Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Tukin Guru Belum Sertifikasi Dipotong 50%

Sahabat Berbagi Ilmu, Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 11 tahun 2019 telah dikeluarkan. Harapan tentang peraturan baru yang mengatur Tunjangan Kinerja Pegawai Kementerian Agama setelah kenaikan menjadi 70% pun sudah terpenuhi. Hasilnya sangat menggembirakan bagi sebagian pegawai karena besaran Tukin setiap gradenya mengalami kenaikan. Tapi tidak dengan Tukin Guru atau Dosen yang belum sertifikasi. Jika pada Juknis sebelumnya yang menjabarkan PMA nomor 29 tahun 2016 Grade guru/dosen yang belum sertifikasi diturunkan menjadi grade 5 (lima), pada PMA terbaru ini  guru/Dosen yang belum sertifikasi Tukinnya dibayarkan 50% dari grade kelas jabatannya. Itu artinya hanya dibayarkan setengah dari besaran Tukin di gradenya.

Lain halnya dengan guru yang menduduki golongan II maka Tukin dibayarkan sesuai dengan grade 5. Nah lho, besaran grade 5 kan? Kecuali kalau bapak ibu sudah golongan IV.

Praktis peraturan ini berlaku mulai mei 2018. Jadi bagi sahabat guru/dosen PNS yang belum bersertifikasi mulai Mei tahun ini Anda hanya akan mendapatkan Tukin setengah dari grade jabatan/golongan Anda.


Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Tukin Guru Belum Sertifikasi Dipotong 50%"

  1. Mohon maaf mau tanya Min,
    1. Pembayaran tukin 80 persen untuk CPNS Dosen berdasarkan grade berapa?
    2. Jika tukin PNS non sertifikasi dipotong 50%, artinya selama 2 tahun jadi dosen PNS tukin yg diterima cuma 50 %? Krn syarat untuk mendapatkan sertifikat pendidik salah satunya minimal mengabdi 2 tahun. CMIIW...makasih sebelumnya atas jawabnnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Tergantung golongannya, jika CPNS dosen golongan 3b maka gradenya 8, tapi jika golongan 3c maka gradenya 9. Itupun jika sudah sertifikasi. Jika belum berarti mendapat setengahnya dari 80% tadi. Itu hitungan kasarnya. Untuk lebih jelasnya kita tunggu juknisnya.
      2. Iya, selama belum mendapatkan sertifikat dosen pembayarannya hanya 50%

      Delete
    2. Makasih atas penjelasannya Min..🙏

      Delete
  2. Kapan dibayarkan tukin guru asb non sertifikasi kemenag???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu saja, semoga tahun ini bisa terealisasi

      Delete
  3. mau tanya, CPNS guru yang tidak punya sertifikat pendidik masuk grade berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika memperhatikan PMA nomor 11 tahun 2019. Guru CPNS akan mendapatkan Tunjangan kinerja sebesar 80% dari kelas jabatan yang akan didudukinya.
      Artinya CPNS guru akan mendapatkan 80% dari grade 8. Tapi jika belum bersertifikasi berarti hanya akan mendapatkan 80% dari setengah grade 8.
      Misal jika Tukin grade 8 adalah 2. 900.000. maka CPNS guru hanya akan mendapatkan 80% dari 1.450.000 yaitu sekitar Rp 1. 1 36.000.

      Delete
  4. Sama pertanyaan kita tika
    By yurike nova edlin

    ReplyDelete