Berbagi Ilmu

Tebarkan Ilmu Walau Satu Kata
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Mengapa Kabel Listrik Berbentuk Serabut

Kalau kita buka bagian dalam dari sebuah kabel, maka kita akan mendapati konduktor yang terdapat di dalam kabel berbentuk serabut
Mengapa Kabel Listrik Berserabut? Yuk kita tanya Fisika!
Fisika Menjawab:
Besarnya daya berbanding terbalik dengan kuadrat arus dan hambatan yang dilalui arus. Tampak dari persamaan berikut.
P = I2 R
Berdasarkan persamaan di atas, untuk memperkecil disipasi daya pada kabel maka hambatan listrik kabel harus diperkecil. Salah satu cara untuk mengurangi hambatan kabel adalah menggunakan material dengan hambatan jenis kecil seperti tembaga atau aluminium.
Tetapi hambatan jenis material di alam sudah tertentu dan tidak dapat diubah kecuali melakukan rekayasa material. Rekayasa tersebut dapat berupa membuat material campuran atau material baru yang memiliki hambatan lebih kecil dari material yang ada di alam.

Pendekatan yang lebih mudah adalah menggunakan kabel dengan luas penampang lebih besar. Makin besar luar penampang maka hambatan makin kecil. Namun cara ini akan mengalami kendala di lapangan. Kalau luas penampang besar maka kebel menjadi lebih kaku, bahkan sulit dibengkokkan. Kesulitan tersebut menyebabkan kabel sulit disambung atau dililit, padahal dalam sejumlah penerapan kabel, proses persambungan dan lilitan adalah kegiatan yang selalu muncul? Lalu bagaimana solusinya? Caranya adalah membuat kabel bentuk serabut, seperti diiliustrasikan pada Gambar. Kabel secara keseluruhan terdiri dari serabut dengan luas penampang kecil. Karena jumlah serabut banyak maka luas penampang total seluruh serabut menjadi besar sehingga hambatan kabel menjadi kecil. Namun, karena kabel merupakan kumpulan serabut maka kabel masih mudah untuk digulung atau dililit.

Demikianlah fisika menjawab mengapa kabel listrik berbentuk serabut, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Kabel Listrik Berbentuk Serabut"

Post a Comment