Kisi-Kisi Soal Ujian Madrasah (UM) Mata Pelajaran PAI Jenjang MI Tahun 2022 - Berbagi Ilmu

Berbagi Ilmu

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...
Wooow...

Kisi-Kisi Soal Ujian Madrasah (UM) Mata Pelajaran PAI Jenjang MI Tahun 2022

 


Dalam  rangka  meningkatkan  kualitas  penyelenggaraan  penilaian  hasil  belajar  pada  akhir jenjang pendidikan di madrasah dalam bentuk Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2021/2022, Direktorat  KSKK  Madrasah,  Direktorat  Jenderal  Pendidikan  Islam  Kementerian  Agama  RI  telah menyiapkan  kisi-kisi  ujian  madrasah  khususnya  mata  pelajaran  Pendidikan  Agama  Islam  dan Bahasa Arab sebagaimana terlampir.  Bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut; 
  1. Kisi-kisi  mata  pelajaran  PAI  dan  Bahasa  Arab  sebagaimana  terlampir  disusun berdasarkan KMA 183 Tahun 2019. 
  2. Kisi-kisi mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab dijadikan pedoman Guru dalam menyusun naskah  soal  UM mata pelajaran  PAI  dan  Bahasa Arab  pada jenjang  Ml,  MTs dan MA/MAK.
  3. Naskah soal  UM tidak boleh mengandung unsur SARA,  politik praktis,  bertentangan dengan Pancasila,  UUD 45,  Bhineka Tunggal lka dan NKRI.
  4. Penyusunan soal  UM wajib  memperhatikan  prinsip utama  pembelajaran  pada  Masa Pandemi,  yaitu  keselamatan dan keamanan  seluruh warga  madrasah dari  ancaman penyebaran  COVID-19.  Dengan  demikian soal UM agar disajikan  secara proporsional dan mampu memancing munculnya kompetensi yang akan diukur, namun tidak sampai menimbulkan  tersitanya banyak waktu dan  kelelahan siswa yang berlebihan. Kesempatan siswa untuk menjaga kebugaran dan kesehatan wajib menjadi  perhatian semua pihak.
  5. Jumlah soal ditetapkan oleh masing-masing madrasah sesuai proporsi yang diperlukan untuk mengukur kompetensi siswa.
  6. Sesuai dengan POS UM Tahun Pelajaran  2021/2022,  pada masa Pandemi  Covid-19 maka madrasah dapat memilih salah satu dan/atau beberapa bentuk ujian sesuai kompetensi  yang  dinilai.  Bentuk  ujian  dimaksud  antara  lain  portofolio,  penugasan, praktek, tes tertulis dan atau bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah sesuai dengan kondisi  masing-masing madrasah/daerah.  Khusus bentuk portofolio,  bukan bermakna dibuat ujian  portofolio,  namun  dalam  kondisi  yang sangat darurat di  masa pandemi sehingga tidak memungkinkan  dilakukan  pelaksanaan  bentuk ujian  yang lazim,  maka madrasah diberi peluang melakukan  penilaian berdasarkan  portofolio pekerjaan  siswa yang sudah ada sebelumnya selama siswa belajar.
  7. Kondisi   sangat   darurat   sebagimana   dimaksud   dalam   poin   6   (enam)   di   atas mendapatkan rekomendasi dari  Kantor Kemenag  Kabupaten/Kota setelah sebelumnya dilakukan verifikasi oleh Pengawas yang ditugasi oleh Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
Berikut ini adalah kisi-kisi Ujian Madrasah (UM) untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab Untuk Jenjang MI tahun 2022: 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisi-Kisi Soal Ujian Madrasah (UM) Mata Pelajaran PAI Jenjang MI Tahun 2022"

Posting Komentar