Contoh Soal Literasi Sains AKM/AKMI dan Pembahasan (Migrasi Burung Golden Plovers) Bagian III - Berbagi Ilmu

Berbagi Ilmu

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...
Wooow...

Contoh Soal Literasi Sains AKM/AKMI dan Pembahasan (Migrasi Burung Golden Plovers) Bagian III

Soal berikut adalah kelanjutan dari soal sebelumnya. Contoh Soal Literasi Sains AKM/AKMI dan Pembahasan (Migrasi Burung Golden Plovers) Bagian I dan Bagian II. Tipe soal yang digunakan adalah soal Pilihan Ganda Kompleks. Siswa bisa memilih satu atau lebih jawaban yang dianggap benar

MIGRASI BURUNG
Golden Plovers

Golden Provers adalah burung migran yang berkembang biak di Eropa utara. Di musim gugur, burung ini melakukan perjalanan ke tempat yang lebih hangat dan tempat yang tersedia lebih banyak makanan. Pada musim semi burung melakukan perjalanan kembali ke tempat berkembang biaknya.

Peta di bawah ini didasarkan pada lebih dari sepuluh tahun penelitian tentang migrasi burung golden plovers. Peta 1 (kiri) menunjukkan rute migrasi ke arah selatan dari Golden Plovers selama musim gugur, dan peta 2 (kanan) menunjukkan rute migrasi ke arah utara selama musim semi. Area berwarna abu-abu adalah daratan, dan area berwarna putih adalah air. Ketebalan anak panah menunjukkan ukuran kelompok burung yang bermigrasi.
Rute Migrasi Burung Golden Plovers



Perhatikan artikel  "Golden Plovers" di atas. Pilih pada satu atau lebih untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Pernyataan mana tentang migrasi burung Golden Plovers yang didukung peta?

✓ Ingatlah untuk memilih satu atau lebih Jawaban.

A. Peta tersebut menunjukkan penurunan jumlah burung golden plovers yang bermigrasi ke selatan dalam sepuluh tahun terakhir.

B. Peta tersebut menunjukkan bahwa rute migrasi ke utara dari beberapa golden plovers  berbeda dari rute migrasi selatan.

C. Peta tersebut menunjukkan bahwa burung golden plovers yang bermigrasi menghabiskan musim dingin mereka di daerah selatan dan barat daya tempat berkembang biak atau bersarang.

D. Peta tersebut menunjukkan bahwa rute migrasi burung golden plovers telah bergeser dari daerah pesisir selama sepuluh tahun terakhir.

Pembahasan

Kompetensi                                 Menafsirkan data dan bukti secara ilmiah

Sistem Pengetahuan Prosedural  : Hidup

Konteks Global                            : Kualitas Lingkungan

Kesulitan                                      : Level 4

Kunci Jawabannya adalah:

B. Peta-peta tersebut menunjukkan bahwa rute migrasi ke utara dari beberapa golden plovers berbeda dari rute migrasi ke selatan

C. Peta menunjukkan bahwa burung golden plovers yang bermigrasi menghabiskan musim dingin mereka di daerah selatan dan barat daya tempat berkembang biak atau bersarang

Pertanyaan 3 menuntut siswa untuk memahami bagaimana data direpresentasikan dalam dua peta dan menggunakan informasi tersebut untuk membandingkan dan membedakan rute migrasi untuk Golden Plovers di musim gugur dan musim semi. Tugas interpretasi Level 4 ini mengharuskan siswa untuk menganalisis data dan mengidentifikasi kesimpulan mana yang benar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal Literasi Sains AKM/AKMI dan Pembahasan (Migrasi Burung Golden Plovers) Bagian III"

Posting Komentar