Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Batik Keren Murah Kualitas Terjamin

PANDUAN TES CPNS CAT ONLINE 2016


Kepastian tentang adanya penerimaan CPNS untuk Pelamar Umum tahun 2016 belum secara resmi diumumkan Kementerian PANRB. Tapi sinyal-sinyal kebenaran informasi ini telah banyak diungkap media massa dari mulai Juklak dari beberapa Kementerian yang sudah dipublikasikan, materi sosialisasi penerimaan CPNS tahun 2016 sampai pernyataan MenPANRB sendiri. 
Terakhir kali penerimaan CPNS jalur Umum untuk kementerian/Lembaga/Daerah dilaksanakan serentak pada tahun 2010. Adapun format pelaksanaannya masih menggunaka sistem Tes menggunakan LJK (Lembar Jawaban Kerja). Lalu bagaimana dengan format pelaksanaan tes penerimaan CPNS tahun 2016? Jika merujuk pada Materi sosialisasi penerimaan CPNS 2016 jalur umum serta nilai yang diusung pemerintah yaitu Menjaga proses pendaftaran CPNS yang terintegrasi, sehingga proses pendaftaran CPNS dapat lebih transparan dan objektif Juga meningkatkan public trust dalam proses rekruitmen PNS serta peningkatan effisiensi dan efektifitas, maka bisa dipastikan pelaksanaan tes CPNS tahun ini menggunakan sistem CAT ( Computer Asisted Test). 
Bagi Anda yang belum pernah mengikuti tes berbasis komputer apalagi kurang begitu akrab dengan komputer mungkin akan muncul kekhawatiran terkait bagaimana proses pelaksanaannya. Jangan khawatir pemerintah sendiri sudah menyediakan layanan simulasi Tes CPNS berbasis CAT melalui website resmi pemerintah yaitu Simulasi CAT Online dengan alamat http://sc.menpan.go.id. Anda bisa mengklik alamat tersebut kemudian bisa berlatih dan membiasakan diri dengan tes berbasis CAT online.
Sebenarnya banyak website yang menawarkan simulasi tes CPNS online, tapi saya sendiri lebih merekomendasikan Anda untuk menggunakan website resmi dari pemerintah. Kalau sekedar untuk menambah pembendaharaan soal atau menambah wawasan Anda bisa mengunjungi website lain yang menawarkan simulasi CAT.
Nah bagi Anda yang ingin mencoba berlatih mengerjakan soal Tes CPNS berbasis CAT online di website resmi pemerinta di alamat http://sc.menpan.go.id. Saya tawarkan diri untuk membantu Anda memandu proses registrasi sampai pengerjaan soal.
Karena Simulasi ini dibuat unntuk membiasakan diri calon peserta tes CPNS dengan tes CPNS berbasis CAT yang sesungguhnya, maka prosesnya pun dibuat mirip dengan tes CPNS sesungguhnya. Baiklah langsung saja kita mulai langkah-langkahnya:

Baca: Kuota CPNS Kemenag Pelamar Umum 2016
  • Siapkan kartu KTP Anda. Kartu KTP ini nanti akan digunakan dalam proses registrasi (pendaftaran).
  • Langkah selanjutnya Anda searching di google dengan mengetikan kata Simulasi CAT online pada Search engine. Maka tampilannya kurang lebih akan seperti ini. Lalu klik alamat yang saya lingkari dengan warna merah. Atau Anda bisa klik alamat berikut untuk langsung menuju websitenya http://sc.menpan.go.id.


  • Setelah Anda mengklik alamat websitenya maka Anda akan dibawa masuk ke beranda. Tampilannya akan seperti ini. Pada bagian ini Anda akan diminta untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan password. Nah karena Anda belum memiliki passwordnya maka hal yang harus Anda akukan adalah mendaftarkan diri Anda dengan mengklik tombol DAFTAR GRATIS.

  • Setelah itu tampilan pada layar akan seperti pada gambar berikut. Lalu isikan semua data diri Anda.



Catatan:
  1. untuk pengisian password minimal 6 (enam) karakter dengan menggunakan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, dan angka misalnya saja Udinkomarudin90
  2. kemudian pada kolom verifikasi sandi ketikan ulang sandi yang Anda buat di atas yaitu Udinkomarudin90
  3. Untuk tanggal lahir isikan dengan format HH/BB/TT, misalnya Anda lahir tanggal 3 bulan Oktober tahun 1990 maka Anda ketikan 03/10/99
  4. Untuk instansi yang dilamar, Anda ketikan kata kementerian atau lembaga nanti akan muncul pilihan Anda tinggal mengklik mana yang akan Anda lamar.
  5. Jangan lupa ceklis kotak kosong disebelah kiri pernyataan Dengan ini saya menyatakan telah membaca.....
  • Jika sudah selesai semua data diisikan, klik tombol simpan, maka data Anda akan tersimpan lalu akan muncul tampilan seperti berikut. Selanjutnya klik tombol Klik disini untuk login.

  • Tampilan selanjutnya akan terlihat seperti berikut. Selanjutnya masukkan NIK dan Password yang telah Anda buat tadi pada saat registrasi lalu klik login.

  • Langkah selanjutnya Klik Tombol Mulai CAT

  • Lalu Klik Log in

  • Jika Anda akan langsung mengikuti simulasi maka klik mulai ujian, tapi jika Anda akan menundanya Anda tinggal klik batal ujian.

  • Nah, sampai disini Anda akan disajikan soal-soal latihan dengan bentuk pilihan ganda (multiple choice). Baca soalnya dengan seksama, tenang, jangan grogi. Jika Anda yakin dengan jawaban Anda maka klik pilihan Anda pada pilihan A, B, C tau D. Tapi jiga Anda belum yakin, maka Anda bisa melewati soalnya dengan mengklik lewatkan soal ini. Anda jangan khawatir lupa lagi mana soal yang sudah dijawab mana yang belum. Soal yang sudah dijawab akan berwarna hijau sementara soal yang belum dijawab akan berwarna merah pada papan indikator di bagian bawah.


Catatan:
  1. soal yang sudah dijawab bersifat permanen tidak bisa dikoreksi lagi. Jika jawaban Anda benar maka akan muncul nilai dengan poin 5 dan kelipatannya. Jika poin Anda tidak berubah berarti jawaban Anda kurang tepat.
  2. Perhatikan juga waktu yang tersedia pada bagian atas sebelah kanan. Waktu tersebut akan terus berjalan. Jadi bijaklah dalam memanfaatkan waktu.
  3. Jawaban yang salah tidak akan mengurangi poin Anda, jadi jika waktu mendesak lebih baik Anda isi pertanyaan walaupun Anda tidak yakin

  •    Jika pertanyaan sudah selesai dijawab maka simpan pekerjaan Anda. Anda akan disajikan capaian nilai per kategori TWK untuk Wawasan Kebangsaan, TIU untuk Ilmu pengetahuan umum, dan



Itulah langkah-langkah mengikuti simulasi Tes CPNS berbasis CAT, semoga bermanfaat. Saya doakan semoga Anda berhasil pada Tes CPNS sesungguhnya. Selamat berlatih dan berjuang!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PANDUAN TES CPNS CAT ONLINE 2016"

Post a Comment