Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Asal Muasal Hari Minggu



Sebenarnya pertanyaan ini sudah muncul jauh-jauh hari, namun baru hari ini terbersit dalam hati untuk mencoba mencari faktanya setelah keponakan saya, Faris namanya, bertanya kepada saya. “Om, kenapa hari ahad disebut hari minggu?” Bingung ditanya seperti itu, saya langsung mengambil jurus mengelak super ampuh, “sebentar ya, om tanya dulu ke om google”. Hehehee. Akhirnya setelah mencari-cari dari beberapa sumber saya temukan  beberapa referensi jawaban.

Sistem Penamaan hari yang kita kenal di Indonesia menggunakan nama-nama hari senin, selasa, rabu, kamis, jum’at, sabtu dan minggu. Walaupun sebagian ada yang menggunakan kata ahad untuk menyebut hari minggu. Kalau kita perhatikan hanya hari minggu yang ejaannya berbeda dengan hari-hari yang lainnya. Keenam hari yang disebut pertama menggunakan kata serapan dari Bahasa Arab, lalu hari minggu diserap dari bahasa apa? Mengingat ejaan arab tidak mengenal ejaan ‘ng’, mi(ng)gu.  

Enam hari yang disebut pertama selain hari minggu diserap dari bahasa arab yaitu:
  1. Senin berasal dari kata الإثنين artinya dua atau kedua
  2. Selasa berasal dari kata الثلاثاء artinya tiga atau ketiga
  3. Rabu berasal dari kata الأربعاء artinya empat atau keempat
  4. Kamis berasal dari kata الخميس artinya lima atau kelima
  5. Jum'at berasal dari kata الجمعة artinya berkumpul. Karena pada hari ini umat Islam bekumpul di Mesjid untuk melaksanakan shalat Jumat berjamaah.
  6. Sabtu berasal dari kata السبت . Awalnya saya berpikir kata sabtu (السبت) berasal dari kata sab’atun (سبعة) artinya tujuh tapi setelah dicari ternyata kata السبت berasal dari bahasa Ibrani yang artinya berhenti bekerja. Seperti halnya umat Islam yang memiliki hari jum’at sebagai hari suci, kaum Nabi Musa as juga memiliki hari suci yaitu hari sabtu. Hari sabtu dijadikan hari yang mulia dan suci bagi kaum bani Israel. Setiap hari sabtu tiba, mereka pantang untuk mengerjakan segala urusan keduniawian. Mereka hanya dianjurkan untuk, mensucikan diri, hati dan fikiran. Berdzikir serta bertahmid sebagai wujud syukur kepada Allah SWT. Mengerjakan shalat dan beramar makruf kepada sesama. mengerjakan amal kebajikan sebagaimana diperintahkan oleh agama.  Dalam al-Quran kata sabtu tertulis dalam surat al-Baqarah ayat 65

وَ لَقَدْ عَلِمْتُمُ الَّذِيْنَ اعْتَدَوْا مِنْكُمْ فِي السَّبْتِ فَقُلْنَا لَهُمْ كُوْنُوْا قِرَدَةً خَاسِئِيْنَ

Lalu diserap dari bahasa apakah kata Minggu itu?

Minggu, hari Minggu adalah hari pertama dalam satu pekan. Kata minggu diambil dari bahasa Portugis, Domingo (dari bahasa Latin dies Dominicus, yang berarti "dia do Senhor", atau "hari Tuhan kita"). Dalam bahasa Melayu yang lebih awal, kata ini dieja sebagai Dominggu. Baru sekitar akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, kata ini dieja sebagai Minggu.

Kata minggu ("m" dalam huruf kecil) berarti pekan, satuan waktu yang terdiri dari tujuh hari. Hari Minggu merupakan bagian dari akhir pekan.

Menurut International Organization for Standardization ISO 8601, hari Minggu adalah hari ketujuh dalam seminggu. Metode untuk merepresentasikan penanggalan dan waktu ini telah digunakan sejak 1988.

Bagi umat Kristen, hari Minggu identik dengan Hari Tuhan dan hari kebangkitan, selain hari peristirahatan dan hari untuk beribadah. Hal ini bersumber dari tradisi Sabat atau hari perhentian bagi orang Yahudi yang jatuh pada hari ketujuh (Sabtu). Hari peristirahatan tersebut bergeser pada hari pertama sejak peristiwa Kebangkitan Yesus yang terjadi pada hari pertama (hari Paskah), sehingga seiring berjalannya waktu, gereja mula-mula memperingati hari Minggu sebagai hari perhentian bagi orang Kristen sekaligus hari peringatan akan kebangkitan Yesus.

Pada tanggal 7 Maret 321, Kaisar Konstantinus I, menetapkan hari Minggu sebagai hari peristirahatan bangsa Romawi. Para reformator gereja, Luther dan Calvin memandang hari Minggu sebagai institusi sipil yang dibuat oleh manusia, yang menyediakan waktu bagi manusia untuk beristirahat dan beribadah.

Nama lain hari Minggu adalah Ahad yang berarti satu dan diambil dari bahasa Arab (bahasa Ibrani: eḥāḏ, bahasa Arab: الأحـد ahad). Dalam bahasa Arab kata ini berarti "satu" atau "pertama".

Nah, sudah cukup jelaskan dari mana asal muasal kata minggu? 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal Muasal Hari Minggu"

Post a Comment