Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Kumpulan Instrumen Pengawas Sekolah

Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas sangat terkait erat dengan keberhasilan peningkatan kompetensi dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan (PTK)  tanpa menafikan faktor-faktor lainnya seperti sarana dan  prasarana  dan  pembiayaan. Pengawas  sekolah merupakan  salah  satu pendidik   dan   tenaga   kependidikan  yang   posisinya   memegang   peran yang signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah.


Kegiatan pengawasan adalah kegiatan pengawas sekolah dalam menyusun program pengawasan, melaksanakan program pengawasan, evaluasi hasil pelaksanaan program, dan melaksanakan pembimbingan    dan pelatihan profesional guru. Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang guru pada pasal 15 ayat 4 dijelaskan bahwa pengawas sekolah harus melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial. Dengan demikian pengawas sekolah dituntut mempunyai kuailifikasi dan kompetensi yang memadai untuk dapat menjalankan tugas kepengawasannya.


Pengawas profesional adalah pengawas sekolah yang melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial serta kegiatan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dengan optimal. Selain itu untuk meningkatkan profesionalisme pengawas sekolah maka perlu dilaksanakan pengembangan profesi secara berkelanjutan dengan tujuan untuk menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks dan untuk lebih mengarahkan sekolah ke arah pencapaian tujuan pendidikan nasional yang efektif, efisien dan produktif.



Begitu pentingnya peran pengawas sekolah dalam memajukan mutu pendidikan nasional hingga tak terasa tuntutan dan tanggung jawab yang harus dipikul pengawas sekolah juga menjadi besar pula. Pengawas sekolah dalam tugas pengawasan harus memiliki kecermatan melihat kondisi sekolah, ketajaman analisis dan sintesis, ketepatan dan kreatifitas dalam memberikan treatment yang diperlukan, dan kemampuan berkomunikasi yang baik dengan setiap individu di sekolah. 
Untuk mencapai itu, pengawas harus memiliki instrumen yang dapat dijadikan bahan penilaian setiap guru di sekolah. Berikut ini saya bagikan beberapa instrumen pengawas untuk menunjang penilaian pengawas.

  1. Master IPPKS
  2. Juknis Pengawas
  3. Instrumen Evaluasi Dokumen KTSP
  4. Instrumen Penilaian Kinerja Guru
  5. Hasil supervisi Akademik
  6. Instrumen Supervisi Klinis
  7. Instrumen Supervisi Penilaian
  8. Data pelaksanaan Tugas Pengawas
  9. Instrumen Kinerja Kepala Sekolah
  10. Hasil Supervisi Kelas
  11. Instrumen Supervisi 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP)
  12. Instrumen Penilaian RPP Silabus Guru
  13. Instrumen Supervisi Administrasi Guru
  14. Instrumen Supervisi Akademik berbasis Karakter
  15. Instrumen Pelaksanaan KTSP Dokumen 1
  16. Model Program Pemantauan dan penilaian 
  17. Rencana Pengawasan Akademik Guru



Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Kumpulan Instrumen Pengawas Sekolah"

  1. Sangat membantu saya tugas kepengawasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Jangan lupa diSubscribe ya blognya biar blog ini bisa terus memberikan manfaat

      Delete
  2. terima kasih infonya sangat membantu, teruskan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, jangan lupa disubscribe ya blognya agar blog ini bisa terus memberikan manfaat

      Delete