Contoh Soal AKMI (Katak dan Capung) - Berbagi Ilmu

Berbagi Ilmu

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...
Wooow...

Contoh Soal AKMI (Katak dan Capung)

KATAK DAN CAPUNG

Capung memiliki peranan penting bagi keseimbangan ekosistem yaitu sebagai predator sekaligus mangsa. Capung merupakan predator bagi beberapa hama tanaman dan mangsa bagi burung atau katak. Populasi capung dipengaruhi oleh faktor biotik dan abiotik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada musim penghujan akan ditemukan kepadatan dan keanekaragaman jenis capung yang melimpah dibanding musim kemarau. Pada saat yang bersamaan, yaitu musim penghujan katak melakukan berbagai aktivitas termasuk aktivitas reproduksi. Semua Amphibia termasuk katak menghindari suhu ekstrim karena tidak mempunyai sistem untuk mengatur suhu sehingga mudah kehilangan air. Oleh karena itu saat musim penghujan merupakan musim dimana katak aktif beraktivitas.

Soal 1

Dalam jaring makanan ekosistem air tawar berikut ini, manakah yang merupakan produsen? Pilihlah satu atau lebih organisme dalam jaring makanan!



Soal 2
Dalam jaring makanan ekosistem air tawar berikut ini,organisme manakah yang menjadi makanan langsung bagi katak? Pilihlah satu atau lebih organisme dalam jaring makanan

Soal 3

Capung dapat digunakan sebagai petunjuk kualitas air. Saat bertelur capung akan mencari perairan yang bersih. Telur capung akan berkembang menjadi nimfa. Nimfa capung tidak dapat hidup di air yang sudah tercemar atau perairan yang tidak bersih. Jika terdapat bahan pencemar masuk ke dalam perairan,  nimfa capung tidak dapat bertahan hidup.

 

Perhatikan teks di atas!

Masuknya bahan pencemar ke dalam air sebagai akibat meningkatnya kegiatan pertanian saat musim hujan dapat mengganggu kehidupan dan menyebabkan kematian nimfa capung. Peristiwa ini menyebabkan jumlah katak kemungkinan akan?

A. Meningkat
B. Menurun
C. Tetap

Sedangkan jumlah capung yang bertahan hidup hingga dapat bereproduksi kemungkinan akan?

A. Meningkat
B. Menurun
C. Tetap

Soal 4

Jelaskan jawabanmu tentang hubungan antara capung dan katak berdasarkan informasi yang telah disediakan!




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal AKMI (Katak dan Capung)"

Posting Komentar