Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Buku Kerja Pengawas Sekolah/Madrasah

Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas sangat terkait erat dengan keberhasilan peningkatan kompetensi dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan (PTK)  tanpa menafikan faktor-faktor lainnya seperti sarana dan  prasarana  dan  pembiayaan.  Pengawas  sekolah  merupakan  salah  satu pendidik   dan   tenaga   kependidikan  yang   posisinya memegang peran yang signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah.
Kegiatan pengawasan adalah kegiatan pengawas sekolah dalam menyusun program pengawasan, melaksanakan program pengawasan, evaluasi hasil pelaksanaan program, dan melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru. Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang guru pada pasal 15 ayat 4 dijelaskan bahwa pengawas sekolah harus melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial. Dengan demikian pengawas sekolah dituntut mempunyai kuailifikasi dan kompetensi yang memadai untuk dapat menjalankan tugas kepengawasannya.
Pengawas profesional adalah pengawas sekolah yang melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial serta kegiatan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dengan optimal. Selain itu untuk meningkatkan profesionalisme pengawas sekolah maka perlu dilaksanakan pengembangan profesi secara berkelanjutan dengan tujuan untuk menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks dan untuk lebih mengarahkan sekolah ke arah pencapaian tujuan pendidikan nasional yang efektif, efisien dan produktif.

Baca:  Segera, dibuka pendaftaran sertifikasi guru madrasah 2017

Begitu pentingnya peran pengawas sekolah dalam memajukan mutu pendidikan nasional hingga tak terasa tuntutan dan tanggungjawab yang harus dipikul pengawas sekolah juga menjadi besar pula.
Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan telah menyusun buku kerja pengawas sekolah sebagai penyempurnaan buku kerja sesudahnya. buku ini diharapkan dapat dipakai sebagai salah satu pegangan atau acuan bagi pengawas sekolah agar dapat meningkatkan kinerjanya, melaksanakan tugasnya sebagai supervisor akademik dan manajerial di sekolah yang  dibinanya,  agar  melaksanakan  tugas  kepengawasannya  dapat  berjalan secara  efektif  dan  efisien,  dan  agar  dapat  melakukan  pembimbingan  dan pelatihan   peningkatan   profesionalisme   guru.   Dengan   demikian,   pengawas sekolah dalam tugas pengawasan dapat memiliki kecermatan melihat kondisi sekolah, ketajaman analisis dan sintesis, ketepatan dan kreatifitas dalam memberikan treatment yang diperlukan, dan kemampuan berkomunikasi yang baik dengan setiap individu di sekolah.
Secara garis besar buku kerja pengawas ini memuat:
Pengawas Sekolah Profesional
A.  Pengawas dan Pengawasan
B.  Peran Pengawas Sekolah
C.  Pengawas sebagai Tenaga Profesional
Jenjang Jabatan, Bidang Kepengawasan dan Tugas Pokok Pengawas Sekolah
A.  Jenjang Jabatan Pengawas Sekolah
B.  Bidang Pengawasan
C.  Tugas Pokok Pengawas Sekolah
D. Beban Kerja Pengawas Sekolah dan Sasaran Pengawasan
E.  Organisasi Kepengawasan
Ruang Lingkup Kepengawasan
A.  Kepengawasan Akademik
B.  Kepengawasan Manajerial
Tahapan Kegiatan Kepengawasan
A.  Penyusunan Program Pengawasan
B.  Pelaksanaan
C.  Pelaporan
Bagi Anda yang membutuhkan buku kerja pengawas ini, Anda bisa memilikinya dengan mengklik tautan berikut ini.



Anda membutuhkan Instrumen pengawas? Klik tautan berikut di sini
Anda Membutuhkan Buku Kerja Kepala Sekolah/Madrasah? Klik tautan berikut di sini 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buku Kerja Pengawas Sekolah/Madrasah"

Post a Comment