LAPORAN PELATIHAN KURIKULUM MERDEKA PADA MADRASAH PINTAR - Berbagi Ilmu

Berbagi Ilmu

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...
Wooow...

LAPORAN PELATIHAN KURIKULUM MERDEKA PADA MADRASAH PINTAR


Baca Juga:

Latihan Soal Materi Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah-Implementasi Kurikulum Madrasah (IKM)

Soal Latihan Materi Pembelajaran Berdiferensiasi-Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

Soal Latihan Materi Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka-Diklat IKM PINTAR

Soal Latihan Materi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA)

Soal Latihan Materi Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM)-IKM PINTAR

Latihan Soal Materi Teknik Coaching dan Mentoring-IKM PINTAR

CONTOH LAPORAN PELATIHAN KURIKULUM MERDEKA PADA MADRASAH PINTAR


Bagi Bapak/Ibu guru yang kemarin mengikuti pelatihan kurikulum madrasah di platform pintar yang diselanggarakan oleh pusdiklat dan balitbang Kemenag berikut saya sajikan rangkuman materinya. Dan bagi yang membutuhkan contoh laporan pelaksanaan pelatihannya, sudah saya lampirkan juga.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.
Prinsip Pengembangan Kurikulum Operasional di Madrasah:
  1. Berpusat pada peserta didik, yaitu pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik.
  2. Kontekstual, menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik madrasah, konteks sosial budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri (khusus MAK), dan menunjukkan karakteristik atau kekhususan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (khusus madrasah inklusif).
  3. Esensial, yaitu memuat semua unsur informasi penting/utama yang dibutuhkan dan digunakan di madrasah. Bahasa  yang digunakan lugas, ringkas, dan mudah dipahami.
  4. Akuntabel, dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual.
  5. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Pengembangan kurikulum madrasah melibatkan komite madrasah dan berbagai pemangku kepentingan, antara lain guru, orang tua, organisasi, berbagai sentra, serta industri dan dunia kerja untuk  MAK, di bawah koordinasi dan supervisi Kementerian Agama sesuai dengan kewenangannya.
  6. Pemerataan dan Peningkatan Mutu Pengembangan kurikulum madrasah diorientasikan sebagai upaya pemerataan kesempatan memperoleh layanan pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan yang dapat memberikan akses pada semua peserta didik dan menghargai perbedaan termasuk PDBK
Komponen 1: Analisis Karakteristik Madrasah
Menggambarkan keunikan suatu madrasah dalam hal peserta didik, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, sarana prasarana, kemitraan, potensi sumber dana dan lingkungan sosial budaya. 
Madrasah juga perlu mengidentifikasi diferensiasi keunggulan masing-masing sesuai dengan karakteristik yang dimiliki. Untuk MAK, karakteristik melingkupi program keahliannya.

Komponen 2: Visi, Misi, dan Tujuan
a) Visi adalah cita-cita bersama pada masa mendatang dari warga madrasah
b) Misi adalah pernyataan bagaimana madrasah  mencapai visi
c) Tujuan adalah gambaran hasil yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu oleh setiap madrasah  atau program keahlian bagi MAK

Komponen 3:    Pengorganisasian Pembelajaran Pendekatan Pembelajaran
a) Pendekatan mata pelajaran
b) Pendekatan Tematik 
c) Pendekatan secara terintegrasi
d) Pendekatan secara bergantian dalam blok waktu terpisah

Komponen 4: Perencanaan Pembelajaran
Perencanaan pembelajaran meliputi:
  1. ruang lingkup madrasah – yaitu penyusunan alur  tujuan pembelajaran atau silabus. Dalam ruang lingkup madrasah, perumusan dan penyusunan alur dan tujuan pembelajaran atau silabus mata pelajaran berfungsi mengarahkan madrasah dalam merencanakan, mengimplementasi, dan mengevaluasi pembelajaran secara keseluruhan sehingga capaian pembelajaran diperoleh secara sistematis, konsisten, dan terukur.
  2. ruang lingkup kelas –yaitu penyusunan modul ajar atau rencana pelaksanan pembelajaran. Untuk dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran pada ruang lingkup kelas, madrasah dapat menggunakan, memodifikasi, atau mengadaptasi contoh modul ajar yang disediakan Pemerintah, dan cukup melampirkan beberapa contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)/modul ajar atau bentuk rencana kegiatan yang mewakili inti dari rangkaian pembelajaran pada bagian Lampiran. 
  3. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dan asesmen pada mata pelajaran Praktik Kerja Lapangan (PKL) di MAK dilaksanakan secara kolaboratif oleh madrasah dan mitra dunia kerja.
Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di  Madrasah 
Istilah pembelajaran paradigma baru pada Kurikulum Merdeka bukan berarti menghadirkan konsep dan prinsip pembelajaran yang sepenuhnya baru, namun lebih pada upaya untuk memastikan terciptanya praktik pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. 
Oleh sebab itu pada Kurikulum Merdeka, pendidik memiliki keleluasaan untuk merumuskan tujuan pembelajaran serta rancangan pembelajaran dan assesmen yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, sehingga proses pembelajaran akan menjadi proses pembelajaran yang terbuka dan dinamis. Dengan begitu diharapkan peserta didik akan memiliki peluang untuk melakukan inisiatif, mempunyai suara dan kepemilikan terhadap proses pembelajaran serta memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik, baik kepada diri sendiri, peserta didik lainnya serta kepada pendidik.
Dengan paradigma baru ini, pembelajaran merupakan satu siklus yang bergerak, berawal dari pemetaan kompetensi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta pelaksanaan assesmen yang hasilnya dimanfaatkan untuk memperbaiki pembelajaran agar dapat membantu peserta didik mencapai kompetensi yang diharapkan.

Kekhasan Madrasah
Kekhasan Madrasah tercermin  dalam jumlah dan konten  materi PAI dan Bahasa Arab  yang sarat dengan Agama,  yang mewarnai dalam cara  berfikir, bersikap dan  bertindak ketika mengelola  proses pembelajaran dan  penciptaan iklim akademik  dalam ekosistem pendidikan  madrasah yang agamis.
Nilai Kekhasan Madrasah dalam  Perumusan Kurikulum
a) Karakter dan keterampilan abad-21 masuk eksplisit dalam CP, bukan merupakan hiden kurikulum
b) Orientasi nilai spiritualitas/sufistik dalam pendidikan sehingga tidak sekuler dan liberal.
c) Dimensi ukhrawi mewarnai dalam SKL, SI, dan CP yang akan diterjemahkan implementasinya  oleh Satuan madrasah dalam strategi pembelajaran dan penilaian, dengan panduan dari  pusat.
d) Assesmen diagnostik, untuk pemetaan yang akurat, perlakuan tepat dan dukungan kuat.
e) Pembelajaran berdiferensiasi,
f) Layanan pendidikan inklusif diakomodir
g) Kemerdekaan belajar dalam mencapai CP dan kebutuhan murid
h) Moderasi beragama dan kontek berbangsa dan bernegara menjadi konteks.

Prinsip Asesmen
  1. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya
  2. Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsinya dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran
  3. Asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar, menentukan keputusan tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran selanjutnya
  4. Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut
  5. Hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi  untuk meningkatkan mutu pembelajaran
5. Panduan pengembangan projek penguatan Profil pelajar pancasila dan Pelajar rahmatan lil alamin
Projek Penguatan Profil adalah:
a) Pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk  mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. 
b) Ia menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project based learning) 
c) Projek ini memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi yang fleksibel dan interaktif. 
d) Bertujuan menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila (bukan untuk mencapai CP Bidang Studi).

Projek Penguatan Profil Pelajar di Madrasah
Projek Penguatan profil pelajar di madrasah diproyeksikan pada 2 (dua) aspek yaitu; 1) Profil Pelajar Pancasila, dan 2) Profil Pelajar Rahmatan lil alamin. Keduanya dijalankan secara bersamaan dan terintegrasi dalam satu kegiatan dan laporan. Namun nantinya: Projek Profil Pelajar Pancasila dan Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin memiliki asesmen masing-masing.

Dimensi Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu: 
a) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 
b) Mandiri.
c) Bergotong-royong. 
d) Berkebinekaan global. 
e) Bernalar kritis. 
f) Kreatif.

Keenam dimensi tersebut perlu dilihat secara utuh sebagai satu kesatuan agar setiap individu dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.
Pelajar Rahmatan lil Alamin  merupakan Pelajar Pancasila  yang bertakwa, berakhlak mulia, serta moderat  dalam beragama. 

Secara khusus sosok pelajar rahmatan lil alamin ini mampu mengejawantahkan  10 nilai-nilai berikut:
  1. Berkeadaban (ta’addub), yaitu menjunjung tinggi akhlak mulia, karakter, identitas, dan integritas.
  2. Keteladanan (qudwah),yaitu kepeloporan, panutan, inspirator & tuntunan.
  3. Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah), yaitu sikap menerima keberadaan negara (nasionalisme), mematuhi hukum negara, melestarikan budaya Indonesia.
  4. Mengambil jalan tengah (tawassuṭ), yaitu pemahaman dan pengamalan beragama yang tidak berlebih-lebihan (ifrāṭ) dan juga tidak abai terhadap ajaran agama (tafrīṭ).
  5. Berimbang (tawāzun), yaitu pemahaman dan pengamalan agama secara seimbang yang meliputi semua aspek kehidupan, baik duniawi maupun ukhrawi.
  6. Lurus dan tegas (I’tidāl), yaitu menempatkan sesuatu pada tempatnya dan melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban secara proporsional.
  7. Kesetaraan (musāwah), yaitu persamaan, tidak diskriminatif kepada yang lain disebabkan perbedaan keyakinan, tradisi dan asal usul seseorang.
  8. Musyawarah (syūra), yaitu setiap persoalan diselesaikan dengan jalan musyawarah dengan prinsip menempatkan kemaslahatan di atas segalanya;
  9. Toleransi (tasāmuh), yaitu mengakui dan menghormati perbedaan, baik dalam aspek keagamaan maupun berbagai aspek kehidupan lainnya.
  10. Dinamis dan inovatif (tathawwur wa ibtikâr), yaitu selalu terbuka untuk melakukan perubahan-perubahan sesuai dengan perkembangan zaman serta menciptakan hal baru untuk kemaslahatan dan kemajuan umat manusia.
Demikianlah rangkuman materi pelatihan kurikulum merdeka di madrasah.
Berikut ini saya sematkan contoh laporan pelatihannya. Bagi bapak/ibu yang membutuhkan sebagai bahan laporan kepada kepala madrasah atau sebagai bahan untuk kenaikan pangkat, berikut saya lampirkan filenya. Semoga bermanfaat.

Silakan unduh 
Pelatihan IKM DI SINI
Pelatihan IKM BK  DI SINI
Pelatihan PTK PINTAR DI SINI

 

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "LAPORAN PELATIHAN KURIKULUM MERDEKA PADA MADRASAH PINTAR"

  1. Untuk laporan IKM BK periode pelatihan April 2023, apakah sudah dibuat pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya lampirkan pada postingan di atas pak, silakan diunduh

      Hapus
  2. Mantap, sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih untuk laporan IKM BK periode April sudah saya buatkan linknya pada postingan di atas

      Hapus
  3. terimakasih atas file nya pak..bisa sebagai referensi bagi kami..apakah ada laporan untuk diklat PTK di si pintas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. Untuk Laporan PTK silakan kunjungi link berikut: https://www.guruamir.com/2023/07/resume-pelatihan-penelitian-tindakan.html

      Hapus
  4. Cara unduh nya bgmn Pak Amir? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. diklik di bagian tulisan DI SINI yang berwarna biru bu

      Hapus
  5. izin download terimakasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. terima kasih postingannya pak sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Ijin download Pak Amir....terimakasih sangat membantu, moga jadi amal baik bapak nggih

    BalasHapus