Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Batik Keren Murah Kualitas Terjamin

Mengapa Batu kerikil diletakan pada Rel Kereta Api


Mungkin sebagian dari Anda pernah naik kereta api atau berjalan di dekat rel kereta api. Coba Anda amati rel kereta api. Anda lihat bahwa di sekitar Rel kereta api tersebut diletakkan batu kerikil bukan? Mengapa harus batu kerikil tidak benda lain? Apa guna batu kerikil tersebut?

Gambar. Rel kereta api ditempatkan di atas kerikil atau pecahan batu kecil-kecil. Guna kerikil adalah meredam getaran rel. Saat kereta lewat, rel bergetar. Setelah kereta melintas, getaran rel harus segera berhenti agar rel tidak bengkok permanen (beritakalimantan.co). 

Pada peristiwa tertentu getaran yang berlangsung lama dan terus-menerus akan menimbulkan masalah. Untuk mengatasi masalah yang timbul maka diperlukan peredam getaran atau osilasi.



Guna peredam adalah membuang energi osilasi sehingga osilasi segera hilang setelah beberapa saat. Peredam dapat berupa benda yang bergerak maju mundur dalam wadah berisi bubuk atau zat cair kental. Ketika terjadi osilasi maka benda dalam bubuk atau cairan tersebut ikut berosilasi. Gesekan dengan bubuk atau caran menyebabkan hilangnya energi osilasi menjadi panas. Akibatnya, amplitudo iosilasi makin lama makin kecil dan akhirnya hilang. Gambar 7.18 adalah simpangan osilasi tanpa dan dengan adanya peredam.

Batu kerikil adalah peredam getaran rel. Ketika kereta lewat maka rel bergetar. Getaran rel harus segera dihentikan agar tidak terjadi pembengkokan permanen atau tidak memperlonggar baut pengikat rel. Caranya adalah energi getaranan rel harus segera dibuang. Bahan yang cukup efektif dan murah untuk menyerap energi getaran rel adalah kerikil. Getaran rel menyebabkan kerikil yang bersentuhan dengan rel ikut bergetar. Getaran tersebut menyebabkan tumbukan antar kerikil sehingga timbul panas. Ini berarti energi getaran rel berubah menjadi panas. Akibatnya amplitudo getaran rel makin kecil dan akhirnya rel berhenti bergetar.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Batu kerikil diletakan pada Rel Kereta Api"

Post a Comment