Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Mekanisme Pengecatan Secara Elektrostatik


Saat ini teknologi pengecatan atau pelapisan sudah sangat maju. Kalau dulu pengecatan dilakukan dengan menggunakan kuas, lalu berkembang dengan teknologi penyemprotan yang dikenal dengan air brush. Namun, kedua cara tersebut masih memiliki sejumlah kekurangan seperti proses pengecepatan yang lambat dan hasil yang diperoleh tidak terlalu rata. Terknologi pelapisan atau pengeceran yang dikembangkan saat ini dan diterapkan di industri-industri besar adalah teknologi elektrostatik.

Gambar di atas adalah contoh proses pengecatan mobil yang dilakukan dengan elektrostatik. Proses pengecatan dapat dilakukan oleh robot dan proses penyelesaian sangat cepat, hasil pengecepatan sangat rata dan sangat terkontrol. Jumlah cat yang digunakan tidak berlebihan (sangat akurat) sehingga ekonomis dan limbah yang diproduksi pun menjadi sangat sedikit. bagaimana prinsip pengecatan atau pelapisan seperti ini? Yuk ikuti pembahasannya dalam fisika menjawab.

Proses pengecatan atau pelapisan secara elektrostatik.
Pada ujung alat penyemprot diproduksi ion-ion dengan memberikan tegangan listrik yang sangat tinggi. Material pelapis atau cat didorong dengan udara dan saat melewati ujung nozzle menangkap sebagian muatan sehingga menjadi partikel bermuatan. Bahan yang akan dilapis atau dicat yang umumnya konduktor diberi muatan yang berlawanan tanda. Pada konduktor muatan listrik tersebar di permukaan secara merata. Partikel pelapis yang telah bermuatan ditarik oleh muatan di permukaan bahan yang akan dicat sehingga jatuh ke permukaan benda tersebut secara merata.

Prinsip yang digunakan adalah gaya tarik antara muatan positif dan negatif. Gambar di atas adalah ilustrasi proses pengecatan atau pelapisan tersebut. Material cat atau partikel pelapis disemprot dari nozzle menggunakan dorongan udara. Namun, di ujung penyemprot dihasilkan banyak muatan listrik dengan memberikan tegangan listrik yang sangat tinggi. Partikel yang keluar dari nozzle mengikat sebagian muatan tersebut sehingga keluar dari nozzle sebagai partikel bermuatan. Benda yang dicat atau dilapisi umumnya berbentuk logam atau bahan konduktor lain diberi muatan listrik yang berlawanan. Karena bahan tersebut adalah logam maka muatan akan tersebar di permukaan logam. Muatan yang ada di permukaan bahan akan menarik partikel yang keluar dari nozzle yang memiliki muatan berlawanan tanda sehingga bergerak kea rah benda yang akan dicat. Karena muatan yang ada di permukaan bahan tersebar merata di seluruh permukaan maka partikel pelapis akan menunju bahan secara merata pula. Dengan demikian, hasil pelapisan atau pengecatan menjadi rata.

Contoh teknologi lain yang menggunakan prinsip yang sama dengan pengecatan elektrostatik adalah printer ink jet

Demikianlah fisika menjawab mekanisme pengecatan secara elektrostatik, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mekanisme Pengecatan Secara Elektrostatik"

Post a Comment