Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Nonton Sambil Menghafal Al-Quran? Kenapa Tidak? Gratis! Klik Gambarnya dan buktikan!

Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dan Survei Karakter



Seperti yang Bapak/Ibu ketahui bahwa salah satu arah kebijakan baru yang digaungkan oleh Mendikbud dalam memerdekakan belajar adalah dengan mengganti Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Kompetensi dan Survei Karakter.

Asesmen tidak lagi dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasan materi kurikulum seperti saat ini. Asesmen dilakukan untuk pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa yaitu literasi dan numerisasi.

Contoh-contoh Soal Literasi Numerasi
Contoh-contoh Soal Literasi Sains

Dijelaskan juga dalam laman resmi Kemdikbud (gtk.kemdikbud.go.id) literasi bukan hanya kemampuan membaca,tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan dan memahami konsep isi tulisan tersebut. Sementara Numerisasi berdasarkan kemampuan menganalisis masalah menggunakan angka.

Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minum sendiri akan dikenalkan kepada Bapak/Ibu guru pada pelaksanaan gladi UNBK mendatang. Tujuannya agar Bapak/Ibu memahami kompetensi siswa apa saja yang harus dikembangkan di sekolah masing-masing.

Mengembangkan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran

Untuk menghadapi AKM tersebut, tentu muncul pertanyaan dari Bapak/Ibu guru tentang bagaimana jenis dan contoh soal AKM yang akan keluar pada pelaksanaan galdi UNBK mendatang.

Soal-soal berikut hanya gambaran yang saya ambil dari beberapa sumber yang pernah mengikuti simulasi AKM dan survei karakter. Semoga membantu Bapak/Ibu guru dalam menghadapi AKM mendatang.

1.               Soal AKM

Soal AKM berjumlah 10 soal yang harus diselesaikan selama 30 menit. Adapun jenis soalnya terdiri dari soal uraian dan soal pilihan.

·                 Soal Uraian
Pada jenis soal ini kita dituntut untuk menyelesaikan masalah yang disajikan secara lugas. Efektif dan tepat karena jumlah karakter huruf yang boleh diisi dibatasi.

Contoh 1:
Disajikan sebuah data tentang jumlah langkah perhari dan usia harapan hidup di beberapa negara. Disajikan pula pendapat salah satu dokter yang menyatakan bahwa semakin banyak langkah perhari, maka jumlah usia harapan hidup semakin tinggi. Bapak/Ibu disuruh untuk menganalisis apakah ada ketidaksesuaian data yang disajikan dengan pernyataan dokter tersebut dan apa alasannya.

Contoh 2:
Pada soal lain Bapak/ibu guru  akan diminta memberikan alasan bagaimana cara membuat teknologi nirkabel yang masih mahal diakses oleh publik dan bisa lebih terjangkau daya belinya di masa depan.
·                 Soal Pilihan

Ø   Soal Pilihan Ganda
Pada jenis soal ini Bapak/Ibu disuruh memilih jawaban yang paling tepat dari 5 (lima) opsi pilihan yang disajikan. Sebagai contoh:
Contoh soal 1:
Disajikan sebuah bacaan tentang utang dan gaya hidup seseorang disertai gambarnya. Kemudian ditanyakan apa pendapat Bapak/Ibu mengenai sikap orang tersebut yang membeli sepatu baru padahal masih memiliki banyak tagihan?
Contoh soal 2:
disajikan gambar poster bertema bebas kantong sampah plastik lengkap dengan data angka dan persentase. Kemudian Bapak/Ibu dimintai pendapat apakah dengan membeli kantong plastik di pusat perbelajaan akan berdampak terhadap berkurangnya sampah plastik?

Ø   Soal Pilihan
Perbedaan pada jenis soal ini terletak pada pilihan jawaban. Bapak/Ibu bisa memilih pilihan jawaban lebih dari satu.
Contoh soal 1:
disajikan sebuah data dan beberapa alternatif jawaban yang berbentuk grafik/diagram sumbu x,y. Kita di suruh memilih gambar grafik mana yang benar sesuai dengan data yang disajikan.
Contoh soal 2:
disajikan sebuah diagram. Di situ ada titik-titik yang letaknya acak bertuliskan nama-nama Negara. Kemudian kita disuruh menentukan letak sebuah Negara dibandingkan dengan Negara lain. Apakah terletak di atas, di bawah, samping kiri atau kanan, atau yang paling ujung kanan atau kiri.

Ø   Soal pilihan sesuai atau tidak sesuai
Contoh soal:
Di soal ini disajikan naskah bacaan yang cukup panjang, bahkan kita harus menyekrolnya agar bisa membaca keseluruhan. Temanya tentang Indonesia darurat sampah plastik. Kemudian ada dua atau tiga pernyataan terkait naskah tersebut, dan kita dimintai pendapat dengan cara memilih jawaban ‘sesuai’ atau ‘tidak sesuai’.
Ø   Soal pilihan opini atau fakta
Contoh soal:
disajikan sebuah gambar tentang prilaku belanja seseorang. Kemudian ada lima pernyataan terkait dengan gambar. Di setiap pernyataan kita diminta memilih apakah pernyataan itu ‘opini’ atau ‘fakta’.


2.               Survei Karakter

Survei karakter terdiri dari 13 soal atau lebih dengan durasi waktu 30 menit. Bentuk soalnya pilihan ganda. Di soal diberikan stimulus, kemudian kita disuruh berpendapat dengan cara memilih salah satu dari lima alternatif jawaban.

Silakan Pelajari Contoh dan Pembahasan Soal Berikut ini

Contoh soal 1
Si C senang dengan olahraga, dia ingin kuliah memilih jurusan olahraga, tapi bapaknya menyuruhnya memilih jurusan Sains. Apa yang harus dilakukan si C?

Contoh soal 2
Si D adalah ketua penyelenggara pentas seni akan mengadakan pertunjukan dengan tema budaya nasional. Tapi ada temannya yang menginginkan dipentaskan juga seni bernuansa Arab. Apa yang harus D agar pentas tersebut tetap berjalan?

Contoh soal 3
Akram akan mengikuti seleksi. Materinya A, B, C, dan D. Dia lemah di materi A. Sedangkan materi B, C, dan D dia menguasai. Apa yang akan dilakukan Doni agar tes-nya lulus?

Contoh soal 4
Si A adalah siswa MTs. Karena ada sesuatu hal ia kesiangan ketika hendak berangkat sekolah. tapi A tidak ingin terlambat. Kebetulan di rumah ada sepeda motor milik Bapaknya. Apa yang harus dilakukan oleh si A?

Contoh soal 5
Anda sebagai juri lomba. Kebetulan salah satu peserta adalah anak Anda. Anda tahu bahwa anak Anda melakukan kesalahan tapi juri lain tidak tahu. Mereka memberi nilai tinggi pada anak Anda. Apa yang akan Anda lakukan?
3.               Angket Tugas Pokok dan Fungsi Guru
Pada soal ini bapak/ibu guru akan diminta mengisi angket terkait tugas dan fungsi bapak/ibu sebagai  guru yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. 
Demikian beberapa contoh soal AKM dan survei karakter yang dapat kami bagikan. Semoga bisa menjadi gambaran bagi Bapak/Ibu yang akan menghadapinya. Lebih dari itu, semoga bisa membantu Bapak/Ibu guru dalam menumbuhkan budaya literasi dan nilai-nilai karakter kepada peserta didik.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dan Survei Karakter"

  1. Ya jawab sesuai dg hati nurani kita mungkin ya, jujur begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawab yang paling ideal sesuai karakter yang seharusnya

      Hapus
  2. Ternyata kita harus terus belajar lagi

    BalasHapus
  3. Semangatttt....maju terus belajar terus.

    BalasHapus
  4. Terima kasih. Sangat membantu saya untuk memahami AKM.

    BalasHapus
  5. Terima kasih. Sangat membantu saya memahami AKM.

    BalasHapus
  6. Terima kasih,sekarang saya memahami tentang AKM.

    BalasHapus

?max-results=10">
'); document.write(" ?orderby=published&alt=json-in-script&callback=labelthumbs\"><\/script>");