Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Nonton Sambil Menghafal Al-Quran? Kenapa Tidak? Gratis! Klik Gambarnya dan buktikan!

Pembahasan Soal SKI Kelas VII KMA 183 2019 Bab I NABI MUHAMMAD SAW. SEBAGAI RAHMAT BAGI SELURUH ALAM SEMESTA

 


Pilihan Ganda

1. Masa sebelum kedatangan Islam masyarakat Arab, dikenal dengan masa: 
    a. Jahiliyah 
    b. jahannam 
    c. Peradaban 
    d. keemasan 
Pembahasan: A
Masyarakat Makkah pada masa sebelum kedatangan Islam banyak melakuan penyimpangan ajaran-ajaran tauhid yang telah di ajarkan oleh Nabi Ibrahim dan diteruskan oleh Nabi islmail. Saat itulah dikenal sebagai masa Jahiliyah. Jahilyah bukan berarti mereka bodoh dari keilmuannya, namun mereka bodoh dari keimanan Allah Swt seperti tuntunan yang sudah diajarkan oleh Nabi Ibrahim.

2. Agama Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw adalah rahmatal lil alamin,
    artinya.................... 
    a. Islam hanya untuk orang Arab 
    b. Islam hanya untuk orang Quraisy 
    c. Islam untuk semua umat dan makhluk. 
    d. Islam untuk keluarga Nabi Muhamad 
Pembahasan: C
Agama Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw adalah rahmatal lil alamin yang artinya bahwa islah itu hadir sbagai rahmat bagi seluruh alam 

3. Nabi Muhammad Saw lahir pada tanggal...... 
    a. 12 Syawal 
    b. 12 Rajab 
    c. 12 Rabiul awal 
    d. 12 sya’ban 
Pembahasan: C
Nabi Muhammad Saw lahir pada tanggal 12 Rabiul awal dan sering diperingati sebagai peringatan maulid nabi.

4. Agama yang diikuti bangsa Arab Yaman sebelum Islam adalah 
    a. Yahudi      b. Majusi      c. Nasrani      d. Shabaiyah 
Pembahasan: B
Disamping kepercayaan terhadap penyembahan berhala, menurut Lapidus dan al Mubarakfury, terdapat agama lain yang juga dianut masyarakat Arab, seperti agama Yahudi, Nasrani, Majusi, dan Saba’i.
 
Agama yahudi dibawa oleh bangsa Yahudi yang melakukan eksodus besar-besaran pada tahun 578 SM ke wilayah selatan dari Kanaan di Palestina, ke Khaibar dan wilayah Hijaz, karena saat itu bangsa Yahudi di jajah bangsa Romawi. Di Hijaz, mereka menetap di Yasrib dan Taima. Melalui merekalah agama Yahudi menyebar di Arab. Ada beberapa suku Yahudi yang berpengaruh saat permulaan Islam, seperti Khaibar, Nadlir, Musthaliq, Qurazhah, Qainuqa dan Bani Gathfan. 

Menurut Hassan Ibrahim Hassan, Agama Nasrani Masuk ke Arab sekitar tahun 340 M. Saat invasi bangsa Romawi dan Habasyah (Ethiopia). Meskipun tidak mengalami kesuksesan dalam penyebaranya. Para pemeluk agama Nasrani adalah penduduk Ghassan, bani Taghlib dan Bani Tha’.i 

Sementara agama Majusi, menurut Rizqullah, banyak dianut masyarakat Arab yang tinggal di sekitar Persia, seperti Irak, Bahrain, Hajar dan beberapa wilayah sekitar pantai teluk Arab. Saat Yaman masuk berada di bawah kekuasaan Persia, agama Majusi juga pernah dianut oleh masyarakat Yaman dan Arab selatan. 

Sedangkan agama Shabi’i, yang pemeluknya menyembah bintang-bintang, planet-planet dan matahari banyak berkembang dan dianut oleh penduduk Bani Kildan al-Kildaniyyun, yang merupakan bagian dari suku bangsa Arab yang berdiam di Syam dan Yaman. Tetapi setelah datangnya Yahudi dan Nasrani, para penganut agama ini berbaur dengan penduduk beragama yahudi dan Nasrani. Menurut Shafiyyurrahman, mereka tidak kelihatan lagi bahkan mengalami kehancuran.  

Selain kepercayaan terhadap berhala dan agama-agama tersebut, masyarakat Arab juga ada yang menyembah malaikat dan menyembah jin. Mereka menganggap, malaikat adalah anak-anak Tuhan yang berjenis kelamin perempuan, seperti di tegaskan dalam Al-Quran surat al-Saffat ayat 151-157. 

5. Perhatikan tabel berikut! 

No

Keadaan masyarakat Arab sebelum datang Islam

1

Menyembah berhala yang diletakkan di sekitar ka’bah sebanyak 360 berhala

2

Gemar minum minuman khamr, mabuk, berzinah dan merampok, kedudukan perempuan lebih rendah dan adanya perbudakan

3

Memperaktekkan riba dan menjual barang dengan harga tinggi untuk mendapatkan keuntungan besar

4

Sangat suka berperang meski perang antar suku.

Dari tabel diatas adalah bukti kejahiliaan (kebodohan) dan kebobrokan bangsa Arab diberbagai aspek, kebodohan dalam aspek politik bisa terlihat dari nomor........ 
     a. 1              b. 2             c. 3           d. 4 
Pembahasan: D
Kondisi politik jazirah Arab terpengaruhi oleh dua hal, yaitu interaksi dunia Arab dengan kekaisaran Byzantium dan Persia. Kedua, persaingan antara Yahudi dan Zoroaster. 
Kekaisaran Byzantum atau disebut juga Kekaisaran Romawi Timur ini berpusat di ibu kota Konstantinopel, dan di kuasai oleh kaisar-kaisar yang merupakan pengganti kaisar romawi kuno setelah runtuhnya kekaisaran Romawi Barat. 
Pada abad ke 7 imperium ini telah meliputi Asia kecil, Siria, Mesir dan sebagian daerah Italia, serta sejumlah wilayah pesisir Afrika. Sedangkan Kekaisaran Persia adalah kekasiaran Persia Pra-Islam terahir dipimpin oleh Dinasti Sassania (sasanid) mempunyai wilayah Iran, Irak, Armenia, Afganistan, Turki Bagian Timur, dan sebagian India, Suriah, Pakistan, Kaukasia, Asia tengah dan Arabia. 
Bangsa arab terdiri dari beberapa suku yang sangat fanatik yang berlebihan dan loyal pada pemimpin suku. Tidak jarang, peperangan terjadi antar suku. Seperti perang fujjar yang terjadi 15 tahun sebelum Rasul di utus. Perang Fujjar merupakan perang saudara yang terjadi beberapa kali. Pertama perang antara suku Kinanah dan Hawazan, kemudian suku Quraisy dan Hawazan serta suku Kinanah dan hawazan lagi.

6. Melihat dari tabel no 5, kebodohan dan kebobrokan dalam aspek agama bisa terlihat dari nomor........     a. 1              b. 2              c. 3          d. 4
Pembahasan: A
Masyarakat kota Makkah sebelum mereka menyembah berhala dan batu batuan adalah masyarakat penganut ajaran tauhid yang di bawa oleh Nabi Ibrahim as. Yaitu agama yang mengajarkan untuk menyembah hanya kepada Allah Swt, Tuhan yang Maha Esa. 
Setelah Nabi Ismail wafat maka terjadi keterputusanya risalah yang ahirnya mereka menyembah selain Allah Swt. Proses perpindahan kepercayaan ini bermula ketika salah satu pembesar suku Khuza’ah bernama Amir bin Lu’ay al-Khuzai pergi kesyam (Syiria). Di kota itu dia melihat penduduk kota Syam melakukan Ibadah dengan menyembah berhala. Melihat tata cara peribadatan yang berbeda dengan mereka dan masyarakat Makkah pada umumnya, maka Amir tertarik untuk mempelajari dan memperaktikkanya. Untuk keperluan ibadah tersebut amr bin Lu’ay meminta sebuah berhala dari suku Amaliqah sebagai kenang-kenangan dan akan dijadikan alat perantara dalam peribadatan masyarakat Makkah guna mendekatkan diri pada Tuhannya. 
Berhala yang di bawa Amr di beri nama Hubal dan diletakkan di Ka’bah. Berhala hubal ini menjadi pimpinan berhala lainya seperti Latta, Uzza dan Manna. Amr bin Lu’ay mengajarkan kepada masyarakat Makkah tentang tata cara menyembah berhala, sebagaimana dia belajar di Syam. Sehingga masyarakat menyakini bahwa berhala adalah perantara untuk mendekatkkan diri pada tuhanya. Selain berhala-berhala tersebut, mereka juga membuat berhala-berhala lainnya hingga mencapai 360 berhala yang diletakkan mengelilingi Kakbah. Dan mulailah kepercayaan masuk ke masyarakat Makkah dan kota Makkah menjadi pusat penyembahan berhala. 
 
7. Berikut ini adalah berhala besar yang disembah masyarakat arab, kecuali..... 
    a. Latta        b. Uzza        c. Shabaiyah      d. Manat 
Pembahasan: C
Diantara pimpinan berhala yang dipercaya oleh kaum quraisy adalah Hubal, Latta, Uzza dan Mannat

8. Disaat Nabi Muhammad di ajak ibunya berkunjung ke keluarga ayahnya di Madinah, di tengah                perjalanan pulang ibu beliau meninggal dan kubur di sebuah tempat yang bernama........ 
    a. Marwa     b. Ma’la      c. Mina               d. Abwa 
Pembahasan:
Ketika Muhammad berusia enam tahun, ibunya tercinta, Aminah binti Wahab meninggal, dimakamkan di Abwa. Ketika ia dalam perjalanan pulang bersama Muhammad dan ditemani oleh Ummu Aiman menuju Makkah setelah mengunjungi paman-pamnya dari Bani Adiy bin Najjar di Madinah.

9. Kakek Nabi yang merawat disaat ayah dan ibunya sudah tiada adalah....... 
    a. Abu Thalib      b. Abdul Muthallib      c. Hamzah      d. Abu Lahab 
Pembahasan: B
Abdul Muthallib 

10. Saat Nabi Muhammad masih muda, bekerja mengembala kambing milik ...... 
    a. orang Makkah 
    b. Orang madinah 
    c. Orang syam 
    d. Orang taif 
Pembahasan: A
Dalam usia muda muda Muhammad hidup sebagai pengembala kambing keluarganya dan kambing penduduk Makkah. Melalui kegiatan pengembalaan ini dia menemukan tempat untuk berfikir dan merenung. Dalam suasana demikian, dia ingin melihat sesuatu dibalik semuanya. Pemikiran dan perenungan ini membuatnya jauh dari segala pemikiran nafsu duniawi, sehingga terhindar dari berbagai macam noda yang dapat merusak namnaya, karena itu sejak muda dijuluki al-amin, orang yang terpercaya. 

11. Berikut ini adalah tokoh Quraisy yang suka menyembah berhala, kecuali.... 
      a. umayyah bin shalt 
      b. Abu Lahab
      c. Abdullah bin Jahsi 
      d. Waraqah bin Naufal
Pembahasan: D
Setelah menerima wahyu pertama maka Muhammad pulang ke rumahnya, maka beliau menceritakan apa yang baru dialaminya kepada istrinya Khadijah. Sambil badannya menggigil meminta untuk diselimuti. Nabi berkata: “selimutilah aku” supaya hilang kegemetaranya. Setelah mereda, Khadijah mengajak Muhammad Saw. Pergi ke rumah Waraqah bin Naufal, anak pamannya yang telah memeluk agama Nasrani di zaman jahiliyah. Ia ahli kitab dia menulis kitab berbahasa ibrani dan menulis injil kedalam bahasa ibrani, saat itu waraqah sudah tua renta dan buta. Setelah Khadijah menceritakan tentang apa yang menimpa suaminya, Waraqah berkata, “demi Tuhan yang menguasai jiwaku dalam genggamanya, sungguh engkau adalah Nabi umat ini. Telah datang kepadamu Namus (Malaikat Jibril) yang pernah datang kepada Nabi Musa. Sungguh kaummu akan mendustakanmu, mengganggu dan mengusirmu.
Tidak seperti yang lainnya, Waraqah bin Naufal adalah seorang ahli kitab yang tidak menyembah berhala.

12. Selain Ibunya ada Perempuan yang turut andil untuk menyusui Nabi, dia adalah........ 
      a. hindun 
      b. Khadijah 
      c. Halimatusa'diyah 
      d. alqomah 
Pembahasan: C
Dalam awal perkembangannya Muhammad disusui dan dibesarkan oleh ibu kandungnya sendiri; Aminah binti Wahab. Setelah itu Muhammad disususi oleh Tsuaibah Aslamiah yang merupakan budak pamannya Abu Lahab. Setelah itu Muhammad kecil sususi oleh Halimah binti Abi Dzuaib As sa’diyah, istri al-Harits bin Abd al’Uzza. 

13. Perempuan yang pertama memeluk Islam dari keluarga dekat Nabi adalah .... .............. 
      a. Fatimah 
      b. Khodijah 
      c. Aisyah 
      d. Aminah 
Pembahasan: B
Pada masa periode awal ini, kerabat Nabi yang menerima dakwahnya antara lain istrinya, Siti Khadijah, sebagai wanita pertama yang masuk Islam. Lalu sepupunya, Ali bin Abi Thalib, sebagai orang yang pertama masuk Islam dari Anak. Budaknya, Zaid bin Haritsah, sebagai orang pertama masuk Islam dari hamba sahaya. Dan shahabatnya, Abu Bakar Shiddiq, sebagai orang yang pertama masuk Islam dari laki-laki dewasa. 

14. Orang yang pertama memeluk Islam dari golongan anak-anak adalah....... 
      a. Hasan     b. Husain      c. Ali bin abi thalib     d. utsman 
Pembahasan: C
Lihat pembahasan nomor 13

15. Julukan Yang diberikan Masyarakat Quraisy kepada Nabi Muhammad adalah...... 
     a. al amin 
     b. Al-Wafi 
     c. Ash-Shiddiq 
     d. As-Syuja’ 
Pembahasan: A
Nabi Muhammad Saw sudah terkenal dengan sebutan: Al Amin sebelum diangkat jadi Nabi dan Rasul. Masyarakat Quraisy sudah mengakui kebaikan dan kejujuran Nabi Muhammad Saw. Sehingga ketika Nabi Muhammad Saw diangkat jadi Nabi dan Rosul, semua orang tidak bisa menolak akan kebenaran dakwanya. Tapi karena kesombongan dan keangkuhan menjadikan masyarakat Quraisy menolak dakwahnya.

16. Strategi dakwah Nabi Muhammad di Makkah ada sirri dan jahr, Nabi menjalankan dakwah secara         jahr setelah turun surat al-Hijr ayat 94, Nabi pertama kali dakwah terang-terangan dengan                      mengumpulkan orang banyak di bukit..... 
     a. Sofa      b. Marwa      c. Mina      d. Uhud 
Pembahasan:
Setelah turun ayat surat al-Hijr ayat 94, Nabi Muhammad Saw berdakwah secara terang-terangan ke seluruh lapisan masyarakat, baik golongan bangsawan maupun budak serta negeri-negeri lain. Dakwah secara terang-terangan dilakukan pertama kali di Bukit Shafa. Ketika itu, pamannya, Abu Lahab sangat menentang keras dakwah Nabi. Peristiwa tersebut diabadikan dengan surat Al Lahab.

17. Dakwah Nabi secara sirr (rahasia) berlangsung selama..... 
      a. 1 th      b. 2 th      c. 3 th      d. 5 th 
Pembahasan: C
Dakwah Nabi secara sembunyi-sembunyi ini berlangsung selama 3 tahun. Beliau berjuang keras tanpa mengenal lelah, meski banyak ejekan dan gangguan yang dijukan kepadanya dan para sahabatnya. Dakwah secara sembunyi-sembunyi ini berahir ketika  turunlah perintah untuk berdakwah secara terang-terangan. Firman Allah surat Al Hijr 94 yang memerintahkan berdakwah secara terang-terangan.
 
18. Ketika usia Nabi Muhammad genap 12 tahun beliau diajak abu thalib ikut rombongan berniaga             dengan tujuan Syam, tapi di tengah perjalanan Abu Thalib di sarankan pulang oleh seorang pendeta.      Pendeta itu adalah...... 
     a. Buhaira      b. Paulus      c. Frankiskus      d. Maryam 
Pembahasan: A
Menurut al-Khudhari mengatakan bahwa ketika Muhammad berusia 12 tahun beliau bersama  pamannya, Abu Thalib melakukan perjalanan ke Syam untuk berdagang bersama rombongan kafilah para saudagar dari Makkah. Setibanya di Bashrah di awasi oleh seorang pendeta yang dikenal dengan Buhaira, meski nama sebenarnya adalah Jirjis (george). Setelah rombongan Abu Thalib berhenti dan beristirahat, Buhaira menemui mereka layaknya menyambut tamu.  Setelah itu, ia menjelaskan kepada Abu Thalib bahwa anak ini kan menjadi utusan Allah. Buhaira mengenalinya dari sifat-sifat kenabian pada diri Muhammad yang ia lihatnya dalam kitab-kitab suci mereka. Setelah itu, Buhaira menyarankan kepada Abu Thalib agar membawa pulang kembali anak tersebut ke Makkah, sebelum sampai Syam. Karena Buhaira hawatir dirinya akan dijahati oleh orangorang Yahudi. Kemudian beliau dibawa pulang kembali ke Makkah bersama para pembantunya. 

19. Pendeta yang memberi saran pada Abu Thalib tersebut melihat adanya tanda kenabian pada diri            Muhammad yang di dapatnya dari kitab mereka. Alasan pendeta tersebut menyuruh kembali                   karena.... 
     a. Menghawatirkan keselamatan Nabi 
     b. Iseng-iseng saja
     c. Tidak suka Nabi  
    d. Biar tidak dapat untung 
Pembahasan: A
Lihat pembahasan soal nomor 18

20. Diantara paman Nabi yang menolak keras dan sangat memusuhi Nabi Muhammad adalah....... 
    a. Hamzah      b. Abu Thalib      c. Abu Lahab      d. Harits
Pembahasan:
Abu Lahab

Esai
1. Jelaskan Misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah ! 
2. Bagaimana Pola Dakwah Nabi Muhammad di Makkah ? 
3. Sebutkan beberapa faktor yang menyebabkan orang Makkah menolak ajaran Nabi Muhammad Saw ! 
4. Siapakah yang menemani Nabi saat perjalanan Hijrah ke Yasrib? 
5. Sebutkan isi perjanjianAqabah I ! 

Pembahasan:
1. Selama Nabi Muhammad berdakwah di Makkah, ada masalah-masalah  yang menjadi perhatian dan      PRIORITAS yang ingin dicapai oleh Nabi Muhammad, masalahmasalah berikut:
    a. Mengajarkan Ketauhidan
    b. Kondisi Masyarakat Makkah yang Menyembah Berhala 
    c. Memberi Khabar Tentang hari Pembalasan
    d. Merubah Perilaku Masyarakat Jahiliyah 
    e. Mengangkat dan Melindungi Hak Asasi Manusia  

2. Pola Dakwah Nabi di Makkah dilakukan dengan dua pola yaitu:
    a. Dakwah Rahasia (Sirriyah) 
        Setelah mendapatkan perintah dari Allah melalui melaui wahyu, maka Nabi Muhammad mulai mengatur langkah startegi pengembangan dakwah Islam dikalangan masyarakat Quraisy Makkah, langkah awal yang beliau ambil adalah melakukan dakwah secara sirriyah (rahasia atau sembunyi sembunyi) di lingkungan keluarga dan sahabat sahabat beliau yang bisa dipercaya. Langkah sembunyi sembunyi ini di pilih karena mengantisipasi reaksi orang-orang Quraisy yang kaget dan belum bisa menerima ajaran yang berbeda dengan keyakinan mereka, dan  pertimbangan pengikut Nabi yang masih sedikit. Sedangkan ancaman dan siksaan masyarakat kafir Quraisy masih kuat dan status kota Makkah sebagai pusat agama bangsa Arab.
        Nabi Muhammad Saw melakukan dakwah sirri dengan pendekatan personal. Hal ini disebabkan pendekatan personal memiliki keterkaitan batin serta interaksi emosional antara pengajak dan yang diajak. pendekatan personal ini Nabi SAW telah menggabungkan antara ikhtiar dan tawakal. Artinya nabi dalam berdakwah memperhatikan situasi dan kondisi yang ada. Sehingga nabi Muhammad dapat membangun jamaah mukminin berlandaskan ukhuwwah (persaudaraan) dan ta’awun (solidaritas). 

    b. Dakwah secara terang-terangan (Jahr)
Setelah  ukhuwwah (persaudaraan) dan ta’awun (solidaritas) antara umat islam terbangun diperkuat dengan turunnya wahyu Allah untuk berdakwah secara terang-terangan, maka Rasulullah dengan ketetapan hati merubah pola dakwah dari sembunyi-sembunyi menjadi terang-terangan.

3. Beberapa faktor yang menyebabkan mereka menolak keras ajaran Nabi Muhammad adalah:
    a. Ketakutan kehilangan kekuasaan 
    b. Hilangnya status sosial 
    c. Hilangnya perdagangan patung

4. Rasulullah SAW hijrah ke kota Yasrib (Msdinah) ditemani oleh Abu Bakar Shiddiq

5. Isi baiat Aqabah I adalah sebagai berikut: 
    1. Mereka menyatakan setia kepada Nabi Muhammad Saw. 
    2. Mereka menyatakan rela berkurban harta dan jiwa. 
    3. Mereka bersedia ikut menyebarkan ajaran Islam yang dianutnya. 
    4. Mereka menyatakan tidak akan menyekutukan Allah Swt. 
    5. Mereka menyatakan tidak akan membunuh. 
    6. Mereka menyatakan tidak akan melakukan kecurangan dan kedustaan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembahasan Soal SKI Kelas VII KMA 183 2019 Bab I NABI MUHAMMAD SAW. SEBAGAI RAHMAT BAGI SELURUH ALAM SEMESTA "

Posting Komentar