Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Air Mancur Berapi-api


Masih dengan konsep tekanan udara. setelah sebelumnya saya buat postingan tentang percobaan sederhana TELUR MAKSA MASUK BOTOL dan BOTOLnya HAUS TUH! kali ini saya akan melakukan percobaan dengan judul air mancur berapi-api.

(Anda membutuhkan materi fiska SMP berupa animsi flash? Unduh Materinya di sini)

Wah judulnya agak serem. Tenang saja percobaannya tidak seseram judulnya. Kalau sudah berhubungan dengan percobaan sederhana saya pastikan Anda pasti menikmati percobaannya. Susah gak ya? Jangan khawatir percobaannya gampang, bahan-bahannya pun mudah didapat. Kita manfaatkan bahan-bahan bekas yang sudah tidak terpakai.
Aduh jadi banyak pembukaannya kapan mulai percobaannya? Ok langsung aja ya. Sebelumnya katakan terlebih dahulu sains itu asyik dan menyenangkan!

(Baca: Fisika Menjawab Berbagai Masalah)

Bahan-bahan

Baiklah apa saja bahan-bahan yang harus disediakan? Check it out!
  1. 1 (satu) buah Botol bekas selai roti;
  2. 1 (satu) buah Pipet bekas dari kaca, kalau tidak ada bisa diganti dengan bahan lain yang sejenis yang terbuat dari bahan tahan panas (tidak mudah meleleh)
  3. 1 (satu) buah lilin
  4. Lem untuk plastik atau kaca
  5. Korek api/gasoline 
  6. upss.....ada yang lupa heheheh...jangan lupa gelas berisi air penuh. Ingat diameter mulut gelas harus sama atau lebih kecil daripada diameter tutup botol selai jangan lebih besar. Loh kok begitu? Nanti Anda akan tahu alasannya kalau sudah melakukan percobaannya.


Langkah-langkah Percobaan
  • Siapkan bahan-bahan yang sudah saya sebutkan di atas
  • Lubangi tutup botol selai. Lubang dibuat di sisi tutup botol dengan diameter disesuaikan dengan diameter pipet. kemudian masukkan pipet kedalam lubang tersebut lalu dilem. 



  • Selanjutnya siapkan gelas yang sudah diisi air. Air bisa Anda beri warna sesuai dengan keinginan anda agar terkesan menarik.
  • Lalu letakkan lilin (jika lilin masih utuh, potong terlebih dahulu) di sebelah sisi yang berlawanan dengan pipet dan nyalakan. (ingat! meletakkan lilin di sebelah dalam tutup botol)
  • Langkah selanjutnya letakkan tutup botol pada mulut gelas seperti terlihat pada gambar




  • Setelah itu, dalam keadaan lilin masih menyala masukkan botol selai ke dalam tutup botol secara terbalik, kemudian putar agar botol tertutup rapat




  • Biarkan botol dan lihat lah apa yang terjadi! Tara........ air mancur pun keluar dari pipet. lihat tanda panah!

Mudah, asik dan menyenangkan kan? Saya yakin Anda bisa melakukannya

(Anda membutuhkan materi fiska SMP berupa animsi flash? Unduh Materinya di sini)

Pembahasan konsep

Kalau Anda sudah membaca percobaan sebelumnya tentang TELUR MAKSA MASUK BOTOL dan BOTOLnya HAUS TUH! saya yakin Anda sudah bisa menjelaskannya secara ilmiah tanpa harus membaca pembahasan konsep yang akan saya tulis berikut ini. Tapi jika belum, baiklah saya akan coba menjelaskannya.
Saat botol selai dimasukkan kedalam tutup botol yang sudah dipasang lilin, lama kelamaan oksigen yang berada di dalam botol berkurang. Berkurangnya oksigen menyebabkan tekanan di dalam botol selai berkurang. Berkurangnya tekanan di dalam botol akan menyebabkn perbedaan tekanan udara antara tekanan udara di dalam botol dengan tekanan udara di dalam gelas.
Perbedaan tekanan ini menyebabkan udara yang berada di dalam gelas (bertekanan tinggi) akan menekan air masuk menuju botol selai yang bertekanan renda.

Bagaimana, sudah jelas?

Mau Bermain lagi dengan sains? Tunggu percobaan-percobaan menarik lainnya di sini.



Jika postingan ini bermanfaat Anda boleh membagikannya melalui share di media sosial.
Ingin berlangganan artikel terkait, silahkan masukkan email Anda lalu klik Berlangganan/subscribe.

(Anda membutuhkan materi fiska SMP berupa animsi flash? Unduh Materinya di sini)

Baca Juga:

Membuat Dongkrak Hidrolik dari Stik Es Krim


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Air Mancur Berapi-api"

Post a Comment