Awas! Minum Banyak Air Membunuhmu - Berbagi Ilmu

Berbagi Ilmu

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...
Wooow...

Awas! Minum Banyak Air Membunuhmu

Banyak pakar kesehatan menganjurkan agar kita banyak mengonsumsi air putih. hal ini harus dilakukan agar cairan tubuh tetap seimbang. Tapi jumlah yang direkomendasikan adalah enam sampai delapan gelas per hari, kira-kira 200 mililiter (ml). Namun, mengonsumsi terlalu banyak air juga tidak baik untuk kesehatan bahkan bagi jiwa Anda. Benarkah?

Kebanyakan mengonsumsi air dapat menyebabkan hiponatremia. Hiponatremia atau keracunan air terjadi ketika tubuh mendapatkan air terlalu banyak, sehingga menyebabkan kadar natrium dalam darah menurun ke tingkat berbahaya. Kasus ini sering terjadi akibat banyak minum saat berolahraga.

"Penelitian menunjukkan bahwa selama latihan, masalah biasanya disebabkan ketika Anda minum terlalu banyak air," kata Dr Stephen Mears dari School of Sport, Exercise and Health Sciences di University of Loughborough kepda WebMD, seperti dilansir dari Metro.

Itulah mengapa islam melarang umatnya berlebih-lebihan dalam setiap hal. Allah SWT mengingatkan hamba-Nya dari perbuatan tersebut :

Wahai abak adam, pakailah pakaianmu yang indah disetiap memasuki mesjid. makan dan minumlah, dan janganlah berlebihan, karena sesungguhnya ALLAH SWT tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan" . (QS. Al A`raaf : 31)

Dari Ibnu `Abbas radhiallahu `anhu bahwa dia berkata : “Makanlah apa yang kamu inginkan, dan pakailah apa yang kamu inginkan, selagi tidak menimpa kamu dua perkara, yaitu sikap berlebih-lebihan dan sombong”.

Anda mungkin mengira bahwa minum banyak air saat olahraga adalah ide yang bagus, tetapi tahukah Anda bahwa saat berkeringat tingkat natrium dalam tubuh Anda menurun, dan minum banyak air justru semakin menurunkan natrium dalam darah.

Adapun gejala hiponatremia mirip dengan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Menurut Mayo Clinic, gejala hiponatremia, seperti mual dan muntah, sakit kepala, bingung, kehilangan energi dan mengalami kelelahan, gelisah dan mudah tersinggung. Selain itu, lemah otot, kejang atau kram dan koma.

Pada tahun 2014, pemain sepak bola berusia 17 tahun meninggal karena overhydration atau kelebihan cairan dalam tubuh selama latihan sepakbola. Kemudian pada tahun 2008, seorang wanita di London berusia 47 tahun yang sebelumnya sehat, meninggal karena sebab yang sama saat mendaki Grand Canyon.

Sedangkan pada tahun 2007, seorang pria berusia 22 tahun di London juga meninggal karena hiponatremia setelah maraton. Sebuah studi pada tahun 2005 menunjukkan, 13 persen pelari maraton di Boston yang diteliti menderita hiponatremia, dengan 0,6 persen mengalami kondisi kritis.

Untuk menghindari hiponatremia, kuncinya dengan minum sedikit air, tapi sering, dan jangan minum banyak air dalam satu tegukan, karena ginjal Anda hanya dapat mengeluarkan setengah liter air per jam.

Selain itu, sebaiknya hanya minum ketika Anda haus. Anda juga sebaiknya memperhatikan warna urin atau air seni Anda. Jika warna urin bening, mungkin Anda sudah minum terlalu banyak air.

Dari al Miqdam bin Ma`diy Karib radhiallahu `anhu bahwa Nabi Shollallahu `alaihi wa Sallam bersabda  yang artinya:
Tidak ada yang lebih jelek dari satu bejana yang diisi penuh oleh anak cucu Adam selain dari perut, cukuplah bagi anak cucu Adam makanan yang akan menegakkan sulbinya, kalau seandainya mau tidak mau memang harus diisi, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernafas”.

Jadi, segala yang berlebihan itu tidak baik. makan dan minumlah secukupnya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Awas! Minum Banyak Air Membunuhmu"

Posting Komentar