Contoh Soal Literasi Sains Tipe AKMI/AKM/PISA Materi Tekanan Zat Padat - Berbagi Ilmu

Berbagi Ilmu

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...
Wooow...

Contoh Soal Literasi Sains Tipe AKMI/AKM/PISA Materi Tekanan Zat Padat

    Stimulus

Percobaan Tekanan Zat Padat

Zainal dan temannya akan melakukan penyelidikan tentang tekanan pada zat padat. Untuk tujuan itu, mereka harus menyiapkan beberapa bahan dan alat yang sudah disediakan pak Ahmad diantaranya:

(1). uang logam,

(2). plastisin,

(3). beban 200 gram,

(4). beban 500 gram,

Soal PG

1. Berdasarkan teks “Percobaan Tekanan Zat Padat” Hipotesis atau pertanyaan sementara yang tepat diajukan oleh Zainal dan temannya adalah...

A. Wujud benda memengaruhi besar tekanan zat padat.

B. Energi memengaruhi besar tekanan zat padat.

C. Tekanan zat padat dipengaruhi oleh kekerasan benda.

D. Massa benda memengaruhi besar tekanan zat padat.

Kunci: D

2. Berdasarkan teks “Percobaan Tekanan Zat Padat”, untuk mengetahui pengaruh luas permukaan terhadap besarnya tekanan zat padat, maka prosedur berikut yang benar adalah...

A. Uang logam diletakkan di atas plastisin secara vertikal dan diberi beban 200 gram kemudian uang logam diletakkan secara horizontal dan diberi beban 500 gram.

B. Uang logam diletakkan di atas plastisin secara vertikal dan diberi beban 200 gram kemudian uang logam diletakkan secara horizontal dan diberi beban 200 gram.

C. Uang logam diletakkan di atas plastisin secara vertikal dan diberi beban 200 gram kemudian uang logam diletakkan secara vertikal dan diberi beban 500 gram.

D. Uang logam diletakkan di atas plastisin secara horizontal dan diberi beban 200 gram kemudian uang logam diletakkan secara horizontal dan diberi beban 500 gram.

Kunci: B

untuk mengetahui pengaruh luas permukaan terhadap besarnya tekanan, maka posisi benda diubah-ubah yaitu: vertikal dan horizontal. Sementara massa atau berat benda dibuat tetap. luas permukaan yang berubah-ubah kita sebut sebagai variabel bebas, massa/berat benda yang dibuat tetap kita sebut variabel kontrol, dan tekanan kita sebut sebagai variabel terikat


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Contoh Soal Literasi Sains Tipe AKMI/AKM/PISA Materi Tekanan Zat Padat"