Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) untuk SMP/MTs

Kebutuhan peserta didik/konseli dapat diidentifikasi berdasarkan asumsi teoretik dan hasil asesmen kebutuhan yang dilakukan. Dalam melaksanakan tugasnya, guru Bimbingan dan Konseling terlebih dahulu menyusun daftar kebutuhan (Need Assesment). Tujuan penyusunan instrumen tersebut  untuk  mengetahui kebutuhan dan permasalahan Konseli. 

Dapatkan Juga: Kumpulan Administrasi BK untuk Tingkat MTs/SMP

Ada beberapa contoh aplikasi instrumen yang dapat digunakan untuk mengetahui kebutuhan Konseli, antara lain  Daftar Cek Masalah (DCM), Inventori Tugas Perkembangan (ITP), Alat Ungkap Masalah (AUM), Analisis Tugas Perkembangan (ATP), Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Konseli (IKMS) dan lain-lain. Selain itu pengalaman Konselor dalam melaksanakan program pelayanan konseling dan masukan dari berbagai fihak terkait juga dapat digunakan sebagai dasar penyusunan daftar kebutuhan peserta didik.

Angket masalah Konseli atau peserta didik dapat dibuat dan disusun sendiri oleh tim guru bimbingan dan konseling sesuai dengan lingkungan dan masalah/kebutuhan peserta didik di sekolah. 
Angket Kebutuhan Peserta Didik diolah dengan Aplikasi Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD). Berikut ini contoh Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) untuk tiap tingkatan kelas:

Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) untuk Kelas VII

Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) untuk Kelas VIII

Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) untuk Kelas IX

Demikian yang Bebagi Ilmu dapat berikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar atau ikuti blog ini untuk mendapatkan informasi lain dengan cara subscribe blog ini. atau silakan bagikan atau share artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaat dari postingan ini. Terimakasih

Dapatkan Juga: Kumpulan Administrasi BK untuk Tingkat MTs/SMP

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) untuk SMP/MTs"

Post a Comment