Pertemuan tersebut terjadi pada hari kamis 26 shafar tahun ke 14 kenabian bertepatan pada tanggal 12 september 622 M. Dihadiri oleh seluruh suku Quraisy. Pertemuan bertujuan, antara lain mengatur strategi menghalangi dan membunuh nabi Muhammad.
Pada awalnya mereka memutuskan untuk membiarkan Nabi Muhammad Saw hijrah ke Madinah.  Tapi keputusan ini tidak akan dapat memecahkan masalah. Karena kepergian Nabi Muhammad Saw dari Makkah boleh jadi akan menyiapkan kubu Yasrib (Madinah) untuk memerangi mereka. Jika mereka memilih kedua yaitu memenjarakannya, akan memicu Umat Islam  untuk membebaskannya. Maka mereka memutuskan untuk membunuh Rasulullah Saw. Dengan setiap suku di wakili para pemuda kekar, mana kala Nabi Muhammad keluar mereka akan memukul secara bersamaan yang berarti tanggung jawab pembunuhan ini akan dipikul oleh seluruh suku. Sehingga ketika bani abdi manaf ingin menuntut balas maka tidak bisa menuntut semua. 

36. Meski rumah nabi dikepung para algojo Quraisy, tapi Nabi keluar untuk hijrah pada malam itu             bersama, ditemani..... 
    a. Abu Bakar ra      b. Umar ra      c. Utsman ra      d. Ali ra 
Pembahasan: A
Abu Bakar ra

37. Dan yang menggantikan tidur di ranjang Nabi serta memakai selimut yang biasa di pakai Nabi                adalah....... 
       a. Abu Bakar      b. Umar ra      c. Utsman ra      d. Ali ra 
Pembahasan: D
Ali ra 

38. Sebelum menuju Madinah nabi bersembunyi di gua........... 
        a. gua Hira      b. Gua nur          c. Gua tsur      d. Gua mina 
Pembahasan: C
Gua tsur
39.    Ketika kafir Quraisy mengetahui Nabi Muhammad telah keluar dari Makkah, maka mereka                     membuat sayembara bagi siapapun yang bisa menangkap Muhammad dan menyerahkan ke                     meraka maka akan diberi hadiah....... 
        a. 50 unta     b. 100 unta     c. 150 unta     d. 200 unta
Pembahasan:
Di Kota Makkah, kafir Quraisy yang gagal menemukan jejak Nabi Muhammad Saw, mengadakan sayembara yang diumumkan di pasar  Ukaz dan sekeling Ka'bah bahwa siapa saja yang berhasil menangkap Muhammad, baik dalam keadaan hidup atau mati dia akan mendapatkan hadiah 100 ekor unta.

Esai
  1. Jelaskan Misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah !
  2. Bagaimana Pola Dakwah Nabi Muhammad di Makkah ?
  3. Sebutkan beberapa faktor yang menyebabkan orang Makkah menolak ajaran Nabi Muhammad Saw !
  4. Siapakah yang menemani Nabi saat perjalanan Hijrah ke Yasrib?
  5. Sebutkan isi perjanjianAqabah I ! 
  6. Sebelum Nabi melakukan Hijrah ada Persiapan-Persiapan yang dilakukan Nabi, ini membuktikan Nabi lihai dalam mengatur sebuah strategi sehingga bisa selamat dari kejaran kafir Quraisy. Jelaskan Persiapan Nabi saat Hijrah! 
  7. Ketika Nabi dan Sahabat Anshar Hijrah ke Madinah, banyak sahabat Muhajirin yang harta bendanya di tinggal di Makkah, usaha apa yang di lakukan oleh Nabi untuk memperbaiki ekonomi para sahabat tersebut? 
  8. Siapa kafir Quraisy yang ikut sayembara untuk menangkap Nabi, dia sudah dapat mengejar rombongan Nabi tapi gagal karena Allah berkehendak lain?
  9. Sebutkan beberapa peristiwa yang terjadi pada :  a. Tahun kedua Hijrah  b. Tahun ketiga Hijrah  c. Tahun kelima Hijrah 
  10. Jelaskan pengertian dan macam-macam Hijrah? 
  11. Mengapa Umat Islam hampir mengalami kekalahan di perang Uhud? 
  12. Jelaskan program pertama Nabi Muhammad ketika sampai di Madinah ?
Pembahasan:
1. Selama Nabi Muhammad berdakwah di Makkah, ada masalah-masalah  yang menjadi perhatian dan PRIORITAS yang ingin dicapai oleh Nabi Muhammad, masalahmasalah berikut:
    a. Mengajarkan Ketauhidan
    b. Kondisi Masyarakat Makkah yang Menyembah Berhala 
    c. Memberi Khabar Tentang hari Pembalasan
    d. Merubah Perilaku Masyarakat Jahiliyah 
    e. Mengangkat dan Melindungi Hak Asasi Manusia  

2. Pola Dakwah Nabi di Makkah dilakukan dengan dua pola yaitu:
    a. Dakwah Rahasia (Sirriyah) 
        Setelah mendapatkan perintah dari Allah melalui melaui wahyu, maka Nabi Muhammad mulai mengatur langkah startegi pengembangan dakwah Islam dikalangan masyarakat Quraisy Makkah, langkah awal yang beliau ambil adalah melakukan dakwah secara sirriyah (rahasia atau sembunyi sembunyi) di lingkungan keluarga dan sahabat sahabat beliau yang bisa dipercaya. Langkah sembunyi sembunyi ini di pilih karena mengantisipasi reaksi orang-orang Quraisy yang kaget dan belum bisa menerima ajaran yang berbeda dengan keyakinan mereka, dan  pertimbangan pengikut Nabi yang masih sedikit. Sedangkan ancaman dan siksaan masyarakat kafir Quraisy masih kuat dan status kota Makkah sebagai pusat agama bangsa Arab.
        Nabi Muhammad Saw melakukan dakwah sirri dengan pendekatan personal. Hal ini disebabkan pendekatan personal memiliki keterkaitan batin serta interaksi emosional antara pengajak dan yang diajak. pendekatan personal ini Nabi SAW telah menggabungkan antara ikhtiar dan tawakal. Artinya nabi dalam berdakwah memperhatikan situasi dan kondisi yang ada. Sehingga nabi Muhammad dapat membangun jamaah mukminin berlandaskan ukhuwwah (persaudaraan) dan ta’awun (solidaritas). 

    b. Dakwah secara terang-terangan (Jahr)
Setelah  ukhuwwah (persaudaraan) dan ta’awun (solidaritas) antara umat islam terbangun diperkuat dengan turunnya wahyu Allah untuk berdakwah secara terang-terangan, maka Rasulullah dengan ketetapan hati merubah pola dakwah dari sembunyi-sembunyi menjadi terang-terangan.

3. Beberapa faktor yang menyebabkan mereka menolak keras ajaran Nabi Muhammad adalah:
    a. Ketakutan kehilangan kekuasaan 
    b. Hilangnya status sosial 
    c. Hilangnya perdagangan patung

4. Rasulullah SAW hijrah ke kota Yasrib (Msdinah) ditemani oleh Abu Bakar Shiddiq

5. Isi baiat Aqabah I adalah sebagai berikut: 
    1. Mereka menyatakan setia kepada Nabi Muhammad Saw. 
    2. Mereka menyatakan rela berkurban harta dan jiwa. 
    3. Mereka bersedia ikut menyebarkan ajaran Islam yang dianutnya. 
    4. Mereka menyatakan tidak akan menyekutukan Allah Swt. 
    5. Mereka menyatakan tidak akan membunuh. 
    6. Mereka menyatakan tidak akan melakukan kecurangan dan kedustaan. 

6. Nabi Muhammad telah memPersiapkan hijrah hampir dua bulan dengan perencanaan yang matang. Beliau menyiapkan rencana dengan melihat situasi dan kondisi di kota Makkah. Peristiwa hijrah adalah strategi yang luar biasa yang diperhitungkan dengan matang mengenai waktu, pemilihan orang-orang yang bisa dipercaya dan profesioanal . Adapun proses hijrah nabi Muhammad dengan langkah-langkah sebagai berikut: a. Ali Menggantikan Nabi Muhammad di Tempat Tidurnya; b. Abdullah bin Abu Bakar pemuda yang cerdas mendatangi gua setiap malam dan menyampaikan berita tentang rencana dan kegiatan kafir Quraisy. Sebelum fajar ia sudah kembali ke Makkah sehingga seolah-olah ia selalu berada di Makkah. c. Amar bin Fuhairah adalah mantan budak Abubakar, dia bertugas menghapus jejak-jejak kaki Abdullah dan Asma dengan menggiring domba-domba gembalaannya ke dalam gua pada malam hari sehingga Nabi Muhammad Saw dan Abu Bakar bisa minum susu domba. Amar menggiring kembali domba-dombanya ke Makkah sebelum fajar setelah Abdullah bin Abu Bakar kembali ke Makkah, agar jejak kaki Abdullah terhapus oleh jejak domba-domba itu. d. Asma binti Abu Bakar adalah wanita yang bertugas menghantarkan makanan. Selalu menghantarkan makan kepada Nabi Muhammad dan Abu Bakar saat malam tiba saat itu Asma sedang hamil 5 bulan. Jadi orang Quraisy tidak curiga karena orang hamil pasti mungkin melakukan perjalanan jauh. e. Abdullah bin Arqayat, seorang kafir yang dapat dipercaya dan bekerja sebagai pemandu yang diupah oleh Abu Bakar datang ke gua Tsur, setelah hari ke-tiga, membawa dua ekor onta.
7. Melakukan kegiatan perdagangan
8. Suraqah bin Malik bin Ju’syum
9. Terjadi Perang Badar pada tahun ke-2 Hijrah. Pada tahun ke-3 hijrah terjadi perang Uhud, dan pada tahun ke-5 hijrah terjadi perang Khandak
10. Karena tergiur oleh harta rampasan perang dan tidak mematuhi perintah nabi Muhammad SAW
11. Setiba nabi Muhammad Saw di Madinah, Program pertama beliau adalah menentukan tempat di mana akan dibangun Masjid.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil SKI Kelas VII Berdasarkan KMA Nomor 183 Tahun 2019"

Posting Komentar