Berbagi Ilmu

Contoh Soal Literasi Sains AKM/AKMI dan Pembahasan (Migrasi Burung)

 


MIGRASI BURUNG

Migrasi burung adalah pergerakan burung musiman berskala besar dari dan menuju tempat berkembang biaknya. Setiap tahun relawan menghitung burung yang bermigrasi di lokasi tertentu. Ilmuwan menangkap beberapa burung dan menandai kaki mereka dengan kombinasi cincin dan bendera berwarna. Para ilmuwan menggunakan penampakan burung yang diberi tanda bersama dengan jumlah sukarelawan untuk menentukan rute migrasi burung.

Soal 1
Bacalah dan pahami bacaan "Migrasi Burung" di atas!
Kebanyakan burung yang bermigrasi berkumpul di satu area dan kemudian bermigrasi dalam kelompok besar daripada secara individu. Perilaku ini adalah hasil evolusi. Manakah dari berikut ini yang merupakan penjelasan ilmiah terbaik untuk evolusi perilaku ini pada sebagian besar burung yang bermigrasi?
A. Burung yang bermigrasi secara individu atau dalam kelompok kecil cenderung tidak dapat bertahan hidup dan memiliki keturunan.
B. Burung yang bermigrasi secara individu atau dalam kelompok kecil lebih cenderung menemukan makanan yang memadai.
C. Terbang dalam kelompok besar memungkinkan spesies burung lain bergabung dalam migrasi.
D. Terbang dalam kelompok besar memungkinkan setiap burung memiliki kesempatan lebih baik untuk menemukan lokasi bersarang.
Kunci Jawaban dan Pembahasan: A
Kompetensi                                 : Menjelaskan Fenomena Secara Ilmiah
Konten Sistem Pengetahuan       : Makhluk Hidup
Konteks Global                           : Kualitas Lingkungan
Kesulitan                                     : Level 3
Jawaban:  "Burung yang bermigrasi secara individu atau dalam kelompok kecil kemungkinannya kecil untuk bertahan hidup dan memiliki keturunan."
Pada pertanyaan 1, siswa diminta memilih penjelasan untuk fenomena tertentu bahwa burung bermigrasi dalam kelompok besar.  mengharuskan siswa mengidentifikasi kesimpulan yang tepat tentang manfaat evolusioner dari perilaku ini.
Keuntungan dari migrasi burung bersama-sama adalah untuk bertahan hidup dan memiliki keturunan. Burung yang terbang sendirian atau terbang dalam kelompok kecil akan sulit bertahan hidup dan menghasilkan keturunan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal Literasi Sains AKM/AKMI dan Pembahasan (Migrasi Burung)"

Posting Komentar