Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Nonton Sambil Menghafal Al-Quran? Kenapa Tidak? Gratis! Klik Gambarnya dan buktikan!

Soal dan Pembahasan Materi Profesional Mata Pelajaran Ekonomi Persiapan AKG

 


1. Suatu daerah yang baru terkena musibah banjir, mengalami kelangkaan air bersih sehingga banyakyang terjangkit penyakit kulit (gatal-gatal). Berdasarkan informasi tersebut yang menyebabkan air bersih langka adalah … 
A. Harga air bersih cenderung naik 
B. Kebutuhan air bersih tak terbatas 
C. Setiap orang memaksimumkan kepuasannya 
D. Persediaan tidak sesuai dengan rencana 
E. Sumber air bersih tercemar kotoran 
Pembahasan 
Jawaban; E 
Masalah kelangkaan kebutuhan erat kaitannya dengan barang. Apabila barang illith adalah barang dapat menjadi langka karena kekurangan atau kelebihan, seperti digambarkan oleh kelangkaan air karena banjir dapat menjadi langka karena sumber air bersih tercemar kotoran. Kelangkaan (scarcity) adalah kondisi dimana kita tidak cukup mempunyai sumber daya untuk kebutuhan kita. Kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia. Kelangkaan bukan berarti segalanya sulit diperoleh atau ditemukan. Kelangkaan juga dapat diartikan alat yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi. 
Faktor penyebab kelangkaan antara lain : 
1. Keterbatasan sumber daya 
2. Perbedaan letak geografis 
3. Pertambahan jumlah penduduk 
4. Keterbatasan kemampuan produksi 
5. Bencana alam

2. Tn. Bagus seorang karyawan perusahaan swasta di kota “X” memperoleh gaji Rp 3.000.000,00 per bulan. Karena ingin memiliki usaha sendiri dia berhenti dari perusahaan tempat bekerja dan mendirikan industri Batako 1 bulan Rp 5.000.000,00, beli bahan Rp 1.500.000,00, upah karyawan Rp 2.000.000,00 dan biaya lain-lain Rp 750.000,00. Biaya peluang yang dikorbankan Tn. Bagus adalah … 
A. Rp 4.250.000,00 
B. Rp 3.000.000,00 
C. Rp 2.000.000,00 
D. Rp 1.500.000,00 
E. Rp 750.000,00 
Pembahasan 
Jawaban: B 
Nilai yang dikorbankan oleh Tn. Bagus sebagai akibat dari keputusan Tn. Bagus mendirikan insdustri Batako adalah menjadi karyawan perusahaan swasta sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan. Biaya peluang (opportunity cost) adalah pengorbanan yang dilakukan seseorang karena mengambil se buah alternatif pilihan keputusan. Biaya peluang muncul dari kegiatan alternatif yang tidak bisa kita lakukan. Perhitungan biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang, bisa berupa waktu, kesempatan, dan keuantungan di masa depan. Sebagai contoh, misalkan seseorang memiliki uang Rp 10.000.000. Dengan jumlah uang sebesar itu, ia memiliki kesempatan untuk bertamasya ke Bali atau membeli sebuah TV. Jika ia memilih untuk membeli TV, ia akan kehilangan kesempatan untuk menikmatikeindahan Bali; begitu pula sebaliknya, apabila ia memilih untuk bertamasya ke Bali, ia akan kehilangan kesempatan untuk menonton TV. “Kesempatan yang hilang” itulah yang disebut sebagai biaya peluang.

3. Berikut ini beberapa macam kebutuhan: 
(a) Ibu pergi ke pasar membeli bahan kebutuhan pokok 
(b) Ayah membelikan adik baju seragam sekolah 
(c) Kak Rudi membeli handpohne yang memiliki kamera 
(d) Budi rajin berolah raga setiap minggu sekali 
(e) Pak Ahmad membeli rumah dekat dengan tempat kerjanya Berdasarkan urutan tingkat intensitasnya yang termasuk kebutuhan primer adalah … 
A. (1), (2), dan (3) 
B. (1), (2) dan (5) 
C. (1), (3) dan (4) 
D. (2), (4) dan (5) 
E. (3), (4) dan (5) 
Pembahasan 
Jawaban: B 
Kebutuhan primer adalah kebutuhan pertama yang harus dipenuhi lebih dahulu. Kebutuhan yang menempati urutan pertama adalah (1), (2) dan (5). Kebutuhan menurut intensitasnya atau Ɵ ngkat kepentingannya, jenis kebutuhan dibedakan menjadi 3 : 
1. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan lainnya. Contoh : makan, minum, rumah, pakaian, kesehatan, dan pendidikan. 

2. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang bersifat pelengkap artinya dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Contoh : meja, kursi, lemari, perlengkapan dan peralatan rumah lainnya. 

3. Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan akan barang mewah yang dipenuhi setelah memenuhi primer dan sekunder. Contoh : mobil mewah, perhiasan intan, kapal persiar

4. Adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas, merupakan … 
A. Masalah ekonomi 
B. Masalah ekonomi 
C. Kejadian ekonomi 
D. Intimasalah ekonomi 
E. Kelangkaan 
Pembahasan 
Jawaban: D 
Inti masalah ekonomi adalah bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya yang tak terbatas dengan alat atau benda pemuas kebutuhan yang terbatas. Inti masalah ekonomi adalah bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya yang tak terbatas dengan alat atau benda pemuas yang terbatas. Inti masalah ekonomi dalam dijabarkan kedalam tiga masalah yaitu : 
1. What (barang dan jasa apa saja yang akan diproduksi, serta berapa jumlahnya) 
2. How (bagaimana cara memproduksi, juga menyangkut efi siensi produk) 
3. For whom (untuk siapa/akan digunakan oleh siapa barang dan jasa tersebut. Juga menyangkut distribusi)

5. “Kebijakan pemerintah menetapkan harga tanpa memperhatikan aspirasi masyarakat”. Pernyataan tersebut adalah pelaksanaan system ekonomi … 
A. Pasar 
B. Absolut 
C. Liberal 
D. Komando 
E. Tradisional 
Pembahasan 
Jawaban: D
Bila dalam kapitalisme “institusi” paling penting adalah pasar, dalam sosialisme institusi paling penting adalah negara. Negara menguasai sepenuhnya sumber daya dan memecahkan masalah apa, bagaimana, dan untuk siapa melalui perencanaan yang terpusat. Secara umum sistem ekonomi, terbagi menjadi empat : 
1. Sistem ekonomi tradisional Adalah sistem ekonomi yang diterapkan oleh masyarakat tradisional secara turun menurut, mengandalkan alam dan tenaga kerja. Ciri-ciri sistem ekonomi tradisional : 
a. Teknik produksi bersifat tradisional 
b. Sedikit modal 
c. Pertukaran dengan sistem barter 
d. Tidak ada pembagian kerja 
e. Berdasarkan tradisi 
2. Sistem ekonomi komando/terpusat/Sosialis Adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian. Ciri-ciri : 
a. Semua alat dan sumber produksi dikuasai negara 
b. Hak milik perorangan tidak diakui 
c. Tidak bebas memilih pekerjaan 
d. Kebijakan ekonomi diatur oleh pemerintah 
3. Sistem ekonomi pasar/liberalis/kapitalis Adalah sistem ekonomi dimana kegiatan ekonomi produksi, distribusi, dan konsumsi dilakukan oleh pihak swasta. Ciri-ciri : 
a. Semua sumber produksi milik masyarakat 
b. Pemerintah tidak ikut campur tangan langsung 
c. Timbul persaingan dalam masyarakat 
d. Selalu berorientasi mencari keuntungan 
4. Sistem ekonomi campuran Adalah sistem ekonomi dimana pemerintah dan swasta saling berinteraksi dalam memecahkan masalah. Dalam sistem ekonomi campuran, kegiatan ekonomi masyarakat diserahkan kepada kekuatan pasar, namun pada batas tertentu pemerintah tetap melalukan kendali campur tangan.

6. Masalah mendasar dalam ilmu ekonomi adalah 
A. Mengurangi masalah kemiskinan dan menciptakan distribusi pendapatan yang adil dan merata 
B. Menentukan harga yang tepat atas barang/jasa sesuai dengan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk 
    memproduksi barang/jasa tersebut 
C. Mengurangi ekternalitas negative yang ditimbulkan dari setiap kegiatan ekonomi 
D. Mengoptimalkan penggunaan sumberdaya yang jumlahnya terbatas untuk memenuhi kebutuhan 
    masyarakat 
E. Memacu pertumbuhan ekonomi sebuah negara dengan harapan kemakmuran akan tercipta 
Pembahasan 
Jawaban: D 
Ilmu ekonomi merupakan studi tentang bagaimana masyarakat menggunakan sumber daya yang terbatas untuk menghasilkan komoditas yang bermanfaat dan menyalurkannya di antara anggota masyarakat tersebut. (Paul A. Samuelson and William D Nordhaus (2001). Masalah dasar ekonomi adalah kelangkaan (scarcity) yang terjadi karena keinginan manusia yang tidak terbatas dalam dunia yang memiliki sumber daya yang terbatas. Akibatnya muncul tiga pertanyaan dalam organisasi ekonomi, yaitu: 
(1) Apa (what) yang sebaiknya diproduksi dan seberapa banyak? 
(2) Bagaimana (how) sumber daya digunakan dalam memproduksi barang tersebut? 
(3) Untuk siapa (for whom) Untuk siapa barang diproduksi? Siapa yang dapat menikmati hasil kegiatan ekonomi? Bagaimana penghasilan dan kekayaan didistribusikan? Pertanyaan ini terkait dengan pendistribusian barang yang telah dihasilkan. 

7. Pasar barang memiliki karakteristik sebagai berikut 
a. Produsen bertindak sebagai price setter 
b. Kurva permintaan yang dihadapi bersifat elastis sempurna 
c. Hambatan untuk masuk/keluar pasar tidak ada 
d. Tidak setiap produsen dapat memasuki pasar 
e. Iklan berperan penting untuk meningkatkan penjualan Dari lima dasar di atas, yang merupakan karakteristik pasar persaingan tidak sempurna adalah … 
A. 1, 2 dan 3 
B. 2, 3 dan 4 
C. 3, 4 dan 5
D. 4, 5 dan 1 
E. 5, 1 dan 2 
Pembahasan 
Jawaban: D 
Karakteristik pasar persaingan tidak sempurna tampak pada dasar nomor 4, 5 dan 1. Pasar persaingan tidak sempurna adalah kondisi pasar dimana harga pasar bisa dipengaruhi oleh produsen atau konsumen. Karakteristik utama yang membuat harga pasar bisa dipengaruhi yaitu jumlah penjual dan pembeli dalam pasar sedikit, serta hasilnproduksi suatu perusahaan bisa dibuat berbeda (diferensiasi) dengan hasil produksi perusahaan lain. Beberapa struktur pasar ini yaitu pasar monopoli, pasar oligopoly, dan pasar persaingan monopolistis. 

8. Diketahui fungsi permintaan Qd= - 5P+ 1.700, fungsi ini mengandung arti: 
a. Pada saat harga naik 2 rupiah maka permintaan akan turun 
b. Pada saat harga naik 4 rupiah maka permintaan akan bertambah 
c. Jumlah yang diminta 5 unit maka harga yang diminta akan bertambah 
d. Pada saat jumlah yang diminta 5 unit maka harga menjadi 339 
Berdasarkan pernyataan yang benar adalah … 
A. 1 dan 2 
B. 1 dan 3 
C. 1 dan 4 
D. 2 dan 3 
E. 3 dan 4 
Pembahasan 
Jawaban: C 
Dalam fungsi permintaan hubungan antara harga (P0 dan jumlah yang diminta (Qd) adalah negaƟ ve/ berlawanan arah; saat Qd=5, P= 339 
Bentuk umum fungsi permintaan : Qd = a- bP 
Fungsi permintaan dapat dicari dengan rumus : = P - P2 / P2 - P1 = Q - Q1 / Q2 - Q1 
Keterangan : 
P1 = harga mula-mula 
P2 = harga setelah perubahan 
Q1 = jumlah permintaan mula-mula 
Q2 = jumlah barang setelah perubahan

8. Jika koefi sien elastisitas barang X dan Y adalah negatif, maka kenaikan harga barang X akan berdampak negatif pada … 
A. Kenaikan permintaan barang X 
B. Kenaikan permintaan barang Y 
C. Penurunan permintaan barang Y 
D. Tidak mempengaruhi permintaan barang Y 
E. Penurunan harga barang Y 

Pembahasan 
Koefisien elastisitas silang yang negative menunjukkan bahwa hubungan antara X dan Y bersifat komplementer, sebagai contoh hubungan antara gula (X) dan tepung terigu (Y), pada kedua barang yang bersifat komplementer, maka keanikan harga barang X (gua akan menyebabkan penurunan permintaan terhadap barang Y (tepung terigu). 
Jawaban: C 
Koefisien elastis adalah angka yang menunjukkan sebarapa besar kepekaan perubahan barang akibat adanya perubahan harga. Koefi sien elastis baik permintaan maupun penawaran dapat dicari dengan rumus :
E = ΔQ ΔP x P1 Q1 
E = koefi sien elastis 
ΔQ = perubahan selisih jumlah barang 
ΔP = perubahan selisih harga barang 
Q1 = jumlah harga mula-mula 
P1 = harga barang mula-mula

10. Jika pemerintah memberi subsidi pupuk kepada petani, maka tingkat keseimbangan harga dan kuantitas pupuk yang baru adalah 
A. Meningkat – meningkat 
B. Meningkat – menurun 
C. Menurun – menurun 
D. Menurun – meningkat 
E. Tetap – menurun 
Pembahasan 
Subsidi akan menggeser kurva penawaran ke kanan. Pada posisi yang baru, kurva penawaran memotong kurva permintaan pada harga lebih rendah, dan kuantitas lebih banyak. 
Jawaban: D 
Harga keseimbangan adalah harga yang terbentuk pada saat permintaan sama dengan penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga.

11. Beberapa pernyataan berikut merupakan pernyataan berhubungan dengan pendapatan nasional: 
a. Membantu dan membuat rencana serta melaksanakan pembangunan secara bertahap
b. Mengkaji factor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemajuan perekonomian 
c. Membandingkan perekonomian antar negara 
d. Membantu merumuskan kebijakan pemerintah 
e. Mengetahui dan menelaah struktur perekonomian 
Manakah yang merupakan manfaat mempelajari pendapatan nasional … 
A. 1, 2 dan 3 
B. 1, 3 dan 4 
C. 2, 3 dan 4 
D. 2, 4 dan 5 
E. 3, 4 dan 5 
Pembahasan 
Manfaat mempelajari pendapatan nasionnal diantaranya: 
1. Mengetahui struktur perekonomian 
2. Merumuskan suatu kebijakan 
3. Membandingkan perekonimian dari waktu ke waktu antar daerah dan negara. 
Jawaban: C 
Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode, biasanya selama satu tahun.
Manfaat perhitungan pendapatan nasional 
1. Mengukur pertumbuhan ekonomi 
2. Untuk mengukur jenis kegiatan produksi dan struktur perokonomian 
3. Perbandingan kemajuan antar negara 
4. Dapat membandingan perekonomian antar daerah 
5. Untuk menilai efektivitas kebijakan ekonomi masa lalu dan masa depan sebagai bahan pertimbangan untuk kebijakan baru.

12. Bila seseorang menarik kembali depositonya dari suatu bank umum, maka tindakan ini akan … 
A. Menambah jumlah uang yang beredar 
B. Mengurangi jumlah uang yang beredar 
C. Tidak mempengaruhi jumlah uang yang beredar 
D. Tidak mengurangi besarnya cadangan yang dimiliki bank 
E. Tidak mengurangi dana bank yang dapat dipinjamkan 
Pembahasan 
Jawaban : C
 Deposito merupakan simpanan yang dapat diambil pada waktu tertentu, bisa 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan, sehingga bagi bank simpanan deposito dapat dipinjamkan pada debitur secara keseluruhan. Dengan dipinjamkannya kembali simpanan deposito ke debitur maka, uang kembali beredar ke masyarakat, sehingga jika seseorang menarik kembali depositonya tidak mempengaruhi jumlah uang yang beredar. Deposito atau yang sering juga disebut sebagai deposito berjangka, merupakan produk bank sejenis jasa tabungan yang biasa ditawarkan kepada masyarakat. Deposito merupakan produk penyimpanan uang di bank dengan sistem penyetoran yang penarikannya hanya bisa dilakukan setelah melewati waktu tertentu. Deposito biasanya memiliki jangka waktu tertentu di mana uang di dalamnya tidak boleh di tarik nasabah. Deposito baru bisa dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh temponya, biasanya deposito mempunyai jatuh tempo 1, 3, 6, atau 12 bulan. Bila deposito dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo, maka akan kena penalti sesuai dengan kebijakan bank yang bersangkutan. Deposito juga dapat diperpanjang secara otomatis menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over). Deposito akan diperpanjang otomatis setelah jatuh tempo, sampai pemiliknya mencairkan depositonya. 

13. Berikut adalah kegiatan lembaga keuangan bank dan bukan bank. 
a. Melakukan kegiatan sewa guna 
b. Mempertanggungjawabkan risiko yang terjadi pada nasabah 
c. Menyelenggarakan pasar atau bursa komoditas 
d. Melakukan kredit reimburse (letter of credit) 
e. Menyediakan layanan rekening koran 
Kegiatan yang dilakukan oleh lembaga keuangan bukan bank ditunjukkan nomor… 
A. 1, 3, dan 5 
B. 1, 3, dan 4 
C. 1, 2, dan 3 
D. 2, 4, dan 5 
E. 2, 3, dan 4 
Pembahasan 
Jawaban: C 
Dewasa ini banyak penjual barang yang menggunakan cara sewa guna (leasing) agar menarik minat pembeli. Sewa guna merupakan pembelian secara angsuran, namun sebelum angsurannya selesai (lunas), hak barang yang diperjualbelikan masih dimiliki oleh penjual. Namun demikian, begitu kontrak leasing ditandatangani, segala fasilitas dan kegunaan barang tersebut boleh digunakan oleh pembeli. Salah satu lembaga keuangan bukan bank adalah asuransi dimana kegiatan usahanya adalah memberikan pertanggungan atas risiko yang terjadi pada nasabah. Bursa efek atau bursa saham (Stock Exchange) adalah sebuah pasar yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan efek perusahaan yang sudah terdaftar di bursa tersebut. Kegiatan usaha yang dilakukan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) yakni sebagai berikut: 
1. Menyediakan fasilitas kredit baik jangka panjang, maupun jangka menengah untuk perusahaan milik pemerintah maupun milik swasta 
2. Sebagai perantara bagi perusahaan perusahaan yang ada di indonesia serta sebagai badan hukum pemerintah untuk mendapatkan kredit untuk mendapatkan kredit baik didalam negeri maupun diluar negeri. 
3. Melakukan penyertaan modal pada perusahaan-perusahaan serta penjualan saham pada pasar modal 4. Melakukan kegiatan usaha lain dibidang keuangan setelah mendapat persetujuan dari menteri keaungan. 
5. Sebagai perantara bagi perusahaan untuk mendapatkan tenaga ahli khususnya dibidang keuangan
6. Menghimpun dana dari masyarakat dengan cara mengeluarkan surat-surat berharga. 

14. Harga barang kebutuhan pokok di pasar pada umumnya mengalami kenaikan rata-rata di atas 7%. Hal yang sangat berdampak bagi masyarakat adalah … 
A. Meningkatkan daya beli masyarakat terhadap barang dan jasa 
B. Menurunkan daya beli masyarakat terutama berpenghasilan tetap 
C. Meningkatkan pendapatan riil masyarakat 
D. Meningatkan daya saing akibat tingginya harga 
E. Menurunkan tingkat kreatifi tas masyarakat 
Pembahasan 
Bila pendapatan masyarakat bisa mengikuti kenaikan harga-harga, infl asi tidak terasa mengganggu. Tetapi, bila pendapatan masyarakat tdiak bisa mengimbangi laju inflasi, inflasi akan merugikan. Masyarakat akan terjatuh pada taraf hidup yang lebih rendah. 
Jawaban: B 
Dampak bagi masyarakat terutama bagi pekerja dengan gaji tetap sangat dirugikan dengan adanya infl asi dengan tingkat sedang sudah mulai membahayakan kegiatan ekonomi. Pendapatan riil tersebut pada masyarakat terutama masyarakat yang berpenghasilan tetap seperti buruh, akan menjadi turun dan kenaikan upah selalu lebih kecil bila dibandingkan dengan kenaikan harga.

26. Pada saat kita akan mendirikan usaha, pemilihan bentuk badan usaha perlu mempertimbangkan kebaikan dan kelemahan sebagai berikut: 
a) Mudah untuk mendapatkan pinjaman modal dari pihak bank 
b) Mudah dalam pengambilan keputusan 
c) Laba jatuh ke tangan satu orang 
d) Tanggung jawab pemilik terbatas 
e) Manajemennya sangat profesional Yang merupakan kebaikan dari badan usaha yang berbentuk perseroan terbatas (PT) adalah ... 
A. 1, 2, dan 4 
B. 1, 4, dan 5 
C. 2, 3, dan 4 
D. 2, 4, dan 5 
E. 3, 4, dan 5 
Pembahasan
Beberapa keuntungan dengan bentuk PT adanya kemudahan dalam pinjaman mdal pada perbankan karena jaminannya kuat, tanggung jawab pemilik terbatas karena dikelola secara manajemen profesional. 
Jawaban: B 
Kelebihan dari badan usaha yang berbentuk PT yaitu : 
1. Mudah untuk mendapatkan pinjaman modal dari pihak bank 
2. Tanggung jawab yang terbatas dari para pemegang saham terhadap utang-utang perusahaan 
3. Manajemennya sangat profesional dan spesialisasinya memungkinkan pengelolaan sumber-sumber modal untuk itu secara efisien

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal dan Pembahasan Materi Profesional Mata Pelajaran Ekonomi Persiapan AKG"

Posting Komentar