Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Hubungan Mobil Offroad dan Kasur

Sebuah pertanyaan mungkin akan Sahabat lontarkan saat membaca judul tulisan ini, apa hubungannya mobil Offroad dan Kasur? Sekilas tentu Anda akan menjawab tidak ada hubungan. Mobil offroad adalah jenis kendaraan sementara kasur biasa digunakan untuk tidur. Tapi jika kita melihat konsep fisika yang mendasari pembuatan keduanya maka kita akan melihat ada persamaan konsep. Konsep  yang mendasari keduanya diantaranya adalah konsep tekanan.


Salah satu ciri utama mobil offroad adalah bentuk ban yang lebar dan memiliki tonjolan-tonjolan besar (Gambar 4.47). Bentuk ban yang lebar menyebabkan luas permukaan ban menjadi besar. Luas kontak antara ban dengan jalan menjadi besar. Karena tekanan berbanding terbalik dengan luas kontak, maka tekanan yang dilakukan ban mobil offroad dengan tanah tidak terlampau besar. Akibatnya, ketika melewati jalan yang lembek seperti jalan berlumpur, ban mobil offroad tidak mudah menyusup ke dalam tanah. Tekanan yang kecil menyebabkan ban mobil offroad dapat tetap berada di permukaan tanah. Kalaupun menyusup ke dalam tanah, susupannya tidak terlalu dalam. Tonjolan-tonjolan yang besar menyebabkan gaya gesekan antara ban mobil dengan jalan menjadi besar sehingga mobil tidak mudah selip.




Tidur di kasur terasa jauh lebih nyaman daripada tidur di atas lantai atau alas yang datar dan keras. Ketika tidur di kasur atau spring bed, hampir semua sisi bawah tubuh bersentuhan dengan kasur (kasur melengkung mengikuti lekukan tubuh) (Gambar 4.46). Permukaan kontak antara tubuh dengan kasur menjadi besar. Tekanan yang dirasakan tubuh menjadi kecil.
Sebaliknya, ketika tidur di atas lantai datar dan keras maka hanya sebagian kecil permukaan tubuh yang bersentuhan dengan lantai (hanya bagian tubuh yang menonjol ke bawah) (Gambar 4.48). Permukaan kontak antara tubuh dengan lantai menjadi kecil. Tekanan yang dirasakan bagian tubuh yang bersentuhan dengan lantai sangat besar sehingga bagian tersebut merasa sakit.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hubungan Mobil Offroad dan Kasur"

Post a Comment