Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Nonton Sambil Menghafal Al-Quran? Kenapa Tidak? Gratis! Klik Gambarnya dan buktikan!

JUKNIS DAN PEDOMAN MATSAMA T.P 2020/2021

Masa Ta'aruf Siswa Madrasah atau disingkat MATSAMA merupakan kegiatan di awal pembelajaran bagi peserta didik baru di madrasah. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengenalkan sistem belajar, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah. 

Panduan Pelaksanaan MATSAMA Tahun 2020

Kegiatan MATSAMA haruslah bersifat edukatif, mampu menumbuhkan kreativitas dan inovasi kepada para peserta didik. Sehingga dalam pelaksanaannya seluruh rangkaian kegiatan MATSAMA harus memberi kesan menyenangkan kepada peserta didik baru. Selain itu MATSAMA harus berpedoman pada motto Madrasah yaitu: Madrasah Hebat Bermartabat.

Namun demikian karena tahun pelajaran 2020/2021 masih pada situasi pandemi COVID-19 maka kegiatan MATSAMA harus diatur sesuai dengan standar protokol kesehatan dan keselamatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Maka perlu disusun panduan pelaksanaan MATSAMA sebagai pedoman pelaksanaan MATSAMA di madrasah. Berikut garis besar Pedoman MATSAMA untuk tahun pelajaran 2020/2021. 

CONTOH KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DARURAT DI MASA PANDEMI COVID-19 T.P 2020/2021

Di bagian akhir bagi bapak/ibu guru yang membutuhkan file pedoman MATSAMA bisa langsung diunduh pada tautan yang telah kami sediakan.

Latar Belakang

  • Awal Proses Pembelajaran tahun ajaran baru di Madrasah akan segera dimulai dengan diawali masa orientasi dan pengenalan lingkungan Madrasah
  • Awal masuk sekolah menjadi pintu gerbang pertama dalam mengenalkan lingkungan madrasah, menggali potensi-potensi anak, menggali masa depan anak.
  • Motto Direktorat KSKK Madrasah mencetak generasi“Hebat dan Bermartabat” generasi yang cerdas secara akal, tetapi matang secara spiritual danberkarakter ke-Indonesia-an.
  • “Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) diperlukan dalam rangka menetukan keberhasilan seluruh proses pembelajaran di madrasah.
  • Seluruh rangkaian kegiatan MATSAMA bersifat edukatif, menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kepada para peserta didik sehingga memberikan pengalaman yang menyenangkan dan mencintai madrasah
  • Mengacu kepada Permendikbud nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru

Tujuan

  1. Mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter khusus madrasah kepada para peserta didik baru, agar selama proses pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan nyaman untuk mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuannya.
  2. Menumbuhkan kultur dan jiwa bangga kepada para peserta didik baru untuk belajar dan mencintai serta menjaga nama baik almamaternya..
  3. Menanamkan dan memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan karakterk e-Indonesia-an kepada para peserta didik

WAKTU PELAKSANAAN

Waktu pelaksanaan MATSAMA adalah pada minggu pertama awal tahun pelajaran pada saat masuk sekolah dan jam pelajaran atau mengikuti/menyesuaian kondisi madrasah.
Sementara pengecualian terhadap jangka waktu pelaksanaan MATSAMA kepada madrasah berasrama, dapat terlebih dahulu melaporkan kepada kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota atau Kanwil Kementerian Agama Provinsi sesuai dengan kewenangannya

TANGGUNGJAWAB PELAKSANAAN

  1. Kepala Madrasah bertanggungjawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam MATSAMA
  2. Perencanaan kegiatan MATSAMA disampaikan oleh madrasah kepada orang tua/wali pada saat lapor diri sebagai peserta didik baru atau disesuaikan dengan kondisi wilayah masing-masing
  3. MATSAMA wajib berisi kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan

KETENTUAN (DESAIN) PELAKSANAAN

Persiapan

  1. Pembekalan para mentor/pendamping MATSAMA (secara daring)
  2. Arahan dari Direktorat KSKK Madrasah/Kanwil Kementerian Agama Provinsi/Kantor Kementerian Agama Kab/Kota    
Pelaksanaan

  1. Melalui tatap muka: bagiMadrasah danpesertadidikyang beradadi “zonahijau” ataubebasCovid-19 berdasarkaninformasi/ketentuanpemerintah
  2. Melalui Virtual atau Penugasan: bagiMadrasah ataupesertadidikyang beradadi wilayah“zonamerahdankuning” Covid-19 danmemilikiaksesjaringaninternet
  3. Pendampingan: bagiMadrasah ataupesertadidikyang beradadi “zonamerahdankuning” tetapitidakadaatauminim aksesjaringaninternet.
Evaluasi
Evaluasi dilakukan melalui google form atau secara daring, baik dari sisi pelaksanaan,  baik dari sisi pelaksanaan, pendamping/mentor dan para peserta didik baru pendamping/mentor dan para peserta didik baru

Materi Umum




Materi Khusus

Mengikuti kebijakan masing-masing wilayah dan madrasah sesuai dengan pengembangan kekhususan dan keunikan madrasah. Antara lain :
  1. Program Robotik di madrasah
  2. Program Riset di madrasah
  3. Program Keterampilan di madrasah
  4. Lain-lainnya

DESAIN ACARA









Demikian garis besar isi panduan MATSAMA tahun 2020. Bagi yang membutuhkan file panduannya silakan unduh pada taun berikut disini



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JUKNIS DAN PEDOMAN MATSAMA T.P 2020/2021"

Posting Komentar