Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Empat Zona (Daerah) Pribadi Seseorang

Pada tahun 1960, Robert T. Hall mempelajari teori tentang wilayah (zona) atau jarak antar sesama manusia. Dia berkesimpulan bahwa setiap orang memiliki zona pribadi masing-masing. Jika wilayah pribadinya dimasuki oleh orang yang tidak disukainya maka dia akan melakukan perlawanan, akan tetapi lain cerita jika wilayah pribadinya dimasuki oleh orang yang disukai.

Robert T. Hall membagi zona (wilayah) seseorang menjadi 4 (empat) wilayah yaitu:

Intimate Zone (Wilayah Intim)
Daerah yang paling dekat dengan seseorang disebut daerah intim. Jaraknya sekitar 15 s/d 46 cm. Pada jarak ini, seseorang merasa daerah ini adalah daerah teritori (kekuasaan)nya. Tidak semua orang bisa memasukinya, kecuali seseorang yang memiliki ikatan emosional yang baik. Zona ini akan dibiarkan terbuka dan dimasuki oleh orang yang disukainya. Akan tetapi jangan sekali-kali mencoba memasukinya jika Anda merasa lawan bicara tidak tertarik kepada Anda sebab orang tersebut akan merasa tidak nyaman dan akan membangkitkan emosi yang buruk


Artikel Lainnya:
Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Sedih, Kecewa dan Stres
Bahasa Tubuh Penolakan atau Ketidaktertarikan seseorang
Cara Cepat Mengetahui Lawan Bicara Kita Berbohong
Cara Cepat Mengetahui Orang Lain Tertarik Kepada Kita
Cara Menghadapi orang yang Stres, sedih, dan kecewa  
Cara Mengatasi Grogi 
Empat Zona (Wilayah) Pribadi  

Personal Zone ( Daerah Pribadi)
Jarak untuk daerah pribadi sekitar 46 s/d 120 cm. Jarak ini ssering terlihat dimasuki pada pertemuan-pertemuan, diskusi, dan perhelatan sosial. Daerah ini bisa dimasuki oleh siapa saja terlebih bagi pribadi-pribadi yang diterima baik oleh si pemilik daerah. Akan tetapi, jika orang yang tidak disukai memasukinya, si pemilik daerah akan cepat-cepat pergi dan meninggalkannya.

Social Zone (Daerah Sosial)
Daerah sosial merupakan daerah yang diperuntukkan bagi orang-orang yang belum dikenal baik atau masih asing. Di daerah ini, terdapat kompromi dikarenakan sifat jaraknya yang lebih toleran. Jarak daerah ini sekitar 1,2 meter -3,6 meter

Public Zone (Daerah umum)

Adapun daerah umum, bersifat lebih luas. Siapa pun bisa memasukinya dan tidak ada yang dapat mengontrolnya karena sesungguhnya daerah ini milik siapa saja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Empat Zona (Daerah) Pribadi Seseorang"

Post a Comment