Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Bidang Isi Layanan Bimbingan dan Konseling

Berdasarkan pada pandangan dan tugas bimbingan dan konseling kebutuhan peserta didik, dan tujuan bimbingan dan konseling, maka bidang isi bimbingan dankonseling dirumuskan ke dalam tiga komponen, yaitu: (1) Layanan Dasar, (2) Layanan Responsif, dan (3) Layanan Perencanaan Individual.

1.      Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling
Layanan dasar bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu seluruh peserta didik mengembangkan perilaku efektif dan meningkatkan keterampilan-keterampilan hidupnya. Layanan ini disajikan secara sistematik bagi seluruh peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
(a)    Mengembangkan hubungan sosial dengan teman sebaya baik dengan pria maupun dengan wanita. Tema dan topik layanana meliputi mamapu bekerja sama dalam kelompok, menerima teman lawan jenis yang berbeda, dan tidak memaksakan kehendak pada kelompok.
(b)   Melaksanakan peran sosial sebagai pria dan wanita sesuai dengan norma masyarakat. Tema dan topik layanan meliputi mengetahui peran sosial pria dan wanita sesuai dengan norma masyarakat, memahami peran sosial pria dan wanita sesuai norma masyarakat, menerima peran sosial pria dan wanita sesuai norma, dan mampu mengerjakan pekerjaan pria dan wanita sesuai dengan norma.
(c)    Menerima keaadan diri dan menggunakannya secara efektif. Topik-topiknya meliputi: menerima keadaan fisik, menerima bakatnya, memelihara keadaan dirinya (self-esteem),
(d)   Memiliki sikap dan perilaku emosional yang mantap. Tema dan topik layanan meliputi tidak cepat putus asa, tidak manja, berani mengambil resiko, menyayangi orang tua setulus hati, dan menghormati guru setulus hati,
(e)    Mempersiapkan diri ke arah kemandirian ekonomi. Tema dan topik layanan meliputi penuh perhitungan dalam membeli susuatu, berusaha untuk menabung, membantu pekerjaan otang uta, berusaha agar lulus sekolah tepat waktu, memilih kegiatan ekstrakurikuler yang nantinya dapat menghasilkan nafkah.
(f)    Memilih dan memeprsiapkan pekerjaan. Tema dan topik layanan meliputi mampu memilih jurusan yang sesuai dengan cita-cita pekerjaannya, mampu memiolih kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung terhadap cita-cita pekerjaannya, memahami program studi yang ada di Perguruan Tinggi yang sesuai dengan cita-cita pekerjaannya, memahami jenis kursus yang akan mendukung cita-cita pekerjaanya, dan memahami syarat-syarat yang diperlukan untuk pekerjaan yang dicita-citakannya.
(g)   Memiliki sikap yang positif terhadap perkawinan dan hidup berkeluarga. Tema dan topik layanan meliputi menghargai hak dan kewajiban sebagai anggao keluarga.
(h)   Memiliki keterampilan intelektual dan memahami konsep-konsep yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang baik. Tema dan topik layanan meliputi mampu membuat pilihan secara sehat, mampu membuat keputusan secara efektif, dapat menyelesaikan konflik atau masalah lainnya, memahami konsep hukum, ekonomi dan politik yang berlaku.
(i)     Memiliki sikap dan perilaku sosial yang bertanggung jawab. Tema dan topik layanan meliputi berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial di masyarakat, berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial di sekolah, menolong teman yang perlu bantuan, menyantuni fakir miskin dan menengok teman yang sakit.
(j)     Memahami nilia-nilai dan etika hidup bermasyarakat. Tema dan topik layanan meliputi sopan dalam bergaul, jujur dalam bertindak dan menghargai perasaan orang lain.

2.      Layanan Responsif Bimbingan dan Konseling
Layabab responsif adalah layanan bimbingan dan konseling yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan yang dirasakan sangat penting oleh peserta didik dan diperlukan penangan segera. Layanan ini lebih bersifat preventif, atau mungkin kuratif. Isi layanan responsif adalah sebagai berikut:
(a)    Bidang Pendidikan. Tema dan topik layanan meliputi: (1) Memilih Program Studi yang sesuai dengan bakat, mina dan kemampuan, serta (2)  memilih studi lanjutan setelah sekolah menengah atas;
(b)   Bidang Belajar. Tema dan topik layanan meliputi: (1) Memilih cara belajar efektif yang sesuai dengan karakteristik bidang studinya (2)  mengatur waktu yang baik, dan (3) mengatasi kesulitan belajar;
(c)    Bidang Sosial. Tema dan topik layanan meliputi: (1) Memilih teman yang sesuai (2)  Mencegah terjadinya perselisihan, dan (3)  Mengatasi kesulitan bergaul;
(d)   Bidang Pribadi. Tema dan topik layanan meliputi: (1) Mengatasi konflik, (2)  Mengatasi strees, dan (3) masalah penerimaan diri,
(e)    Bidang Karier. Tema dan topik layanan meliputi: (1) membentuk identitas karir, (2) mengenali ciri-ciri pekerjaan, dan (3) mengenali ciri-ciri lingkungan kerja (4) membentuk pola karir,
(f)    Bidang Tata Tertib Sekolah. Tema dan topik layanan meliputi: (1) mengenal tata tertib sekolah, dan (2) mematuhi tata tertib sekolah,
(g)   Bidang Narkotika dan Ketergantungan Obat. Tema dan topik layanan meliputi: (1) Mengenalkan bahaya narkotika dan ketergantungan obat, dan (2) mencegah dari bahaya narkotika dan ketergantungan obat,
(h)   Bidang Perilaku Seks. Tema dan topik layanan meliputi: (1) Mengenalkan bahaya perilaku seks bebas, dan (2) mencegah perilaku seks bebas.

3.      Layanan Perencanaan Individual Bimbingan dan Konseling
Perencaan individu adalah layanan dan bimbingan konseling yang bertujuan membantu seluruh peserta didik membuat dan mengimplementasikan rencana-rencana pendidikan, karir dan sosial pribadinya. Tujuan utama layanan ini adalah membantu perkembangannya sendiri kemudia merencanakan dan mengimplementasikan rencana-rencananya itu atas dasar hasil pemantauan dan pemahamannya.
Isi layanan perencaaan individual adalah sebagai berikut:
(a)    Bidang Pendidikan, tema dan topik layanan meliputi: (1)  belajar dan menggunakan cara-cara belajar yang efektif, (2) belajar memilih program studi yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan, (3) belajar memilih program studi lanjutan yang sesuai, (4) menyadari bahwa belajar merupakan kewajiban, (5) belajar memahami bakat, minat dan kemampuan, dan (6) merencanakan studi lanjutan.
(b)   Bidang Karir, tema dan topik layanan meliputi: (1)  mengidentifikasi kesempatan karir yang ada dilingkungan masyarakat, (2) mengidentifikasi tempat-tempat latihan kerja yang ada di masyarakat, (3) mengembangkan sikap yang positif terhadap dunia kerja, (4) merencananakan karir.

(c)    Bidang Sosial-Pribadi, tema dan topik layanan meliputi: (1)  mengembangkan konsep diri yang positif, (2) mengembangkan keterampilan-keterampilan sosial yang tepat, (3) belajar menghindari konflik dengan teman, dan (4) belajar memahami perasaan orang lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bidang Isi Layanan Bimbingan dan Konseling"

Post a Comment