Berbagi Ilmu

Contoh Soal Literasi Sains AKM/AKMI dan Pembahasan (Migrasi Burung) Bagian II

Soal berikut ini adalah kelanjutan dari soal sebelumnya yaitu: Soal Literasi Sains AKM/AKMI dan Pembahasan (Migrasi Burung). Jika pada soal sebelumnya tipe soal yang disajikan adalah Pilihan Ganda, maka pada soal berikut jenis soalnya adalah uraian. Silakan diamati dan dipelajari contoh soal Literasi Sains Berikut ini:

MIGRASI BURUNG

Migrasi burung adalah pergerakan burung musiman berskala besar dari dan menuju tempat berkembang biaknya. Setiap tahun relawan menghitung burung yang bermigrasi di lokasi tertentu. Ilmuwan menangkap beberapa burung dan menandai kaki mereka dengan kombinasi cincin dan bendera berwarna. Para ilmuwan menggunakan penampakan burung yang diberi tanda bersama dengan jumlah sukarelawan untuk menentukan rute migrasi burung.



Lihat artikel "Migrasi Burung" di atas.  Ketikkan jawaban Anda untuk pertanyaan berikut!

Identifikasi faktor apa saja yang mungkin membuat penghitungan relawan terhadap burung yang bermigrasi tidak akurat, dan jelaskan bagaimana faktor tersebut akan memengaruhi penghitungan!

Pembahasan:

Kompetensi                                    : Mengevaluasi dan merancang inkuiri ilmiah

Sistem Pengetahuan Prosedural     : Sistem Kehidupan

Konteks Global                              :  - Kualitas Lingkungan

Kesulitan                                        : - Level 4


Untuk menjawab pertanyaan ini dengan benar, siswa harus menggunakan pengetahuan prosedural untuk mengidentifikasi faktor yang mungkin menyebabkan penghitungan yang tidak akurat dari burung yang bermigrasi dan menjelaskan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi data yang dikumpulkan. Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan potensi keterbatasan dalam kumpulan data merupakan aspek penting dari literasi ilmiah dan menempatkan pertanyaan ini di bagian atas Level 4.

Siswa mengidentifikasi setidaknya satu faktor spesifik yang dapat mempengaruhi keakuratan hitungan oleh pengamat diantaranya:

• Para pengamat mungkin tidak menghitung beberapa burung karena mereka terbang tinggi

• Jika burung yang sama dihitung lebih dari sekali, itu bisa membuat jumlahnya terlalu tinggi

• Untuk burung dalam kelompok besar, relawan hanya dapat memperkirakan berapa jumlah burung yang ada



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal Literasi Sains AKM/AKMI dan Pembahasan (Migrasi Burung) Bagian II"

Posting Komentar