Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Batik Keren Murah Kualitas Terjamin

Cara Mengetahui Ketertarikan Orang Lain Kepada Kita


Penting sekali untuk mengetahui ketertarikan lawan bicara kepada kita. Ketertarikan tidak selalu berkaitan dengan hasrat lawan jenis akan tetapi bisa juga dalam bisnis atau profesi, terutama jika Anda seorang pembicara, pendidik, sales marketing, dan profesi lain yang membutuhkan perhatian fokus dari lawan bicara Anda. Mengapa penting? Karena dengan mengetahui penerimaan lawan bicara terhadap diri kita, kita bisa menentukan tindakan yang tepat untuk merespon kondisi tersebut. Misalnya saja jika Anda seorang pendidik. Saat Anda mengetahui peserta didik Anda kurang tertarik dengan metode pembelajaran Anda, maka Anda dapat merubah metode pembelajaran Anda dengan metode lain yang lebih menarik. Atau jika Anda seorang sales marketing mengetahui ketertarikan lawan bicara sangat penting agar Anda dapat menentukan strategi lanjutan untuk menarik konsumen.
Kita sering merasa kesulitan-misalnya dalam pertemuan atau rapat- untuk mengetahui siapa saja yang mendukung dan tertarik dengan ide atau gagasan kita. Kita sering kali salah tafsir dan pada akhirnya, negosiasi yang kita lakukan tidak optimal.
Artikel Lainnya:
Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Sedih, Kecewa dan Stres
Bahasa Tubuh Penolakan atau Ketidaktertarikan seseorang
Cara Cepat Mengetahui Lawan Bicara Kita Berbohong
Cara Cepat Mengetahui Orang Lain Tertarik Kepada Kita
Cara Menghadapi orang yang Stres, sedih, dan kecewa
Empat Zona (Wilayah) Pribadi  
Secara umum ada beberapa indikator yang dapat kita jadikan patokan untuk mengetahui ketertarikan lawan bicara kita diantaranya:

Menaruh Tangan di Dada
Menaruh tangan di dada menunjukkan adanya sebuah penerimaan. Biasanya gerak ini mengiringi bahasa lisan seperti pengucapan janji dan kekaguma. Gerakan tangan ke dada banyak digunakan saat berbicara, terutama ketika seseorang menyatakan ketulusan dan ketertarikan. Secara tidak sadar sesorang akan mendekatkan atau menaruh tangannya di dada. Cobalah Anda perhatikan ribuan fans yang secara spontan akan menaruh tangan mereka di dada saat artis pujaannya menunjukkan diri. Gerakan ini tentunya akan diiringi dengan ekspresi wajah.

Kombinasi Tatapan dan Perubahan Pupil Mata
Jika seseorang sedang tertarik, tatapannya akan tertahan untuk waktu yang lebih lama dari biasanya dan diikuti pula oleh perubahan pupil mata yang membesar.
Coba perhatikan peserta didik atau audiens Anda jika sebagian besar dari mereka tatapannya tertuju kepada Anda kemungkinan besar apa yang Anda ucapkan atau sampaikan menarik perhatian mereka.
Untuk ketertarikan lawan jenis, biasanya gerak isyarat ini diikuti senyuman, tetapi bukan senyuman yang sebenarnya lebih terlihat sebagai senyum yang tidak jadi. Cobalah Anda berpura-pura tersenyum kepada orang yang berpapasan dengan Anda. Tetapi, sebelum senyuman itu menjadi sempurna, coba tahan dan batalkan. Jika orang yang berpapasan dengan Anda melakukan hal yang sama dengan Anda kemungkinan orang tersebut tertarik kepada Anda.

Mendekat
Gerak isyarat ini jelas sekali terlihat dalam beberapa kesempatan pertemuan. Jika seseorang tertarik terhadap lawan bicaranya maka orang tersebut akan cenderung condong atau  mendekatkan diri kepadanya. Gerak isyarat ini telah dijelaskan oleh Robert T. Hall secara komprehensif


Menunjuk Lewat Kaki
Arah kaki bisa menunjukkan ketertarikan seseorang entah tertarik secara seksual atau dengan ide-ide yang ditawarkan dalam pembicaraan tersebut. Gerak isyarat kaki biasanya terlihat dalam pembicaraan yang dilakukan sambil berdiri.
Gerak menunjuk lewat kaki tidak harus dilakukan kedua belah kaki cukup salah satunya saja. Perhatikan oleh Anda arah kaki orang yang sedang asyik berbincang. Biasanya salah satu kakinya akan menunjuk pada orang yang menarik perhatiannya. Tidak harus pada orang yang sedang berbicara.



Merapikan Rambut
Menyentuh rambut merupakan gerak isyarat ketertarikan yang paling umum terjadi. Dari sekian banyak gerakan non verbal, gerak inilah yang paling mudah terlihat dan paling sering terjadi.
Coba Anda perhatikan jika wanita dan pria bertemu atau berpapasan, salah satu atau bahkan keduanya akan menyentuh rambutnya dan diikuti gerak isyarat tubuh lainnya. Bagian rambut yang paling sering disentuh adalah rambut bagian samping. Jika orang yang menarik perhatian kita di sebelah kiri, maka rambut bagian kiri yang akan disentuh oleh kita. Begitu pula sebaliknya.

 Menelengkan Kepala
Menelengkan kepala lebih sering terjadi pada wanita yang tertarik kepada seorang pria biasanya dibarengi dengan pupil yang membesar dan pandangan yang menatap tajam. Kegiatan ini bisa dilakukan secara sembunyi-sembunyi atau terang-terangan tergantung tipe kepribadian wanita tersebut. Untuk wanita yang tidak memakai penutup kepala biasanya dilanjutkan dengan gerakan menyibakkan rambut ke belakang.

Merapikan Baju

Gerakan ini terjadi tanpa disadari. Mekanismenya bisa dengan cara merapikan dasi, lipatan kerah, lipatan lengan, merapikan rok, menyapu sedikit bagian pundak, atau bagian busana lainnya.

Bahasa Tubuh Penolakan dan Ketidaktertarikan Seseorang 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengetahui Ketertarikan Orang Lain Kepada Kita"

Post a Comment