Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Cara Setting HP Android Menjadi Modem Laptop Via Kabel USB

Tulisan ini saya buat terinspirasi dari kejadian tadi siang saat rekan kerja saya meminta saya mengaktifkan handphone android miliknya menjadi modem untuk notebooknya. Ternyata banyak diantara kita yang belum mengetahui fungsi android secara keseluruhan termasuk fungsi handphone berbasis android yang bisa digunakan sebagai modem atau hotspot USB pada PC kita, WiFi, atau sebagai mouse untuk PC (komputer, laptop atau notebook).

Seiring dengan perkembangan teknologi, fleksibilitas dan adaptabilitas android yang telah d dikembangkan menjadi multi fungsi membuat Smarphone Android semakin diminati. Perangkat dengan sistem operasi Android ini memang memberikan beragam fitur yang menarik. Selain itu HP Android juga dikenal memiliki koneksi internet yang sangat cepat. Rata-rata smartphone Android saat ini sudah mendukung jaringan 3G HSDPA, bahkan ada juga yang mendukung 4G LTE. Dengan kecepatan rata rata akses internet berkisar antara 7,2 Mbps hingga 42 Mbps. Bukankah akan lebih mudah apabila kita bisa memberdayakan Android yang kita miliki untuk mengakses internet melalui komputer atau laptop kita.

Sebenarnya Smartphone Android yang ada saat ini sudah disematkan fitur Hotspot WiFi untuk berbagi jaringan dengan perangkat lain baik sesama Hp Android maupun dengan Laptop. Namun bagaimana dengan merekan yang belum memiliki fitur tersebut? memang kecepatan internet dengan modem Android jauh lebih cepat dan stabil dibandingkan dengan modem biasa bahkan Hotspot Wifi. Walaupun tidak begitu signifikan Namun semua para pengguna internet tentunya selalu berharap lebih agar bisa memaksimalkan kecepatan internet yang mereka miliki untuk melakukan Browsing.

Sebenarnya ada dua cara menjadikan Hp Android Anda sebagai modem yang dapat membagikan jaringan internet pada PC atau komputer Anda. Cara pertama yaitu menggunakan Hotspot WiFi yang tersedia di perangkat Android Anda. Saya yakin ini adalah cara yang mudah jadikan smartphone Android sebagai Modem. Cara kedua menjadikan Smartphone Android sebagai  Modem Laptop Via USB atau mobile hotspot. Cara ini masih banyak yang belum bisa menggunakannya atau mensettingnya. Oleh karena itu kali ini saya akan memberikan tutorial sederhana cara penggunaan Smartphone Android menjadi Modem Laptop Via USB.

Hal-hal yang harus disiapkan:
  1. Handphone Android
  2. Kabel USB yang support dengan komputer (sebaiknya pakai USB bawaan HP)
  3. Pastikan kartu seluler Anda memiliki paket internet yang masih bisa digunakan

Adapun cara-cara atau langkahnya adalah sebagai berikut :


  1. Hubungkan ponsel android dengan perangkat PC/komputer menggunakan kabel data bawaan.
  2. Setelah terbaca oleh komputer maka akan ada notifikasi bahwa USB telah tersambung.
  3. Usap bagian atas layar HP anda ke bawah maka tampilan layar akan terlihat seperti gambar berikut. Tampilan gambar ini saya ambil dari HP Samsung Ace 4 milik saya. Hehehe....HP anda saya yakin lebih bagus dari HP murah milik saya.
  4. Aktifkan mobile data dan mobile hotspot seperti pada gambar
  5. Selanjutnya akan muncul notifikasi, lalu sentuh notifikasi Tethering or hotspot.


Jika langkah ini telah anda lakukan, maka akan muncul tampilan layar seperti gambar di samping. Jika Anda menggunakan kabel USB maka centang opsi USB tethering. Tapi jika anda menggunakan bluetooth atau nirkabel (tanpa kabel) sebagai koneksi maka pilih opsi Bluetooth tethering (Baca selengkapnya: Cara Pengaturan HP Android sebagai modem via Bluetooth)

Catatan:
keuntungan HP Android dipakai sebagai modem:

  1. Sambil internetan pakai komputer atau laptop, kita bisa sambil mencarge HP. Terutama bagi yang charger HP nya rusak seperti saya hehehehe..
  2. HP yang dijadikan modem tetap masih bisa digunakan untuk internetan. Seperti saya contohnya, saat saya menggunakan laptop ini untuk membuat tulisan ini di blog, isteri saya bisa menggunakan HP saya untuk facebookan. 

Demikianlah cara menstting HP android menjadi modem via hotspot USB semoga bermanfaat.





Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Setting HP Android Menjadi Modem Laptop Via Kabel USB"