Ruang Lingkup dan Tujuan Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Tingkat MTs KMA 183 2019 - Berbagi Ilmu

Berbagi Ilmu

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...
Wooow...

Ruang Lingkup dan Tujuan Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Tingkat MTs KMA 183 2019


Standar Isi merupakan kriteria mengenai ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi pada suatu satuan pendidikan dalam jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Standar Isi disesuaikan dengan substansi tujuan pendidikan nasional dalam domain sikap spritual dan sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Oleh karena itu, Standar Isi dikembangkan untuk menentukan kriteria ruang lingkup dan tingkat kompetensi yang sesuai dengan kompetensi lulusan yang dirumuskan pada Standar Kompetensi Lulusan, yakni sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Karakteristik, kesesuaian, kecukupan, keluasan dan kedalaman materi ditentukan sesuai dengan karakteristik kompetensi beserta proses pemerolehan kompetensi tersebut. Ketiga kompetensi tersebut memiliki proses pemerolehan yang berbeda. Sikap dibentuk melalui aktivitasaktivitas: menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Pengetahuan dimiliki melalui aktivitas-aktivitas: mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Keterampilan diperoleh melalui aktivitas-aktivitas: mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Karakteristik kompetensi beserta perbedaan proses perolehannya mempengaruhi Standar Isi.
Adapun rincian standar isi pada setiap mata pelajaran pada setiap kelas dan setiap jenjang tertuang ruang lingkup materi berikut:
  • Ruang Lingkup dan Tujuan Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Tingkat MTs KMA 183 2019 
  • Ruang Lingkup dan Tujuan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Tingkat MTs KMA 183 2019 
  • Ruang Lingkup dan Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Arab Tingkat MTs KMA 183 2019 
  • Ruang Lingkup dan Tujuan Mata Pelajaran Fikih Tingkat MTs KMA 183 2019 
  • Ruang Lingkup dan Tujuan Mata Pelajaran SKI Tingkat MTs KMA 183 2019     
Ruang lingkup mata pelajaran Al-Quran Hadis untuk tingkat MTs berdasarkan KMA nomor 183 tahun 2019 diantaranya :
  1. Membaca dan menulis sebagai unsur penerapan ilmu tajwid. Terkait hukum bacaan Mad thabi'i, mad wajib muttashil, mad jaiz munfashil, mad `iwadl, mad layyin, mad `aridl lissukun, mad shilah, mad badal, mad tamkin, mad farqi, mad lazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, mad lazim mutsaqqal harfi, mad lazim mukhaffaf harfi, hukum bacaan gharib dalam (Imalah, Isymam, Tashil, Naql, Mad/Qashr) dalam Al-Qur'an.
  2. Menerjemahkan makna (tafsiran) yang merupakan pemahaman, interpretasi ayat, dan dan menerapkan isi kandungan ayat/hadis yang merupakan unsur pengamalan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Terkait topik Q.S. As-Syams (91): 1-10, Ali Imran (3): 19, dan Hadits tentang kekuasan dan rahmat Allah SWT. Q.S. al-Lail (92): 1-11, dan Hadits tentang sifat pemurah dan menjauhi sifat kikir. Q.S. al-Balad (90): 1-10, Q.S. a z-Zumar (39): 53 dan Q.S. al-Baqarah (2): 153 dan Hadits tentang optimis dan sabar. Q.S. Al-Fajr (89): 15-18, Q.S. al- Baqarah (2): 254 dan 261 dan Hadits tentang infaq di jalan Allah SWT. Q.S. al-A'la (87): 14-19, Q.S. al-Qashash (28): 77 dan Q.S. Ali Imran (3): 148 dan Hadits tentang adanya hubungan kehidupan dunia dan akhirat. Q.S. al Muthaffifin (83): 1-17, Q.S. al-An'am (6):152 dan Hadits tentang jujur dalam muamalah. Q.S. `Abasa (80):1-10 dan Q.S. al Mujadilah (58): 11 dan Hadits tentang menuntut ilmu
Sementara Tujuan dari mata pelajaran Al-Quran Hadis tingkat MTs adalah:
  1. Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap Al-Qur'an dan Hadis.
  2. Membekali peserta didik dengan dalil-dalil yang  terdapat dalam Al- Qur'an dan Hadis
    sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan. 
  3. Meningkatkan kekhusyukan peserta didik dalam beribadah terlebih salat, dengan menerapkan hukum bacaan tajwid serta isi kandungan surah/ayat dalam surat-surat pendek yang mereka baca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ruang Lingkup dan Tujuan Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Tingkat MTs KMA 183 2019 "

Posting Komentar