Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Kuota Penerimaan CPNS Pelamar Umum Kementerian Agama


Informasi Pengumuman Resmi CPNS

Informasi tentang penerimaan CASN/CPNS tahun 2016 bagi pelamar umum menyeruak beberapa hari ini, tidak terkecuali penerimaan CPNS di Lingkungan Kementerian Agama. Banyak diantara kita yang menyangsikan kebenaran berita tersebut mengingat  belum ada informasi resmi dari Kementerian Agama sebagai otoritas resmi terlebih sepengetahuan kita pemerintah masih memberlakukan moratorium penerimaan CPNS untuk jalur umum.

(Akhirnya Penerimaan CPNS 2016 ditunda)

Sebenarnya pemerintah pada tahun ini telah melakukan seleksi penerimaan CPNS hanya saja seleksi tersebut hanya diperuntukkan untuk Pegawai Tidak Tetap (PTT) bukan untuk umum. Dimulai pada bulan Mei lalu, pemerintah telah melakukan rekrutmen CPNS untuk Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kemenkes. Bulan Agustus lalu pemerintah melakukan rekrutmen CASN GGD (Calon Aparatur Sipil Negara Guru Garis Depan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016, selanjutnya seleksi CPNS untuk Tenaga Harian Lepas – Tenaga Bantu (THL-TB) Penyuluh Pertanian Kementerian Pertanian.

Moratorium sendiri sebenarnya bukanlah penghentian penerimaan CPNS secara 100% melainkan penerimaan cpns disesuaikan dengan azas "zero growth" dimana abdi negara yang memasuki masa pensiun digantikan dengan PNS baru agar jumlahnya tetap sama.

Benarkah Informasi yang bergulir di dunia maya tentang Penerimaan CPNS 2016 Jalur Umum?

Saya pastikan bahwa informasi tersebut benar dan bukan berita bohong, dasarnya adalah pernyataan MenPAN-RB Asman Abnur saat diwawancarai reporter TVRI. Menurutnya kepastian perekrutan CPNS jalur umum akan diumumkan pekan depan. Berikut saya tampilkan video wawancara beliau.

Menteri Asman Abnur menjelaskan, proses finalisasi dan tahapan akhir akan diumumkan pekan mendatang setelah perhitungan jumlah pegawai yang pensiun dan analisis kemampuan APBN selesai dilakukan.
"Seminggu lagi lah nanti saya informasikan, karena kita masih mengkaji analisa kebutuhan kebutuhan masing masing kabupaten, maupun lembaga maupun kementerian...yang jelas kita kaitkan juga dengan jumlah yang pensiun, sekarang pensiun lebih kurang 100ribu pertahun" ungkap Menteri Asman Abnur dalam acara Media Gathering di Mason Pine Hotel, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (29/9/2016)
Berdasarkan ijin prinsip yang dikeluarkan Kemenpan RB alokasi formasi yang disetujui untuk penerimaan CPNS Tahun 2016 adalah sebanyak 82.158 formasi. Formasi dari jalur pelamar umum K/L sebanyak 13.197 formasi. Pemerintah daerah yang mendapatkan alokasi hanya 3 Pemda yakni Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat dan Provinsi Kaltara, dengan rincian sebagai berikut :

Kementerian/Lembaga Negara & Pemda (Jalur Ikatan dinas)sebanyak 7381 formasi
Kementerian Kesehatan (PTT) sebanyak 40.056 formasi
Kemdikbud (CASN GGD) sebanyak 7000 formasi
Kementerian Pertanian sebanyak 7684 formasi
Provinsi Papua sebanyak 4496 formasi
Provinsi Papua Barat sebanyak 1648 formasi
Provinsi Kaltara sebanyak 500 formasi
Kementerian/Lembaga Negara sebanyak 13.197 formasi

Selama Menpan RB belum mengeluarkan pengumuman resmi terkait rekrutmen pns, maka alamat website situs pendaftaran CPNS seperti http://panselnas.menpan.go.id dan sscn.bkn.go.id belum bisa diakses.

Baca: 2017 Sertifikasi Guru Baru PPG, Guru Lama PLPG

Jatah Formasi CPNS 2016 untuk Kementerian Agama

Berdasarkan Surat Menpan & RB No. R/106/M.PAN-RB/08/2016 tanggal 26 Agustus 2016 tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dari Pelamar Umum Tahun Anggaran 2016 sebanyak 1.000 untuk Jenis jabatan Guru dan Dosen untuk Kementerian Agma. Dan berdasarkan surat undangan rapat Menpan & RB No.Und/112/D.III.PAN-RB/09/2016 tanggal 16 September 2016 bahwa dalam tambahan formasi 1.000 terdapat alokasi formasi Lulusan Cumelaude (100), Penyandang disabilitas (20), dan putra-putri berprestasi Internasional (50). (sumber: Materi Sosialisasi Rekruitmen ASN Kementerian Agama Biro Kepegawaian Kemenag tertanggal 22 September 2016)

Seperti yang kita ketahui Men PAN-RB mengeluarkan pernyataan akhir bulan Agustus yang lalu bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan memprioritaskan lulusan perguruan tinggi yang memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) tinggi dan atlet berprestasi untuk diterima sebagai aparatur sipil negara.

Baca: Usulan Formasi  CPNS Pelamar Umum Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Tahun 2016

Penegasan itu disampaikan Menteri PAN-RB Asman Abnur saat membuka kegiatan forum komunikasi kebijakan PAN-RB dan replikasi inovasi pelayanan publik di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (30/8/2016).

Menurut Asman, untuk mengubah negeri ini, maka aparatur sipil negara itu harus lebih dahulu berubah. Oleh karena itu, kualitasnya tidak boleh kalah dari pegawai swasta. Asman mengatakan, pada tahun 2016, untuk masuk menjadi ASN, calon harus benar-benar diseleksi dengan baik dan tidak boleh lagi kualitasnya rendah diterima menjadi ASN.

“Kebijakan saya tahun 2016 ini yakni yang lulus dengan IPK-nya tinggi atau cum laude itu yang akan kami prioritaskan untuk masuk ASN. Selain itu, anak-anak bangsa ini yang punya prestasi dan meraih medali emas dalam kejuaraan nasional maupun dunia, jika mereka mau jadi ASN maka kita akan prioritaskan, agar masa depan atlet yang memberikan jasa kepada negara ini bisa terjamin,” kata Asman.

Pelajari: Panduan Simulasi Tes CPNS CAT Online 2016

Dia berharap, kebijakannya itu bisa didukung oleh semua pihak. Asman pun mengajak ASN di NTT ini agar bersama-sama membawa negeri ini ke arah yang lebih baik dengan meningkatkan kualitas aparatur sipil negara.

“Saya juga lagi buat program dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) agar aparatur sipil negara yang kemampuannya hanya administratif saja, nanti kami masukkan ke pendidikan khusus agar punya keahlian. Jangan sampai nanti datang ke kantor karena tidak punya keahlian tapi hanya gara-gara absen dan takut ditegur sama atasannya yang sudah ditunggu di kantor,” kata Asman.

Dengan kebijakannya itu, Asman kembali berharap agar ke depannya ASN yang ada bisa melayani masyarakat dengan baik, ramah dan tepat sasaran.

Nah, sambil menunggu kepastian pengumuman formasi baiknya Anda mempersiapkan diri dengan baik. Siapkan berkas-berkas dan data diri sejak sekarang. kemudian pelajari tata cara pendaftarannya yang tahun ini menggunakan Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) 2016.

Pelajari: Langkah-langkah Pendaftaran CPNS Online 2016


  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kuota Penerimaan CPNS Pelamar Umum Kementerian Agama "

Post a Comment