Download ATP Matematika Kelas VII Fase D Bilangan real (Bilangan Bulat, Rasional, Berpangkat pecahan) dan operasinya - Berbagi Ilmu

Berbagi Ilmu

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...
Wooow...

Download ATP Matematika Kelas VII Fase D Bilangan real (Bilangan Bulat, Rasional, Berpangkat pecahan) dan operasinya

Rasional

Rasional Alur Pembelajaran adalah rangkaian tujuan yang disusun secara logis menurut ururtan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Pembelajaran Pendidikan,Matematika dan dilaksanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan,model,strategi,metode,peserta didik dan lingkungan belajar.Semua itu diarahkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah (keterampilan, pengetahuan, dan sikap) setiap peserta didik dengan menuliskan, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional. Alur Tujuan Pembelajaran disusun berdasarkan metode pengurutan dari konten paling mudah ke konten paling sulit. Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran dilakukan berdasarkan pengalaman peserta didik pada fase D.

Capaian Pembelajaran

Di akhir fase D, peserta didik dapat membaca, menuliskan, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat dan bilangan berpangkat tak sebenarnya, bilangan dengan menggunakan notasi ilmiah. Mereka dapat melakukan operasi aritmetika pada ragam bilangan tersebut dengan beberapa cara dan menggunakannya dalam menyelesaikan masalah. Mereka dapat mengklasifikasi himpunan bilangan real dengan menggunakan diagram Venn. Mereka dapat memberikan estimasi/perkiraan hasil operasi aritmetika pada bilangan real dengan mengajukan alasan yang masuk akal (argumentasi). Mereka dapat menggunakan faktorisasi prima dan pengertian rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan) dalam penyelesaian masalah.

Elemen Keterampilan Pengetahuan

Pada akhir fase ini peserta didik dapat menunjukkan (keterampilan, pengetahuan, dan sikap) setiap peserta didik dengan menuliskan, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional.     

Elemen Keterampilan    

Mempraktikkan bagian,  (simbol Bilangan Real),  (simbol Bilangan Rasional),  (simbol Bilangan Bulat), W(simbol Bilangan Cacah), N(simbol Bilangan Asli), Sistem Bilangan real, Diagram venn, Bilangan komposit, Bilangan Prima, Bilangan Bulat, Bilangan Rasional, Pecahan Biasa, Pecahan Campuran, Bilangan desimal, Persen, Permil, Garis Bilangan, Operasi aritmetika, Operasi campuran, Masalah kontekstual.               

Kata frasa Kunci/Topik konten dan Penjelasan Singkat

Pada akhir fase ini peserta didik dapat menjelaskan sistem bilangan realdan dapat Menjelaskan sistem bilangan real 

Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan dalam dalam Fase ini adalah Dimensi Mandiri dan Gotong Royong.         

Elemen Pengembangan Karakter

Pada akhir fase ini peserta didik dapat menjelaskan Rasio, Perbandingan senilai, Perbandingan Berbalik nilai, Skala dan Laju Perubahan. serta menunjukkan keterampilan bekerja sama dengan merujuk peraturan dan pedoman untuk menyelesaikan perbedaan dan konflik antar individu.

Sub Elemen Personal Responsibility (Tanggung jawab personal)

Dimensi Mandiri (Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi dan Regulasi diri):

1. Indikator Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

  • Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi (Membuat penilaian yang realistis terhadap kemampuan dan minat, serta prioritas pengembangan diri berdasarkan pengalaman belajar dan aktivitas lain yang dilakukannya)
  • Mengembangkan refleksi diri (Memonitor kemajuan belajar yang dicapai serta memprediksi tantangan pribadi dan akademik yang akan muncul berlandaskan pada pengalamannya untuk mempertimbangkan strategi belajar yang sesuai).
2. Indikator Regulasi diri

  • Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri (Mengkritisi efektivitas dirinya dalam bekerja secara mandiri dengan mengidentifikasi hal-hal yang menunjang maupun menghambat dalam mencapai tujuan).
  • Mengembangkan disiplin diri (Berkomitmen dan menjaga konsistensi pencapaian tujuan yang telah direncanakannya untuk mencapai tujuan belajar dan pengembangan diri yang diharapkannya).
Sub Elemen Sosial Responsibility (Tanggung jawab Sosial)
Dimensi Gotong Royong (Kolaborasi dan Kepedulian) 

1. Indikator Kolaborasi
  • Kerjasama (Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif membangun tim dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan target yang sudah ditentukan dan mencapai tujuan bersama).
  • Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama (Memahami informasi, gagasan, emosi,keterampilan dan keprihatinan yang diungkapkan oleh orang lain menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif, serta memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas hubungan interpersonal guna mencapai tujuan bersama.
2. Indikator Kepedulian
  • Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  • Persepsi sosial (Menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi tertentu untuk menentukan tindakan yang tepat agar orang lain menampilkan respon yang diharapkan).
Elemen Nilai 
Pada akhir ini peserta didik dapat Menentukan jenis suatu himpunan bilangan dari himpunan bilangan yang diberikan. 
Contoh : {2, 3, 5, 7, 11, 13, 17} adalah himpunan bilangan prima kurang dari 19.    
 
Indikator  Nilai 
  1. Menjelaskan hubungan pada materi  ini  dapat dilakukan dengan kegiatan Merancang, menyimpulkan dan mempresentasikan proyek  yang berkaitan dengan laju perubahan (kecepatan dan debit) dalam  menyelesaikan masalah kontekstual.    
  2. Menjelaskan bahwa (simbol Bilangan Real), Q(simbol Bilangan Rasional), Z(simbol Bilangan Bulat), W(simbol Bilangan Cacah), N(simbol Bilangan Asli), Sistem Bilangan real, Bilangan Bulat, Bilangan Rasional Garis Bilangan, Operasi aritmetika, Operasi campuran, Masalah kontekstual.
  3. Menyelesaikan persoalan terkait dengan rasio dan laju perubahan (kecepatan dan debit) dalam masalah kontekstual, menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi tertentu untuk menentukan tindakan yang tepat agar orang lain menampilkan respon yang diharapkan.         
Silakan download Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Matematika Kelas VII Materi Bilangan Real berikut ini:
Download ATP:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download ATP Matematika Kelas VII Fase D Bilangan real (Bilangan Bulat, Rasional, Berpangkat pecahan) dan operasinya"

Posting Komentar