Contoh Soal Literasi Sains - Berbagi Ilmu

Berbagi Ilmu

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...

Saat Razia HP Siswi di Kelas Tanpa Sengaja Menemukan...
Wooow...

Contoh Soal Literasi Sains


Baca Juga:

Literasi sains dapat diartikan sebagai pengetahuan dan kecakapan ilmiah untuk mampu mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasar fakta, memahami karakteristik sains, kesadaran bagaimana sains dan teknologi membentuk lingkungan alam, intelektual, dan budaya, serta kemauan untuk terlibat dan peduli terhadap isu-isu yang terkait sains (OECD, 2016).
Setidaknya ada tiga domain literasi sains, yaitu: domain konteks, kompetensi sains dan pengetahuan sains. 
Contoh Fenomena Ilmiah Sebagai bahan literasi sains:

Berikut kami sajikan contoh soal literasi sains. Semoga bermanfaat

Baca Juga:

PABRIK PENISILIN

Sir Alexander Fleming adalah orang yang dikenal sebagai penemu penisilin (antibiotik untuk melawan bakteri). Alexander Fleming sangat pandai, tetapi ceroboh dan laboratoriumnya sering terlihat berantakan. Tahun 1928, setelah pulang dari liburan panjang, Fleming teringat akan bakteri-bakteri di piringan laboratorium lupa disimpan baik-baik, dan telah terkontaminasi dengan sejenis jamur. Beberapa piring laboratorium yang berisikan bakteri dibuang, tetapi kemudian Fleming memperhatikan bahwa perkembangan bakteri pada daerah yang terkontaminasi oleh jamur tersebut menjadi terhambat. Fleming kemudian mengambil sampel dari jamur tersebut dan menelitinya, dia menemukan bahwa jamur tersebut berasal dari genus Penicillium. Inilah sebabnya mengapa obat tersebut bernama penicillin atau penisilin (Indonesia).
Pembuatan penisilin dilakukan di dalam suatu alat yang bernama Fermentor (Bioreaktor). Fermentor adalah tangki atau wadah yang di dalamnya seluruh sel (mikroba) mengubah bahan dasar menjadi produk biokimia dengan atau tanpa produk sampingan. Rancangan dan kontruksi fermentor perlu diperhatikan agar dapat dioperasikan dalam jangka waktu lama, kondisi yang memadai untuk kelangsungan proses metabolik mikroba, sistem kontrol suhu, pH dan penambahan nutrien, bejana harus dapat dicuci dan disterilisasi
Pertanyaan 1 PABRIK PENISILIN
Salah satu bagian fermentor adalah Milipore. Apakah pernyataan berikut menunjukkan  fungsi dari milipore?  Lingkari “Ya” atau Tidak “ untuk setiap pernyataan yang dianggap sesuai.

Fungsi Milipore
Ya atau Tidak?
Mencegah kontaminasi produk dari luar
Ya / Tidak
Menentukan jumlah mikroba dalam fermentor
Ya / Tidak
Mensterilkan produk yang dihasilkan
Ya / Tidak
Mensterilkan udara yang masuk
Ya / Tidak


Pertanyaan 2 PABRIK PENISILIN
Fermentor berfungsi untuk fermentasi. Pada fermentor terdapat bagian yang bernama selubung air dingin. Apa hubungan selubung air dingin dengan proses fermentasi?

KERETA TERCEPAT DI DUNIA
MagLev adalah singkatan dari MAGnetically LEVitated trains yang terjemahan bebasnya adalah kereta api yang mengambang secara magnetis. Sering juga disebut kereta api magnet. Gambar di atas menunjukkan cara kerja elektromagnet pada kereta maglev. Elektromagnetik terdapat pada lengan kereta yang mengitari jalur penuntun (guideway) dan pada bagian bawah jalur penuntun. Ketika arus lstrik dikirim ke elektromagnet (kumparan medan), elektromagnet akan berubah menjadi magnet. Gaya tarik magnetik terarah ke atas dari magnet induksi mengimbangi berat dari kereta sehingga kereta bergerak tanpa  menyentuh rel atau jalur penuntun.
Kereta Maglev mengambang kurang lebih 10 mm di atas rel magnetiknya. Dorongan ke depan dilakukan melalui interaksi antara rel dengan mesin induksi yang juga menghasilkan medan magnetik di dalam kereta. Pada saat kereta api dilevitasi, daya listrik diberikan ke kumparan di dalam dinding jalur pemandu / jalur penuntun (guideway) untuk membentuk suatu sistem unik medan magnet yang menarik dan mendorong kereta sepanjang jalur pemandu.
Arus listrik yang diberikan ke kumparan pada dinding jalur pemandu secara berganti-ganti mengubah polaritas kumparan magnet. Perubahan polaritas ini menyebabkan medan magnetik di depan kereta menarik kereta ke depan, sementara medan magnet di belakang kereta menambahkan gaya dorong ke depan. Kereta maglev mengambang di atas suatu lapisan udara sehingga menghilangkan gesekan. Tidak adanya gesekan serta rancangan aerodinamis kereta membuat kereta ini dapat mencapai kecepatan lebih dari 500 kilometer per jam.

Pertanyaan 1 : Kereta Tercepat di dunia                                         
Bagaimana sifat elektromagnetik menggerakkan kereta maglev? lingkari “Ya” atau “Tidak” untuk penjelasan berikut ini.
Bagaimana sifat elektromagnetik menggerakkan kereta maglev?
Ya atau Tidak?
Rel kereta dengan gerbong mempunyai kutub magnet yang berlainan
Ya / Tidak
Elektromagnet bergantung pada kuat arus listrik yang mengalir
Ya / Tidak
Semua rel kereta mempunyai kutub magnet yang berbeda
Ya / Tidak
Antara satu gerbong dengan gerbong berikutnya terdapat kutub magnet yang berbeda
Ya / Tidak

Pertanyaan 2 : Kereta tercepat di dunia
                                     
Seperti namanya, prinsip dari kereta api ini adalah memanfaatkan gaya angkat magnetik pada relnya sehingga terangkat sedikit ke atas, kemudian gaya dorong dihasilkan oleh motor induksi. Kereta ini mampu melaju dengan kecepatan sampai 650 km/jam (404 mpj) jauh lebih cepat dari kereta biasa.
Mengapa pada saat melaju, kereta maglev tidak menimbulkan suara berisik.  Berikan dua alasannya!
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
KEBAKARAN
Dalam pembakaran sempurna, unsur karbon akan bereaksi dengan unsur oksigen menghasilkan karbon dioksida

Pertanyaan 1 : KEBAKARAN
Manakah di antara gas berikut ini yang diperlukan dalam proses pembakaran?
A.    NaHCO3
B.     CO2
C.     CO
D.    O2
Pertanyaan 2 : KEBAKARAN
Pada musim kemarau kita sering mendengar dan melihat berita kebakaran di TV. Petugas pemadam kebakaran selalu menyemprotkan air untuk memadamkan api tersebut, mengapa air dapat memadamkan api?
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

Instalasi listrik di rumah sebaiknya diperiksa secara berkala. Apabila ada kabel rapuh, sambungan atau stop kontak aus atau tidak rapat, segera gantilah dengan yang baru. Pemakaian kabel yang tidak sesuai dengan peruntukannya menyebabkan terbakarnya lapisan pembungkus kabel, pemasangan instalasi listrik yang kurang tepat dapat menimbulkan korsluiting listrik yang akan memicu terjadinya kebakaran, juga penumpukan steker pada salah satu stop kontak sering menimbulkan percikan api. Jika hal ini diabaikan, besar kemungkinan dapat terjadi kebakaran.


Pertanyaan 3 : MEMADAMKAN API

Jika terjadi kebakaran seperti pada gambar di atas, untuk memadamkan api tersebut menggunakan tabung gas pemadam kebakaran lebih efektif daripada menggunakan air, mengapa?
A.    Air dapat berperan sebagai isolator listrik.
B.     Air dapat berperan sebagai konduktor listrik.
C.     Gas CO2 dalam tabung pemadam jika disemprotkan berbentuk busa.
D.    Gas CO2 dalam tabung pemadam dapat mengisolasi O2 di udara dengan api.

PERTANYAAN 4:KEBAKARAN
Untuk memadamkan api pada penggorengan yang terbakar, selain dengan tutup panci, kita dapat juga menyemprotkan gas dari tabung pemadam kebakaran, mengapa demikian?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Anda PASTI bisa mengganti background foto anda sendiri dengan mudah dan cepat tanpa ribet.
Klik pada gambar! Jika saat diklik muncul tampilan lain, kembali lagi dan klik sekali lagi


PENGOLAHAN AIR
            Penyediaan air bersih bagi seluruh lapisan masyarakat masih merupakan satu masalah besar di Indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan upaya untuk mendapatkan air bersih dari air keruh maupun air tawar dari air payau atau air laut. Kepulauan Indonesia berada di sekitar garis katulistiwa memiliki iklim tropis. Melimpahnya sinar matahari yang menyinari kepulauan Indonesia hampir sepanjang tahun dapat digunakan sebagai sumber energi. Energi matahari yang tersedia merupakan sumber energi yang murah dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. Salah satu bentuk pemanfaatan sumber daya matahari adalah upaya memanfatkan energi matahari untuk memproduksi air tawar dengan memanfaatkan energi panas dari matahari untuk penyulingan air laut. Rancangan alat penyulingan yang dimaksud dapat diperlihatkan seperti gambar berikut.

Pertanyaan 1  Pengolahan air
Perhatikan skema rancangan penyulingan air laut!, Tentukan pada penampungan yang mana kadar garam tertinggi! Jelaskan jawabanmu!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Pertanyaan 2  Pengolahan air
Pada rancangan alat penyulingan air laut salah satu komponen yang sangat penting adalah kaca pengembunan. Kaca pengembunan dipasang dengan kemiringan tertentu. Salah satu alasan kaca pengembunan dipasang miring pada rancangan alat penyulingan air laut menjadi air bersih adalah ….
A.    kaca yang dipasang miring akan menimbulkan efek rumah kaca sehingga suhunya maksimal dan dapat mempengaruhi air laut menguap
B.     memungkinkan memperoleh air bersih yang lebih banyak karena kalau datar pengembunan air laut  pada kaca jumlahnya lebih sedikit
C.     dengan kemiringan tertentu uap air yang mengembun lebih banyak mengalir menuju ke tempat penampungan yang telah disediakan
D.    kemungkinan kaca pecah lebih kecil apabila dipasang miring dibandingkan kaca dipasang mendatar
Pertanyaan 3  Pengolahan air
Proses penyulingan air laut menjadi air bersih layak minum tampak sederhana dan murah. Mengapa instalasi pengolahan air bersih seperti yang ditunjukkan pada diagram memerlukan biaya murah?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Pertanyaan 4  Pengolahan Air
Apakah volume air yang dihasilkan dapat diprediksi stabil? Berikan penjelasan!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

FASE BULAN
Bulan adalah satu-satunya satelit alami bumi dan merupakan satelit alami terbesar ke-5 di Tata Surya. Bulan berada dalam orbit sinkron dengan bumi yang menyebabkan kala rotasi sama dengan kala revolusinya. Fase bulan adalah bentuk bulan yang selalu berubah-ubah jika dilihat dari bumi tergantung pada kedudukan bulan terhadap matahari. Berikut ini adalah deskripsi dari masing-masing fase bulan:       


  • Fase 1 – Bulan Baru: Sisi bulan yang menghadap bumi tidak menerima cahaya dari matahari.
  • Fase 2 – Sabit Muda: Kurang dari setengah bulan yang menyala secara bertahap akan lebih besar.
  • Fase 3 – Kuartal Awal: Bulan terlihat setengah.
  • Fase 4 – Bulan tiga perempat (Waxing Gibbous): Awal fase ini ditandai saat bulan adalah setengah ukuran lebih besar dari kuartal awal.
  • Fase 5 – Bulan Purnama: Sisi bulan yang menghadap bumi cahaya dari matahari benar-benar, maka seluruh bulan terlihat.
  • Fase 6 – Bulan tiga perempat (Waning Gibbous): Bagian dari bulan yang terlihat dari Bumi secara bertahap menjadi lebih kecil.
  • Fase 7 – Kuartal Akhir: Bulan mencapai tahap ini ketika setengah dari itu terlihat.
  • Fase 8 – Sabit Tua: Hanya sebagian kecil dari bulan terlihat dalam fase yang secara bertahap menjadi lebih kecil.


Fase-fase Bulan

Sumber : travelastro.blogspot.com



Pertanyaan 27.1 Fase Bulan

Pada table berikut, tuliskan nomor posisi bulan yang sesuai dengan fase bulan (lihat gambar)! Bagian 3 dan 8 sudah dikerjakan.


PENGAWETAN IKAN
Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki sifat cepat rusak atau membusuk, terutama pada kondisi tropis ikan lebih cepat mengalami kemunduran mutu. Hal ini merupakan suatu fakta yang dapat ditangani dengan cara menurunkan suhu tubuh ikan agar kesegarannya tetap maksimal. Penurunan suhu tubuh ikan dapat dilakukan dengan media pendingin yang berfungsi untuk menarik atau memindahkan panas dari dalam tubuh ikan ke bahan lain sehingga suhu tubuh ikan rendah.


Pengawetan ikan dengan es batu

Bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai media pendingin untuk penanganan ikan di antaranya es batu atau es balok, es kering, air dingin, es ditambah garam, air laut yang didinginkan dengan es, air laut yang didinginkan secara mekanis, dan udara dingin.
Pertanyaan 1 PENGAWETAN IKAN
Nelayan tradisional pada umumnya menggunakan es untuk mengawetkan ikan agar tidak cepat rusak/membusuk. Mengapa makhluk hidup (ikan) yang berada di dalam es tidak mengalami pembusukan?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Pertanyaan 2 PENGAWETAN IKAN      
Pada umumnya makhluk hidup yang mati akan mengalami pembusukan oleh bakteri. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses pembusukan oleh bakteri.
Berikut ini yang bukan merupakan faktor yang mempercepat terjadinya pembusukan oleh bakteri pembusuk adalah ….
A.   suhu lingkungan
B.   cuaca/iklim
C.   derajat keasaman
D.   nutrisi/sumber energi
Pertanyaan 3 PENGAWETAN IKAN           
Walaupun ikan yang ditangkap nelayan sudah diawetkan dalam es, seringkali masih ditemukan bakteri pembusuk di dalam ikan tersebut. Keberadaan bakteri tersebut menimbulkan spekulasi bagaimana bisa bakteri tersebut masih ada pada ikan.
Apakah pertanyaan-pertanyaan berikut ini tepat diajukan untuk mencari alasan penemuan bakteri di dalam ikan yang sudah dibersihkan ketika akan dimasak padahal sudah diawetkan dengan es? Lingkari “Ya” atau “Tidak”!
Pertanyaan yang tepat diajukan untuk bisa menjawab penemuan bakteri di dalam ikan yang sudah dibersihkan ketika akan dimasak padahal sudah diawetkan dengan es.
Ya atau Tidak?
Apakah saat akan mengolah ikan, ikan sudah ditempatkan dalam wadah yang higienis?
Ya/Tidak
Apakah ikan yang diawetkan sudah ditambahkan air sebelum dimasukkan ke dalam es?
Ya/Tidak
Apakah ada kemungkinan bakteri pembusuk bisa bertahan hidup pada suhu di bawah 0oC?
Ya/Tidak
Apakah pada saat pengolahan ikan, air yang digunakan mencuci ikan adalah air yang steril?
Ya/Tidak

UKURAN BENDA

Partikel materi dapat berupa atom, molekul, atau juga elektron. Dalam  kehidupan  sehari-hari,  tanpa  kita  sadari  kita  sering menggunakan molekul unsur dan molekul senyawa tertentu. Molekul adalah partikel netral yang terdiri atas dua atau lebih atom, baik atom sejenis maupun atom yang berbeda.
Anggapan bahwa atom merupakan bola kecil yang kompak dan tidak dapat dipecahkan lagi menjadi partikel yang lebih sederhana ternyata tidak benar. Penemuan keradioaktifan oleh Antonie Henri Becquerel ratusan tahun yang lalu telah membuktikan bahwa atom tersusun atas partikel-partikel yang lebih kecil lagi, yaitu elektron (ditemukan oleh Joseph John Thomson), proton (ditemukan oleh Ernest Rutherford), dan neutron (ditemukan oleh James Chadwick).
Satu atom, menurut ilmu kimia, terstruktur atas inti atom yang terdiri atas proton (bermuatan positif) dan neutron (netral), serta elektron yang bermuatan negatif dan beredar mengelilingi inti dalam lintasan-lintasan tertentu  yang  disebut  kulit  dan  orbital  atom.

Pertanyaan 1 UKURAN BENDA
Dari penjelasan di atas tentang molekul, electron, dan atom. Urutkan dari ukuran terkecil ke ukuran terbesar!

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Contoh Soal Literasi Sains"