Menyusun Best Practices Menggunakan Metode STAR PPG Dalam Jabatan - Berbagi Ilmu

Berbagi Ilmu

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...
Wooow...

Menyusun Best Practices Menggunakan Metode STAR PPG Dalam Jabatan


Salah satu tugas akhir dalam kegiatan Pendidikan profesi Guru dalam jabatan adalah menyusun praktik baik (best practices) dari aksi yang sudah dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi di madrasah atau sekolah mahasiswa PPG masing-masing. Penyusunan praktik baik ini dilakukan sebagai bentuk refleksi dari semua kegiatan yang sudah dilaksanakan mahasiswa. Praktik baik yang sudah disusun harus diunggah di LMS Elearning PPG Kemendikbud dan diunggah di guru berbagi kemendikbud atau media sosial. 

Best Practices yang dibuat menggunakan metode STAR. Apa itu metode STAR?

STAR singkatan dari Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak. 

Contoh video best practice dengan metode STAR dapat di lihat pada video berikut ini;



Situasi

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab penulis dalam praktik.

Pada bagian ini mahasiswa diminta menuliskan dan menceritakan permasalahan yang dihadapi di madrasah/sekolah masing-masing yang akan dicari solusi pemecahannya.

Tantangan 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan dari praktik baik dan siapa saja yang ikut terlibat

Pada tahapan ini mahasiswa menuliskan tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa untuk mengatasi permasalahan. Bisa tantangan dari mahasiswa itu sendiri, peserta didik, sarana, orangtua, dll.

Aksi

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Tuliskan semua solusi yang diperlukan untuk mengatasi masalah. Bisa melalui strategi pembelajaran, model pembelajaran, bahan ajar, media pembelajaran, dll.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor  keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Pada tahap ini mahasiswa menuliskan semua hasil dan dampak yang diperoleh setelah melakukan aksi. Apakah solusi yang disajikan bisa mengatasi permasalahan atau tidak.

Berikut saya sajikan contoh best practice yang sudah saya susun:


 
 untuk mendownload file contoh best practice di atas silakan klik di sini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyusun Best Practices Menggunakan Metode STAR PPG Dalam Jabatan"

Posting Komentar